RPP KURTILAS KELAS 4 SD, TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : KeberagamanBudayaBangsaku
(Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.5 Mempraktikkan pola gerak dasar berirama
bertema budaya daerah yang sudah dikenal yang dilandasi konsep gerak mengikuti
irama (ketukan) tanpa/dengan musik.
Matematika
3.3 Memahami
aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.1 Menyajikan hasil pengukuran panjang atau
berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
C.
INDIKATOR
PJOK
-
Menerapkan pola gerak dasar berirama
-
Merancang pola gerak dasar berirama
hasil karya sendiri secara berkelompok
Matematika
-
Menyelesaikan soal-soal pembulatan Harga
D.
TUJUAN
-
Setelah mengenal konsep, siswa mampu
menyelesaikan soal-soal pembulatan harga dengan benar.
-
Setelah mengamati demonstrasi yang
dilakukan guru, siswa mampu menerapkan pola gerak dasar berirama dengan teknik
yang benar.
-
Secara berkelompok, siswa mampu
merancang pola gerak dasar berirama dengan teknik yang benar.
E.
MATERI
-
Potongan kertas kecil untuk latihan
membuat soal.
-
Konsep
Pembulatan
>>Harga.
-
Senam Irama.
-
Musik/lagu
tradisional setempat/Kaltim.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing,
dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Pembulatan Harga
- Siswa dipandu untuk mengenal
konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
- Siswa mengerjakan soal pemecahan
masalah tentang pembulatan.
- Sebelum siswa mengerjakan latihan
yang terdapat pada buku siswa, guru terlebih dahulu memandu siswa mengenal
konsep pembulatan.
- Siswa berlatih mengerjakan soal
pembulatan dan menjelaskan cara menjawabnya.
Senam Irama
- Siswa menuju halaman sekolah untuk
melakukan kegiatan senam irama.
- Guru menyiapkan musik/lagu
tradisional setempat untuk mengiringi senam irama.
- Guru mendemonstrasikan gerakan
senam.
- Siswa menuliskan hal-hal yang
sudah dipelajari (sesuai dengan kegiatan perenungan yang ada pada buku
siswa).
Pembulatan Harga
- Siswa dipandu untuk mengenal
konsep pembulatan seperti pada buku siswa.
-
Siswa
mengerjakan soal pemecahan masalah tentang pembulatan.
|
150 menit
|
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka. Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
Guru menyampaikan pesan moral
untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.
Tugas: Siswa membuat soal cerita
pembulatan tentang harga beberapa cenderamata yang adadi daerahmu dan
mendiskusikan jawaban dengan orang tua.Siswa memperlihatkan hasilnya kepada
guru.
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Buku Kurikulum 2013 Quadra.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/gambar tentang KeberagamanBudayaBangsaIndonesia.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Eria Apriyani, S.T.P,M.Pd
|
Bogor, 15 Agustus 2014
Guru/Wali Kelas 4B,
Liska Dewi Rahayu
|
Semoga bermanfaat
ReplyDelete