RPP KURTILAS KELAS 4 SD, SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN KE 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Selalu
Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema
: Macam-macam
Sumber Energi (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.2 Memahami
pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan danperkembangan
tubuh.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang
dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.
IPA
3.4 Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannyaoleh masyarakat.
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri
dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
Matematika
3.11 Menunjukkan
pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan,
pengurangan, dan perkalian.
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
SBdP
3.3 Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan
badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
C. INDIKATOR
PJOK
-
Melakukan gerakan lari dasar lurus dan variasinya
IPA
-
Menjelaskan melalui tulisan berbentuk
laporan tentang peranan sumber energi matahari dalam
kehidupan melalui kegiatan percobaan, pengamatan, analisa data dan menarik
kesimpulan
-
Melaporkan hasil pengamatan tentang
pengaruh energi matahari bagi kehidupan manusia
Bahasa Indonesia
-
Menyajikan isi teks cerita petualangan
tentang si biji jagung
Matematika
-
Menerapkan konsep persamaan antara
sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian
-
Menyatakan persamaan antara sepasang kalimat
matematika
SBdP
-
Menyanyikan dan membaca not angka lagu
menanam jagung disertai gerakan anggota badan sesuai tinggi rendah
nada
D.
TUJUAN
-
Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan
uji panas matahari, siswa mampu mengidentifikasi
pengaruh manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari setelah kegiatan
pencatatan data hasil percobaan, analisa dan menarik kesimpulan.
-
Dengan kegiatan berlatih mengerjakan
soal-soal, siswa mampu menerapkan konsep persamaan ekspresi sepasang kalimat
matematika menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan, dan perkalian
dengan benar.
-
Dengan kegiatan membaca teks petualangan
tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menggali informasi tentang manfaat
energi matahari.
-
Dengan kegiatan membaca teks petualangan
tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menyajikan dalam bentuk peta pikiran
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
-
Dengan kegiatan variasi lari dan jalan
melalui lintasan lurus, zig-zag, dan berbelok-belok,siswa mampu mempraktikkan
kombinasi gerak dasar lari dan jalan dengan teknik yang benar.
-
Dengan kegiatan gerak dan lagu, siswa
mampu menyanyikan dan membaca not angka lagu Menanam Jagung dengan gerak tangan
dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
E. MATERI
-
Kertas Koran, tisu, sapu tangan.
-
Gerak
dasar lari dengan beberapa variasi.
-
Energi Panas Matahari
-
Kesimpulan
dari hasil pengamatan :
a.
Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat
kering.
b.
Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
c.
Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas
matahari.
d.
Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena
tidak
terkena
panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut
lebih
lama.
e.
Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing,
dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Gerak Dasar Lari
Mengawali pembelajaran PJOK, siswa
diajak untuk berdoa serta mempersiapkan diri dengan melakukan pemanasan.
Siswa diajak melakukan gerak dasar
lari dengan beberapa variasi seperti gambardi buku siswa.
a. Gerak lurus
b. Gerak zig-zag
c. Gerak berbelok-belok
• Siswa melakukan lomba lari rintangan dengan mempraktikkan
gerak dasar lari danvariasinya. Perlengkapan yang dapat digunakan seperti
kardus, bilah kayu, dan banbekas.
• Siswa mengakhiri kegiatan olahraga dengan saling
bersalam-salaman untuk menunjukkan sikap sportif.
Energi Panas Matahari
• Komunikasikan siswa bahwa mereka akan melakukan kegiatan
untuk membuktikan pengaruh panas matahari dalam kehidupan
• Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan
anggota paling banyak lima orang, setiap kelompok akan melakukan dua jenis
percobaan bersama-sama.
Siswa melakukan percobaan sesuai
instruksi.
Guru berkeliling memastikan semua
siswa memahami instruksi dan melakukan langkahpercobaan dengan benar.
Kegiatan Alternatif ketika tidak
ada cahaya matahari.
Jika hari hujan, siswa dapat
melakukan kegiatan observasi gambar-gambar tentang manfaat panas matahari
bagi kehidupan di bumi.
Siswa menuliskan paling sedikit
lima kesimpulan dari hasil pengamatan :
a. Tisu, kertas, dan sapu
tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
b. Tisu di panas matahari lebih
cepat kering.
c. Air yang ada di tisu,
kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas
matahari.
d. Tisu, kertas, dan sapu
tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak
terkena panas matahari sehingga
penguapan air pada benda-benda tersebut
lebih lama.
e. Panas matahari mengeringkan
benda-benda basah.
Siswa menyajikan/menuliskan
kegiatan percobaan mereka dalam bentuk laporan.
Komunikasikan pada siswa tentang
cara mengisi laporan,
Siswa membaca teks tentang Ali Si
Biji Energi.
• Siswa menulis manfaat energi panas matahari bagi makhluk
hidup dalam bentuk peta pikiran.Bahan bacaaan tentang manfaat energi
matahari. (terlampir)
Siswa menyelesaikan latihan
sepasang kalimat Matematika berdasarkan contoh yang telah diberikan.
Saat siswa mengerjakan, guru
berkeliling, memeriksa pekerjaan mereka, pastikan siswa paham dan mengerjakan
tugas tepat waktu. Guru memotivasi siswa untuk bersemangat mengerjakan
latihan.
Siswa menyanyikan lagu “Menanam
Jagung” dengan gerak tangan dan badan sesuaidengan tinggi rendah nada notasi
yang benar.
Siswa membaca not angka lagu
Menanam Jagung.
Siswa menulis manfaat energi panas
matahari dan akibatnya apabila energi itu tidak ada.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa menuliskan refleksi dari
kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang
paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
Hal baik apa yang dapat kamu
terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu
menerapkannya.
Guru menyampaikan pesan moral
untuk senantiasa Bersyukur Atas
Keberagaman.
Tugas: Siswa bercerita kepada
orang tua tentang pengalamannya hari ini, serta mendiskusikan apa saja yang
perlu ia tingkatkan dan apa yang perlu ia pertahankan.Siswa juga dapat
menuliskan cerita tersebut dan meminta orang tuanya memberi komentar.
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Buku Kurikulum 2013 Quadra.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambartentangMacam-macam
Sumber Energi.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Eria Apriyani, S.T.P,M.Pd
|
Bogor,
Guru/Wali Kelas
4B,
Liska
Dewi Rahayu
|
Comments
Post a Comment