RPP PKN KELAS 6 SD- SEKOLAH DASAR

( R P P )
Nama Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu :
14 x 35
menit. (9 pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
.
C. Indikator
-
Spiritual :
Menumbuhkan rasa syukur kepada
Allah SWT terhadap kemerdekaan Indonesia
-
Sikap :
Tumbuhnya amalan dari makna
Pancasila
-
Pengetahuan :
Menceritakan proses perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara
Menjelaskan arti pentingya persatuan
dan kesatuan dalam mewujudkan perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara
Menyebutkan tokoh yang terlibat dalam perumusan
Pancasila
Menuliskan perbedaan rancangan rumusan Dasar
Negara
Menyebutkan tokoh Panitia 9
Menyebutkan rumusan Dasar Negara yang sah dan
benar
Menjelaskan nilai juang dalam proses perumusan
Dasar Negara
-
Keterampilan : Mempresentasikan proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
D.
Tujuan Pembelajaran
§
Melalui
ceramah siswa dapat mengenal tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan
Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim,
dan Wachid Hasyim.
§
Melalui
direct learning siswa dapat menceritakan proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara
§
Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam
mewujudkan perumusan Pancasila sebagai Dasar negara.
§
Melalui
diskusi siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh yang erlibat dalam perumusan
pancasila.
§
Dengan
merangkum siswa dapat enuliskan perbedaan rancanngan rumusan Dasar Negara.
§
Melalui
presentasi siswa dapat menyebutkan tokoh Panitia Sembilan.
§
Melalui
Presentasi siswa dapat menyebutkan rumusan Dasar Negara yang sah dan benar.
§
Melalui
diskusi siswa mampu
menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§
Melalui
presentasi siswa mampu
menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§
Melalui
presentasi siswa mampu
menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani
(courage), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan (citizenship)
E. Materi Ajar
§
Indonesia
dijajah oleh bangsa asing.
§
Kebangkitan
Nasional.
§
Sumpah
Pemuda.
F.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§
Pendekatan
kontekstual.
§
Pendekatan
Cooperatif Learning.
§
Diskusi
dengan teman sekelompok.
§
Presentasi
§
Tanya
jawab.
§
Penugasan.
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke 1
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Melalui
direct learning siswa dapat menceritakan proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 2
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam
mewujudkan perumusan Pancasila sebagai Dasar negara.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 3
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Melalui
diskusi siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh yang erlibat dalam perumusan
pancasila.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 4
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Dengan
merangkum siswa dapat enuliskan perbedaan rancanngan rumusan Dasar Negara.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 5
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Melalui
presentasi siswa dapat menyebutkan tokoh Panitia Sembilan.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 6
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Melalui
Presentasi siswa dapat menyebutkan rumusan Dasar Negara yang sah dan benar.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 7
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Melalui
diskusi siswa mampu
menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 8
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Melalui
presentasi siswa mampu
menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 9
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang
berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul
Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·
Melalui
presentasi siswa mampu
menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
H.
Sumber/Bahan Belajar
§
Gambar/foto
para pahlawan.
§
Buku
paket Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar kelas 6,
§
Artikel
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ mendiskripsi-kan
nilai-nilai juang para pahlawan
§ Menceritakanarti
dan nilai Kebangkitan Nasional.
§ Menceritakan
arti dan nilai Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan isi Pancasila
§ Memahami nilai
tiap-tiap butir Pancasila
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian
lisan.
§ Penilaian
tulis
§ Penilaian
sikap
|
§ Menceritakan
mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
§ Menjelaskan
nilai yang terkandung pada Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada
masa sekarang ini.
|
Format Kriteria Penilaian
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Bojonggede, Juli 2016
Guru Kelas VI A Guru
Kelas VI B
Siti Suminar, S.Pd Liska
Dewi Rahayu, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Lailan Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit (2 pertemuan).
A. Standar Kompetensi
1.
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menceritakan secara singkat nilai
kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
C.
Indikator
- Spiritual
: Menumbuhkan rasa syukur kepada
Allah SWT terhadap keerdekaan Indonesia
- Sikap : Tumbuhnya nilai kebersamaan dan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari
- Pengetahuan
:
·
Menceritakan
nilai kebersamaan dalam proses perumusan Dasar Negara
·
Menyebutkan
tokoh yang berperan dalam perubahan Piagam Jakarta
·
Menunjukan
sikap mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan peribadi
·
Menyebutkan
cara menerima hasil keputusan bersama
- Keterampilan
: Menjelaskan kembali kepada
teman dan guru di depan kelas mengenai nilai kebersamaan dalam proses perumusan
pancasila.
B.
Tujuan Pembelajaran
§
Siswa
mampu menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§
Siswa
mampu menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§
Siswa
mampu menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§
Siswa
mampu menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§
Siswa
mampu memahami nilai tiap butir Pancasila.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani
(courage), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur (fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
C.
Materi Ajar
§
Persiapan
Kemerdekaan Indonesia.
§
Badan
Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§
Perumusan
Dasar Negara RI.
§
Panitia
Sembilan.
§
Panitia
Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§
Rumusan
Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
D.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§
Pendekatan
kontekstual.
§
Pendekatan
Cooperatif Learning.
§
Diskusi
kelas.
§
Tanya
jawab.
§
Penugasan
.
E.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan Awal
- Memotivasi siswa untuk menjaga ketertiban dan
keamanan kelas bersama-sama.
- Mengabsen siswa/i.
- Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
isi dan makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
Eksplorasi
§ Guru meminta semua siswa menyimak teks yang dibaca
oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan Kemerdekaan
Indonesia”.
§ Lalu guru dan siswa bertanya jawab tentang
gambaran keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
§ Siswa melanjutkan membaca teks tentang BPUPKI
secara bergiliran dan bertanya jawab tetang tujuan dibentuknya BPUPKI dan dilanjutkan
membaca teks tentang Perumusan Dasar Negara RI.
Elaborasi
·
Melalui tanya
jawab siswa apat menyebutkan bersama-sama rumusan Pancasila yang disahkan dan menjelaskan
nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila.
Konfirmasi
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·
Siswa dan
guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan ke 2
§ Kegiatan Awal
- Memotivasi siswa untuk menjaga ketertiban dan
keamanan kelas bersama-sama.
- Mengabsen siswa/i.
- Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
isi BPUPKI yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru bertanya
calon rumusan siapakah yang paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
·
Melanjutkan
membaca teks mengenai Panitia Sembilan secara bergiliran.
·
Guru
menjelaskan hasil kerja Panitia Sembilan.
·
Membaca teks
mengenai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
·
Dilanjutkan
dengan membaca Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melalui
presentasi dan direct learning siswa
dapat menjelaskan dengan kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda
Pancasila, menyanyikan lagu Gaaruda Pancasila dengan semangat dan sikap
sempurna.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·
Siswa dan
guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
H. Sumber/Bahan Belajar
§
Gambar/foto
Garuda Pancasila.
§
Buku
paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Pusat
Perbukuan,Depdiknas
§
Buku
referensi lain.
§
Surat
Kabar, dst.
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Menceritakan
nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§
Menyebutkan
isi perumusan Negara RI.
§
Menyebutkan
isi Piagam Jakarta.
§
Menyebutkan
isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§
Memahami
nilai tiap butir Pancasila.
|
§ Tugas individu
|
§ penilaian
lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
|
Menjelaskan mengapa terjadi perubahan
dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2016
Guru Kelas VI A Guru
Kelas VI B
Siti Suminar, S.Pd Liska
Dewi Rahayu, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Lailan Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (3 pertemuan).
A. Standar Kompetensi
1.
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Meneladani nilai-nilai juang para
tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam
kehidupan sehari-hari.
C.
Indikator
-
Spiritual
: Menumbuhkan rasa syukur
kepada Allah SWT terhadap kemerdekaan Indonesia
-
Sikap :
Meneladani pejuang Indonesia
-
Pengetahuan :
·
Mengidentifikasi
nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari
·
Berperilaku
menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan
·
Menyebutkan
perilaku yang dapat kita teladani dari para pejuang perumusan Pancasila
·
Menuliskan
contoh penerapan nilai tokoh perumusan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan
makna dari pembukaan UUD 1945
-
Keterampilan : Mempresentasikan nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari hari
D.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat
mentadabburi Q.S. Al ankabut : 69 “Adapun orang-orang yang berjihad
(bersungguh-sungguh) di dalam urusanKu
maka akan Aku (Allah) tunjukkan jalanKu pada mereka. Sesungguhnya Allah
niscaya beserta orang-oang yang berbuat baik”.
·
Melalui
diskusi siswa dapat mengidentifikasi nilai-nilai juang dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Melalui
presentasi siswa dapat menyebutkn perilaku ang dapat kita teladani dari para
pejuang perumusan Pancasila.
·
Melalui diskusi
siswa dapat menuliskan contoh peneraoan nilai tokoh perumusan Pancasila.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
(responsibility) Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli ( caring
), Jujur (fairnes) dan
Kewarganegaraan (citizenship)
E.
Materi Ajar
Meneladani nilai-nilai perjuangan.
F.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
§ Presentasi
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke 1
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al ankabut : 69
“Adapun orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) di dalam urusanKu maka akan Aku (Allah) tunjukkan jalanKu pada
mereka. Sesungguhnya Allah niscaya beserta orang-oang yang berbuat baik”.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang tokoh tokoh pejuang
kemerdekaan dan perumus pancasila.
Elaborasi
· Melalui diskusi siswa dapat mengidentifikasi
nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 2
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al ankabut : 69
“Adapun orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) di dalam urusanKu maka akan Aku (Allah) tunjukkan jalanKu pada
mereka. Sesungguhnya Allah niscaya beserta orang-oang yang berbuat baik”.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang tokoh tokoh pejuang
kemerdekaan dan perumus pancasila.
Elaborasi.
· Melalui presentasi siswa dapat menyebutkn perilaku
ang dapat kita teladani dri para pejuang perumusan Pancasila.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 3
·
Kegiatan Awal
-
Memotivasi siswa agar terus melaksanakan
kewajiban dengan baik.
-
Mengabsen siswa/i.
-
Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al ankabut : 69
“Adapun orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) di dalam urusanKu maka akan Aku (Allah) tunjukkan jalanKu pada
mereka. Sesungguhnya Allah niscaya beserta orang-oang yang berbuat baik”.
·
Kegiatan Inti
Eksplorasi
· Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang tokoh tokoh pejuang
kemerdekaan dan perumus pancasila.
Elaborasi.
· Melalui diskusi siswa dapat menuliskan contoh
peneraoan nilai tokoh perumusan Pancasila.
Konfirmasi
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·
Siswa diberi
tugas mengerjakan soal-soal latihan.
H.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto para pahlawan.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Pusat Perbukuan Depdiknas
§ Buku referensi lain.
§ Surat Kabar, dst.
@ Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menerapkan
nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari.
§ Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam
proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
§ Tugas individu
§ Tugas latihan.
§ Ulangan harian
|
§ Penilain
tulisan.
§ Penam-pilan kap.
§ Pilihan ganda.
Essai.
|
§
Menjelaskan mengapa
terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18
Agustus 1945.
§ Robert melihat
temannya berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah….
§
Arti Pancasila adalah ....
a. tiga sila
b.empat sila
c. lima sila
d. enam sila
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
&
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2016
Guru Kelas VI A Guru
Kelas VI B
Siti Suminar, S.Pd Liska
Dewi Rahayu, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Lailan Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 6x 35 menit (3 pertemuan).
A. Standar Kompetensi
2.
Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
C. Indikator
-
Spiritual
: Mengkaji ayat Alquran
tentang mmililih pemimpim di pemilu yaitu Q.S Al-Maidah :51
-
Sikap : Menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap siswa
-
Pengetahuan :
· Menjelaskan asas Pemilu
· Menuliskan waktu pelaksanaan Pemilu
yang perjadi
· Menyebutkan undang-undang Pemilu
· Menjelaskan tata cara pemungutan
suara
· Menuliskan latar belakang pilkada
secara langsung
· Menyebutkan pasal-pasal pelaksanaan
Pilkada secara langsung
· Menuliskan mekanisme pelaksanaan Pilkada
-
Keterampilan : Mendemonstrasikan kegiatan Pemilu di Indonesia, melalui pemilihan calon Kepala Desa Sekolah Nahwa Nur
D.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mentadaburi Q.S. Al-Maidah : 51 “ Hai orang-orang yang beriman,
janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi
pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain.
Barangsiapa diantara kamu mengambil mengambil mereka mendadi pemimpin maka
sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak
memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim”.
§ Melalui Demonstrasi siswa mampu menceritakan proses pemilu di Indonesia.
§ Melalui Direct Learning siswa mampu menyebutkan arti dan asas pemilihan umum di Indonesia.
§ Melalui kegiatan tanya jawab dan menghafal siswa mampu menyebutkan tahun-tahun pemilihan
umum di Indonesia.
§ Melalui kegiatan tanya jawab dan menghafal siswa mampu menyebutkan tiga tahapan dalam
pemilu tahun 2004.
§ Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan persyaratan calon Presiden
dan Wakil Presiden.
§ Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan daftar Presiden RI.
§ Melalui Presentasi siswa mampu menyebutkan tugas dan wewenang KPU
Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
§ Melalui Direct Learning siswa mampu menyebutkan larangan-larangan pada
pelaksanaan kampanye.
§ Melalui presentasi siswa mampu menyebutkan aturan-aturan pemilihan
Kepala Daerah.
§ Melalui presentasi siswa mampu menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah
(PP).
E.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring), Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)
F.
Materi Ajar
§ Arti dan asas Pemilu
§ Pelaksanaan Pemilu
§ Proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§ Pemilihan Kepala Daerah
G.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
§ Presentasi
§ Demonstrasi
H.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke-1
§ Kegiatan Awal
·
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengawali
pelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa
dapat mentadaburi Q.S. Al-Maidah : 51
“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan
Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi
sebagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mengambil mereka
mendadi pemimpin maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka.
Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim”.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melalui
Demonstrasi siswa mampu
menceritakan proses pemilu di Indonesia.
·
Melalui
Direct Learning siswa mampu
menyebutkan arti dan asas pemilihan umum di Indonesia.
·
Melalui
kegiatan tanya jawab dan menghafal siswa mampu menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
·
Melalui
kegiatan tanya jawab dan menghafal siswa mampu menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·
Siswa dan
guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
ke-2
§ Kegiatan Awal
·
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengawali
pelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa
dapat mentadaburi Q.S. Al-Maidah : 51
“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan
Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi
sebagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mengambil mereka
mendadi pemimpin maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka.
Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim”.
·
Guru
membacakan sebuah artikel yng berkaitang dengan Pemilu.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melalui
diskusi siswa mampu
menyebutkan persyaratan calon Presiden dan Wakil Presiden.
·
Melalui
diskusi siswa mampu
menyebutkan daftar Presiden RI.
·
Melalui
Presentasi siswa mampu
menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
·
Melalui
Direct Learning siswa mampu
menyebutkan larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
·
Melalui
presentasi siswa mampu
menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
·
Melalui
presentasi siswa mampu
menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·
Siswa dan
guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
ke-3
§ Kegiatan Awal
·
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengawali
pelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§ Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru menjelaskan
bagaimana proses pemilu di TPS.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melalui
kegiatan simulasi pemilihan umum siswa memilih pemimpin kepala desa nahwa nur
dalam rangka simulasi pemilu dalam tempat terkecil, yaitu di TPS.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·
Siswa dan
guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
I.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto Pemilu.
§ Buku paket siswa
§ Surat Kabar.
§ Alat persiapan kampanye
§ Alat untuk melakukan pemilihan umum
J.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menceritakan proses Pemilu di Indonesia.
§ Menyebutkan
arti dan asas Pemilihan Umum di Indonesia.
§ Menyebutkan
tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
§ Menyebutkan
tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
§ Menyebutkan
persyaratan calon presiden dan wakil presiden.
§ Menyebutkan
daftar presiden RI.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§ Mengetahui
larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
§ Menyebutkan
aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
§ Menyebutkan
aturan Peraturan Pemerintah (PP).
|
§ Tugas Individu
§ Tugas berpasangan
|
§ Penilaian
lisan.
§ Penilaian
tulisan
|
§ Menjelas-kan
mengapa di negara kita diadakan pemilihan umum.
§ Mengapa
pelaksanaan kampanye harus diatur sedemikian rupa?
§ Buatlah
laporan proses pemilihan ketua kelas di sekolahmu
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
&
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2016
Guru Kelas VI A Guru
Kelas VI B
Siti Suminar, S.Pd Liska
Dewi Rahayu, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Lailan Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2x
35 menit (1 pertemuan).
A. Standar Kompetensi
2. Memahami sistem pemerintahan
Republik Indonesia.
B. Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai
UUD 1945 hasil amandemen.
C.
Indikator
-
Spiritual
: Mengkaji ayat Alquran
tentang manusia sebagai pemimpin di muka bumi Q.S An-Nur:55
-
Sikap : Menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap siswa
-
Pengetahuan :
· Menuliskan lembaga-lembaga negara menurut
UUD 1945 hasil amandemen
· Menyebutkan pasal-pasal UUD 1945 yang
terkait dengan tugas presiden
· Menjelaskan susunan MPR
· Menggambar struktur ketatanegeraan
Indonesia berdasarkan UUD 1945 yang telah diamandemen
· Menyebutkan tugas-tugas lembaga negara
-
Keterampilan : Siswa dapat mempresentasikan lembaga-lembaga negara didepan kelas
D.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mentadabburi Q.S An-Nur :55 “Dan Allah telah
berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan
amal-amal yang sholeh bahwa dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa
dibumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka
berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah
diridhai-Nya untuk mereka dan Dia benar-benar akan menukar keadaan mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan
menjadi aman sentosa.Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan
sesuatu apapun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah
(janji)itu, mka mereka itulah orang-orang yang fasik.”
§ Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan lembaga-lembaga negara
sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§ Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan wewenang MPR.
§ Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak
DPR.
§ Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas DPD.
§ Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas legislatif
Presiden bersama DPR.
§ Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas BPK.
§ Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas Mahkamah Agung
(MA).
§ Dengan tanya jawab siswa mampu menyebutkan kewenangan MK.
§ Dengan tanya jawab siswa mampu menyebutkan fungsi Komisi Yudisial.
E. Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence) , Tanggung jawab
(responsibility) Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring),
Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)
F.
Materi Ajar
§ Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
§ Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
§ Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
§ Presiden.
§ Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
§ Kekuasaan Kehakiman.
G.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan
§ Presentasi
H.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
·
Mengajak
semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa diminta
mentadabburi Q.S An-Nur :55 “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang
beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal yang sholeh bahwa dia
sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dibumi, sebagaimana Dia telah
menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan
meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka dan Dia
benar-benar akan menukar keadaan mereka
sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa.Mereka tetap
menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barang
siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji)itu, mka mereka itulah orang-orang yang
fasik.”
·
Semua siswa
diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
Lembaga-lembaga Negara.
·
Guru bertanya
tentang fungsi lembaga negara.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Dengan
presentasi siswa mampu
menyebutkan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
·
Dengan
presentasi siswa mampu
menyebutkan wewenang MPR.
·
Dengan
presentasi siswa mampu
menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.
·
Dengan
presentasi siswa mampu
menyebutkan tugas-tugas DPD.
·
Dengan
berdiskusi siswa mampu
menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
·
Dengan
berdiskusi siswa mampu
menyebutkan tugas BPK.
·
Dengan
berdiskusi siswa mampu
menyebutkan tugas-tugas Mahkamah Agung (MA).
·
Dengan tanya
jawab siswa mampu menyebutkan
kewenangan MK.
·
Dengan tanya
jawab siswa mampu menyebutkan
fungsi Komisi Yudisial.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·
Siswa dan
guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
I.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto lembaga-lembaga negara.
§ Buku paket PKN kelas 6
J.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ -Menyebut-kan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§ Menyebutkan
wewenang MPR.
§ Menyebutkan
tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.
§ Menyebutkan
tugas-tugas DPD.
§ Menyebutkan
tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
|
Tugas Individu
|
§ Penilaian
tulisan.
|
§ Menjelas-kan
mengapa dalam suatu negara diperlukan lembaga-lembaga negara (eksekutif,
legislatif, dan yudikatif).
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
&
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2016
Guru Kelas VI A Guru
Kelas VI B
Siti
Suminar, S.Pd Liska
Dewi Rahayu, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Lailan Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 6x 35 menit (3 pertemuan).
A. Standar Kompetensi**
2.
Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
B. Kompetensi Dasar
2.3
Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.
C. Indikator
-
Spiritual
: Mengkaji ayat Alquran
tentang pemerintahan Q.S Al-Baqoroh:30 “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman
kepada para Malaikat:” Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di
muka bumi.”mereka berkata: “mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka
bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah,
Padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?”
Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
-
Sikap : Menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap siswa
-
Pengetahuan :
· Menjelaskan dibentuknya pemerintahan
· Menjelaskan hubungan pemerintah pusat
dengan daerah sesuai UU No.32 Tahun 2004
· Menunjukkan perbedaan pemerintah
sentralistik dan desentralistik
-
Keterampilan : Siswa dapat menceritakan pemerintahan pusat dan daerah
D.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mentadabburi ayat Alquran tentang pemerintahan
Q.S Al-Baqoroh:30 “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat:”
Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”mereka
berkata: “mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka bumi itu, orang
yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami
senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan
berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
§ Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas dan fungsi
pemerintahan pusat.
§ Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas masing-masing antara
pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§ Dengan tanya jawab dan penugasan siswa mampu menyebutkan tugas dan fungsi
pemerintah daerah.
§ Dengan tanya jawab dan penugasan siswa mampu menyebutkan perangkat daerah.
E. Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence) , Tanggung jawab
(responsibility) Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring),
Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)
F.
Materi Ajar
§ Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
§ Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
§ Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
§ Presiden.
§ Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
§ Kekuasaan Kehakiman.
G. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
H. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
a. Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
b. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
c. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh
siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Pemerintah Pusat.
b. Guru mengajak sisw mentadabburi ayat alquran
tentang pemerintahan Q.S Al-Baqoroh:30 “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman
kepada para Malaikat:” Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di
muka bumi.”mereka berkata: “mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka
bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah,
Padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?”
Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
c.
Guru bertanya
mengenai defenisi pemerintah.
d.
Tanya jawab
tentang sistem pemerintahan Indonesia.
e.
Tanya jawab
mengenai defenisi hukum.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Dengan
berdiskusi siswa mampu
menyebutkan tugas dan fungsi pemerintahan pusat.
·
Dengan
berdiskusi siswa mampu
menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
Pertemuan
Kedua
§ Kegiatan Awal
· Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Semua siswa
diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran
mengenai Pemerintah Pusat.
· Guru mengajak sisw mentadabburi ayat alquran
tentang pemerintahan Q.S Al-Baqoroh:30 “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman
kepada para Malaikat:” Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di
muka bumi.”mereka berkata: “mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka
bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah,
Padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?”
Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
·
Guru bertanya
mengenai defenisi pemerintah.
·
Tanya jawab
tentang sistem pemerintahan Indonesia.
·
Tanya jawab mengenai
defenisi hukum.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Dengan tanya
jawab dan penugasan siswa
mampu menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah.
·
Dengan tanya
jawab dan penugasan siswa
mampu menyebutkan perangkat daerah.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu
untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi
Dasar.
·
Siswa dan
guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
Pertemuan
Ketiga
§ Kegiatan Awal
·
Mengajak
semua siswa bersoa untuk mengawali
pelajaran.
·
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§ Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan
dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan
harian.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Siswa
diberikan lembar soal ulangan harian.
·
Siswa
diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi
peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik menyontek.
·
Guru
mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telas selesai.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
·
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
·
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang mengenal peranan Indonesia di Asia Tenggara.
I.
Sumber/Bahan Belajar
§ Bagan pemerintah pusat dan daerah.
§ Foto/gambar aparat penegak hukum.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Pusat Perbukuan, Depdiknas)
§ Surat Kabar, dst.
J. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyebutkan
tugas dan fungsi pemerintah pusat.
§ Menyebutkan
tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§ Menyebutkan
tugas dan fungsi pemerintah daerah.
§ Menyebutkan
perangkat daerah
§ Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di
Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada,
lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah
|
Tugas Kelompok
Ulangan harian.
|
§ Penilaian
tulisan
§ Pilihan ganda.
§ Penilaian
lisan atau tertulis (uraian).
|
§ Mencerita-kan
pengalaman tentang kampanye pemilu atau pilkada di daerah masing-masing.
§ Kekuasa-an
tertinggi negara berada di tangan ...
a. DPR
b. MPR
c. Presiden
d. menteri
§ Apa
yang dimaksud dengan pemilihan umum?
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
&
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2016
Guru Kelas VI A Guru
Kelas VI B
Siti
Suminar, S.Pd Liska
Dewi Rahayu, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Lailan Nuri, S.Pd.
Comments
Post a Comment