RPP PKN KELAS 6 SD- SEKOLAH DASAR



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu     :  14 x 35  menit. (9 pertemuan)

A. Standar Kompetensi
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar          Negara.

B. Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
.
C. Indikator
-       Spiritual         : Menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT terhadap                                           kemerdekaan Indonesia
-       Sikap              : Tumbuhnya amalan dari makna Pancasila
-       Pengetahuan :
                              Menceritakan proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
                              Menjelaskan arti pentingya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan                        perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
                              Menyebutkan tokoh yang terlibat dalam perumusan Pancasila
                              Menuliskan perbedaan rancangan rumusan Dasar Negara
                              Menyebutkan tokoh Panitia 9
                              Menyebutkan rumusan Dasar Negara yang sah dan benar
                              Menjelaskan nilai juang dalam proses perumusan Dasar Negara
-        Keterampilan : Mempresentasikan proses perumusan Pancasila sebagai Dasar                                            Negara

D.  Tujuan Pembelajaran
§  Melalui ceramah siswa dapat mengenal tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
§  Melalui direct learning siswa dapat menceritakan proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
§  Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan perumusan Pancasila sebagai Dasar negara.
§  Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh yang erlibat dalam perumusan pancasila.
§  Dengan merangkum siswa dapat enuliskan perbedaan rancanngan rumusan Dasar Negara.
§  Melalui presentasi siswa dapat menyebutkan tokoh Panitia Sembilan.
§  Melalui Presentasi siswa dapat menyebutkan rumusan Dasar Negara yang sah dan benar.
§  Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§  Melalui presentasi siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§  Melalui presentasi siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (courage), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan (citizenship)

E.       Materi Ajar
§  Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
§  Kebangkitan Nasional.
§  Sumpah Pemuda.

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sekelompok.
§  Presentasi
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

G.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Melalui direct learning siswa dapat menceritakan proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 2
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan perumusan Pancasila sebagai Dasar negara.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 3
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan tokoh-tokoh yang erlibat dalam perumusan pancasila.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.


Pertemuan ke 4
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Dengan merangkum siswa dapat enuliskan perbedaan rancanngan rumusan Dasar Negara.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 5
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Melalui presentasi siswa dapat menyebutkan tokoh Panitia Sembilan.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 6
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Melalui Presentasi siswa dapat menyebutkan rumusan Dasar Negara yang sah dan benar.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 7
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 8
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.


·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Melalui presentasi siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 9
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Guru mejelaskan tokoh tokoh Islam yang berperan dalam perumusan Pancasila misalnya; Abi Kusno Tjokrosurojo, Abdul Kahar Mudzakir, H.A. Salim, dan Wachid Hasyim.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang sejarah pancasila.
Elaborasi
·         Melalui presentasi siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.


H.    Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar/foto para pahlawan.
§  Buku paket Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar kelas 6,
§  Artikel

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ mendiskripsi-kan nilai-nilai juang para pahlawan
§ Menceritakanarti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§ Menceritakan arti dan nilai Sumpah Pemuda
§  Menyebutkan isi Pancasila
§ Memahami nilai tiap-tiap butir Pancasila
§ Tugas individu
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulis
§ Penilaian sikap
§ Menceritakan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
§ Menjelaskan nilai yang terkandung pada Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.


Format Kriteria Penilaian      
Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 

                                                                                                Bojonggede,      Juli 2016

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Lailan Nuri, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu     :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

A.      Standar Kompetensi
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

B.       Kompetensi Dasar
1.2 Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

C.      Indikator
-       Spiritual : Menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT terhadap keerdekaan Indonesia
-       Sikap   : Tumbuhnya nilai kebersamaan dan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari
-       Pengetahuan :
·         Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses perumusan Dasar Negara
·         Menyebutkan tokoh yang berperan dalam perubahan Piagam Jakarta
·         Menunjukan sikap mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan peribadi
·         Menyebutkan cara menerima hasil keputusan bersama

-       Keterampilan : Menjelaskan kembali kepada teman dan guru di depan kelas mengenai nilai kebersamaan dalam proses perumusan pancasila.

B.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§  Siswa mampu menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§  Siswa mampu menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§  Siswa mampu menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§  Siswa mampu memahami nilai tiap butir Pancasila.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (courage), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur (fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

C.      Materi Ajar
§  Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Perumusan Dasar Negara RI.
§  Panitia Sembilan.
§  Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

D.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan
.
E.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke 1
§  Kegiatan Awal
-       Memotivasi siswa untuk menjaga ketertiban dan keamanan kelas bersama-sama.
-       Mengabsen siswa/i.
-       Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang isi dan makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
Eksplorasi
§  Guru meminta semua siswa menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan Kemerdekaan Indonesia”.
§  Lalu guru dan siswa bertanya jawab tentang gambaran keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
§  Siswa melanjutkan membaca teks tentang BPUPKI secara bergiliran dan bertanya jawab tetang tujuan dibentuknya BPUPKI dan dilanjutkan membaca teks tentang Perumusan Dasar Negara RI.
Elaborasi
·         Melalui tanya jawab siswa apat menyebutkan bersama-sama rumusan Pancasila yang disahkan dan menjelaskan nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila.
Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·      Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


Pertemuan ke 2
§  Kegiatan Awal
-       Memotivasi siswa untuk menjaga ketertiban dan keamanan kelas bersama-sama.
-       Mengabsen siswa/i.
-       Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang isi BPUPKI yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru bertanya calon rumusan siapakah yang paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
·         Melanjutkan membaca teks mengenai Panitia Sembilan secara bergiliran.
·         Guru menjelaskan hasil kerja Panitia Sembilan.
·         Membaca teks mengenai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
·         Dilanjutkan dengan membaca Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melalui presentasi dan direct learning siswa dapat menjelaskan dengan kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila, menyanyikan lagu Gaaruda Pancasila dengan semangat dan sikap sempurna.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

H.      Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar/foto Garuda Pancasila.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Pusat Perbukuan,Depdiknas
§  Buku referensi lain.
§  Surat Kabar, dst.

I.         Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§  Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§  Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§  Menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§  Memahami nilai tiap butir Pancasila.

§ Tugas individu
§ penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

           
                                                                                                Bojonggede,      Juli 2016

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Lailan Nuri, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu     :  6 x 35  menit (3 pertemuan).


A. Standar Kompetensi
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

B.  Kompetensi Dasar
1.3 Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.

C.  Indikator
-       Spiritual          : Menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT terhadap                                           kemerdekaan Indonesia
-       Sikap              : Meneladani pejuang Indonesia
-       Pengetahuan :
·           Mengidentifikasi nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari
·           Berperilaku menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan
·           Menyebutkan perilaku yang dapat kita teladani dari para pejuang perumusan Pancasila
·           Menuliskan contoh penerapan nilai tokoh perumusan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
·           Menjelaskan makna dari pembukaan UUD 1945
-        Keterampilan : Mempresentasikan nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari hari

D.  Tujuan Pembelajaran
·           Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al ankabut : 69 “Adapun orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) di dalam urusanKu  maka akan Aku (Allah) tunjukkan jalanKu pada mereka. Sesungguhnya Allah niscaya beserta orang-oang yang berbuat baik”.
·           Melalui diskusi siswa dapat mengidentifikasi nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari.
·           Melalui presentasi siswa dapat menyebutkn perilaku ang dapat kita teladani dari para pejuang perumusan Pancasila.
·           Melalui diskusi siswa dapat menuliskan contoh peneraoan nilai tokoh perumusan Pancasila.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab (responsibility) Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli ( caring ), Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)

E.  Materi Ajar
Meneladani nilai-nilai perjuangan.

F.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.
§  Presentasi

G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al ankabut : 69 “Adapun orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) di dalam urusanKu  maka akan Aku (Allah) tunjukkan jalanKu pada mereka. Sesungguhnya Allah niscaya beserta orang-oang yang berbuat baik”.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang tokoh tokoh pejuang kemerdekaan dan perumus pancasila.
Elaborasi
·      Melalui diskusi siswa dapat mengidentifikasi nilai-nilai juang dalam kehidupan sehari-hari.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 2
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al ankabut : 69 “Adapun orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) di dalam urusanKu  maka akan Aku (Allah) tunjukkan jalanKu pada mereka. Sesungguhnya Allah niscaya beserta orang-oang yang berbuat baik”.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang tokoh tokoh pejuang kemerdekaan dan perumus pancasila.
Elaborasi.
·      Melalui presentasi siswa dapat menyebutkn perilaku ang dapat kita teladani dri para pejuang perumusan Pancasila.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 3
·        Kegiatan Awal
-        Memotivasi siswa agar terus melaksanakan kewajiban dengan baik.
-        Mengabsen siswa/i.
-        Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al ankabut : 69 “Adapun orang-orang yang berjihad (bersungguh-sungguh) di dalam urusanKu  maka akan Aku (Allah) tunjukkan jalanKu pada mereka. Sesungguhnya Allah niscaya beserta orang-oang yang berbuat baik”.
·        Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru mengeksplorasi kemampuan pengetahuan siswa tentang tokoh tokoh pejuang kemerdekaan dan perumus pancasila.
Elaborasi.
·      Melalui diskusi siswa dapat menuliskan contoh peneraoan nilai tokoh perumusan Pancasila.
Konfirmasi
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
·         Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

H.      Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar/foto para pahlawan.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Pusat Perbukuan Depdiknas
§  Buku referensi lain.
§  Surat Kabar, dst.

@ Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menerapkan nila-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari.


§ Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
§ Tugas individu



§ Tugas latihan.
§ Ulangan harian
§ Penilain tulisan.
§ Penam-pilan kap.

§ Pilihan ganda.
Essai.
§ Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
§ Robert melihat temannya berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah….

§ Arti Pancasila adalah ....
a. tiga sila
b.empat sila
c. lima sila
d. enam sila


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1



&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                              Bojonggede,      Juli 2016

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Lailan Nuri, S.Pd.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu     :  6x 35 menit (3 pertemuan).

A. Standar Kompetensi
2.  Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.

B. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.

C. Indikator
-      Spiritual          : Mengkaji ayat Alquran tentang mmililih pemimpim di pemilu yaitu                               Q.S Al-Maidah :51                           
-       Sikap                   : Menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap siswa
-       Pengetahuan :
·      Menjelaskan asas Pemilu
·      Menuliskan waktu pelaksanaan Pemilu yang perjadi
·      Menyebutkan undang-undang Pemilu
·      Menjelaskan tata cara pemungutan suara
·      Menuliskan latar belakang pilkada secara langsung
·      Menyebutkan pasal-pasal pelaksanaan Pilkada secara langsung
·      Menuliskan mekanisme pelaksanaan Pilkada
-        Keterampilan : Mendemonstrasikan kegiatan Pemilu di Indonesia, melalui pemilihan                                    calon Kepala Desa Sekolah Nahwa Nur

D.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mentadaburi Q.S. Al-Maidah : 51 “ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mengambil mereka mendadi pemimpin maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim”.
§  Melalui Demonstrasi siswa mampu menceritakan proses pemilu di Indonesia.
§  Melalui Direct Learning siswa mampu menyebutkan arti dan asas pemilihan umum di Indonesia.
§  Melalui kegiatan tanya jawab dan menghafal siswa mampu menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
§  Melalui kegiatan tanya jawab dan menghafal siswa mampu menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
§  Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan persyaratan calon Presiden dan Wakil Presiden.
§  Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan daftar Presiden RI.
§  Melalui Presentasi siswa mampu menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
§  Melalui Direct Learning siswa mampu menyebutkan larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
§  Melalui presentasi siswa mampu menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
§  Melalui presentasi siswa mampu menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).

E.       Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan                                                      perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung                                                                  jawab (responsibility) Berani (courage), Integritas                                                                (integrity), Peduli (caring), Jujur (fairnes) dan                                                                                Kewarganegaraan (citizenship)

F.       Materi Ajar
§  Arti dan asas Pemilu
§  Pelaksanaan Pemilu
§  Proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§  Pemilihan Kepala Daerah

G.                Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.
§  Presentasi
§  Demonstrasi

H.                Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan ke-1
§  Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat mentadaburi Q.S. Al-Maidah : 51 “ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mengambil mereka mendadi pemimpin maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim”.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melalui Demonstrasi siswa mampu menceritakan proses pemilu di Indonesia.
·         Melalui Direct Learning siswa mampu menyebutkan arti dan asas pemilihan umum di Indonesia.
·         Melalui kegiatan tanya jawab dan menghafal siswa mampu menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
·         Melalui kegiatan tanya jawab dan menghafal siswa mampu menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan ke-2
§  Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat mentadaburi Q.S. Al-Maidah : 51 “ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mengambil mereka mendadi pemimpin maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim”.
·         Guru membacakan sebuah artikel yng berkaitang dengan Pemilu.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan persyaratan calon Presiden dan Wakil Presiden.
·         Melalui diskusi siswa mampu menyebutkan daftar Presiden RI.
·         Melalui Presentasi siswa mampu menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
·         Melalui Direct Learning siswa mampu menyebutkan larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
·         Melalui presentasi siswa mampu menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
·         Melalui presentasi siswa mampu menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan ke-3
§  Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan bagaimana proses pemilu di TPS.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melalui kegiatan simulasi pemilihan umum siswa memilih pemimpin kepala desa nahwa nur dalam rangka simulasi pemilu dalam tempat terkecil, yaitu di TPS.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

I.                   Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar/foto Pemilu.
§  Buku paket siswa
§  Surat Kabar.
§  Alat persiapan kampanye
§  Alat untuk melakukan pemilihan umum

J.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menceritakan  proses Pemilu di Indonesia.
§ Menyebutkan arti dan asas Pemilihan Umum di Indonesia.
§ Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
§ Menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
§ Menyebutkan persyaratan calon presiden dan wakil presiden.
§ Menyebutkan daftar presiden RI.
§ Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§ Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
§ Menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
§ Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).
§ Tugas Individu
§ Tugas  berpasangan
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulisan
§ Menjelas-kan mengapa di negara kita diadakan pemilihan umum.
§ Mengapa pelaksanaan kampanye harus diatur sedemikian rupa?
§ Buatlah laporan proses pemilihan ketua kelas di sekolahmu

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
Ahmad Fauzan
Aliyyah Nur'aini Shafiyah Putri Sampurna
Andhika Yogi Pradana
Azkia Aulia Azzahra
Bryant Nanur Atmadirja
Dhiya Azka Nisrina
Dyah Ayu Fadhillah
Lyra Revalena
Meysha Rahmatillah
Muhammad  Wildan Firdaus
Muhammad Alfarisi
Muhammad Arun Al Harits
Muhammad Bahi Fadhillah
Muhammad Dzaky
Muhammad Dzaky Taufiqurrahman
Muhammad Fahmi Kamil
Muhammad Fatih Nusrotulloh
Muhammad Fawwas Rizqullah
Muhammad 'Izan Dinan
Naisya Mumtas
Naufal Sa'id Qudsy
Nurfaliza Salsa
Qotrunnada Zahirah
Rahadatul Aisy
Razanah Hajar
Sandra Azzahra
Sayyidah Azzahra
Shabrina Kesya Azizah
Syifana Khoirunnisa





     
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                              Bojonggede,      Juli 2016

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Lailan Nuri, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu     :     2x 35 menit (1 pertemuan).

A. Standar Kompetensi
2.  Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.

B. Kompetensi Dasar
2.2   Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.

C.  Indikator
-      Spiritual          : Mengkaji ayat Alquran tentang manusia sebagai pemimpin di muka                              bumi Q.S An-Nur:55                                     
-       Sikap                  : Menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap siswa
-       Pengetahuan :
·      Menuliskan lembaga-lembaga negara menurut UUD 1945 hasil amandemen
·      Menyebutkan pasal-pasal UUD 1945 yang terkait dengan tugas presiden
·      Menjelaskan susunan MPR
·      Menggambar struktur ketatanegeraan Indonesia berdasarkan UUD 1945 yang telah diamandemen
·      Menyebutkan tugas-tugas lembaga negara
-        Keterampilan : Siswa dapat mempresentasikan lembaga-lembaga negara didepan kelas

D.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mentadabburi Q.S An-Nur :55 “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal yang sholeh bahwa dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dibumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka dan Dia benar-benar akan menukar keadaan  mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa.Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji)itu, mka mereka itulah orang-orang yang fasik.”
§  Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§  Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan wewenang MPR.
§  Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.
§  Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas DPD.
§  Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
§  Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas BPK.
§  Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas Mahkamah Agung (MA).
§  Dengan tanya jawab siswa mampu menyebutkan kewenangan MK.
§  Dengan tanya jawab siswa mampu menyebutkan fungsi Komisi Yudisial.

E.  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) ,    Tanggung jawab (responsibility) Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring), Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)

F.   Materi Ajar
§  Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
§  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
§  Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
§  Presiden.
§  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
§  Kekuasaan Kehakiman.

G. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan
§  Presentasi

H.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§  Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa diminta mentadabburi Q.S An-Nur :55 “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal-amal yang sholeh bahwa dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dibumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka dan Dia benar-benar akan menukar keadaan  mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa.Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji)itu, mka mereka itulah orang-orang yang fasik.”
·         Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Lembaga-lembaga Negara.
·         Guru bertanya tentang fungsi lembaga negara.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
·         Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan wewenang MPR.
·         Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.
·         Dengan presentasi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas DPD.
·         Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
·         Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas BPK.
·         Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas-tugas Mahkamah Agung (MA).
·         Dengan tanya jawab siswa mampu menyebutkan kewenangan MK.
·         Dengan tanya jawab siswa mampu menyebutkan fungsi Komisi Yudisial.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

I.         Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar/foto lembaga-lembaga negara.
§  Buku paket PKN kelas 6

J.        Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ -Menyebut-kan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§ Menyebutkan wewenang MPR.
§ Menyebutkan tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.
§ Menyebutkan tugas-tugas DPD.
§ Menyebutkan tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
Tugas Individu
§ Penilaian tulisan.
§ Menjelas-kan mengapa dalam suatu negara diperlukan lembaga-lembaga negara (eksekutif, legislatif, dan yudikatif).

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
Ahmad Fauzan
Aliyyah Nur'aini Shafiyah Putri Sampurna
Andhika Yogi Pradana
Azkia Aulia Azzahra
Bryant Nanur Atmadirja
Dhiya Azka Nisrina
Dyah Ayu Fadhillah
Lyra Revalena
Meysha Rahmatillah
Muhammad  Wildan Firdaus
Muhammad Alfarisi
Muhammad Arun Al Harits
Muhammad Bahi Fadhillah
Muhammad Dzaky
Muhammad Dzaky Taufiqurrahman
Muhammad Fahmi Kamil
Muhammad Fatih Nusrotulloh
Muhammad Fawwas Rizqullah
Muhammad 'Izan Dinan
Naisya Mumtas
Naufal Sa'id Qudsy
Nurfaliza Salsa
Qotrunnada Zahirah
Rahadatul Aisy
Razanah Hajar
Sandra Azzahra
Sayyidah Azzahra
Shabrina Kesya Azizah
Syifana Khoirunnisa





    
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                              Bojonggede,      Juli 2016

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Lailan Nuri, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu     :     6x 35 menit (3 pertemuan).

A. Standar Kompetensi**
2.  Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.

B. Kompetensi Dasar
2.3  Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah.

C. Indikator
-      Spiritual          : Mengkaji ayat Alquran tentang pemerintahan Q.S Al-Baqoroh:30 “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat:” Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”mereka berkata: “mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”                                    
-       Sikap                  : Menumbuhkan jiwa kepemimpinan di setiap siswa
-       Pengetahuan :
·      Menjelaskan dibentuknya pemerintahan
·      Menjelaskan hubungan pemerintah pusat dengan daerah sesuai UU No.32 Tahun 2004
·      Menunjukkan perbedaan pemerintah sentralistik dan desentralistik
-        Keterampilan : Siswa dapat menceritakan pemerintahan pusat dan daerah

D.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mentadabburi ayat Alquran tentang pemerintahan Q.S Al-Baqoroh:30 “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat:” Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”mereka berkata: “mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
§  Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas dan fungsi pemerintahan pusat.
§  Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§  Dengan tanya jawab dan penugasan siswa mampu menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah.
§  Dengan tanya jawab dan penugasan siswa mampu menyebutkan perangkat daerah.

E.  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) ,    Tanggung jawab (responsibility) Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring), Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)

F.   Materi Ajar
§  Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
§  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
§  Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
§  Presiden.
§  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
§  Kekuasaan Kehakiman.

G. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

H.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§  Kegiatan Awal
a.       Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
b.      Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
c.       Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.    Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Pemerintah Pusat.
b.    Guru mengajak sisw mentadabburi ayat alquran tentang pemerintahan Q.S Al-Baqoroh:30 “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat:” Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”mereka berkata: “mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
c.       Guru bertanya mengenai defenisi pemerintah.
d.      Tanya jawab tentang sistem pemerintahan Indonesia.
e.       Tanya jawab mengenai defenisi hukum.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·           Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas dan fungsi pemerintahan pusat.
·           Dengan berdiskusi siswa mampu menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
·      Mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·       Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Pemerintah Pusat.
·      Guru mengajak sisw mentadabburi ayat alquran tentang pemerintahan Q.S Al-Baqoroh:30 “ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat:” Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”mereka berkata: “mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di muka bumi itu, orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
·         Guru bertanya mengenai defenisi pemerintah.
·         Tanya jawab tentang sistem pemerintahan Indonesia.
·         Tanya jawab mengenai defenisi hukum.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·           Dengan tanya jawab dan penugasan siswa mampu menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah.
·           Dengan tanya jawab dan penugasan siswa mampu menyebutkan perangkat daerah.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.

Pertemuan Ketiga
§  Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa bersoa untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
·         Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik menyontek.
·         Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telas selesai.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang mengenal peranan Indonesia di Asia Tenggara.

I.         Sumber/Bahan Belajar
§  Bagan pemerintah pusat dan daerah.
§  Foto/gambar aparat penegak hukum.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, Pusat Perbukuan, Depdiknas)
§  Surat Kabar, dst.

J.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah pusat.
§ Menyebutkan tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§ Menyebutkan tugas dan fungsi pemerintah daerah.
§ Menyebutkan perangkat daerah
§ Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah pusat dan pemerintah daerah
Tugas Kelompok



Ulangan harian.
§ Penilaian tulisan



§ Pilihan    ganda.
§ Penilaian lisan atau tertulis (uraian).
§ Mencerita-kan pengalaman tentang kampanye pemilu atau pilkada di daerah masing-masing.
§ Kekuasa-an tertinggi negara berada di tangan ...
a. DPR
b. MPR
c. Presiden
d. menteri

§ Apa yang dimaksud dengan pemilihan umum?
Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
Ahmad Fauzan
Aliyyah Nur'aini Shafiyah Putri Sampurna
Andhika Yogi Pradana
Azkia Aulia Azzahra
Bryant Nanur Atmadirja
Dhiya Azka Nisrina
Dyah Ayu Fadhillah
Lyra Revalena
Meysha Rahmatillah
Muhammad  Wildan Firdaus
Muhammad Alfarisi
Muhammad Arun Al Harits
Muhammad Bahi Fadhillah
Muhammad Dzaky
Muhammad Dzaky Taufiqurrahman
Muhammad Fahmi Kamil
Muhammad Fatih Nusrotulloh
Muhammad Fawwas Rizqullah
Muhammad 'Izan Dinan
Naisya Mumtas
Naufal Sa'id Qudsy
Nurfaliza Salsa
Qotrunnada Zahirah
Rahadatul Aisy
Razanah Hajar
Sandra Azzahra
Sayyidah Azzahra
Shabrina Kesya Azizah
Syifana Khoirunnisa





    
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                              Bojonggede,      Juli 2016

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Lailan Nuri, S.Pd.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD