RPP KURTILAS KELAS 4 SD, SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN KE 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester        :  4 /1
                       Tema                           :  Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema                  :  Macam-macam Sumber Energi (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       :  3
Alokasi waktu            : 1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak  sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan  berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

PJOK
3.2      Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan danperkembangan tubuh.
4.1      Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.

IPA
3.4      Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6      Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannyaoleh masyarakat.




Bahasa Indonesia
3.4      Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4      Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Matematika
3.11    Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1      Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.

SBdP
3.3      Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5            Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.

C.    INDIKATOR

PJOK
-          Melakukan gerakan lari dasar lurus dan variasinya

IPA
-          Menjelaskan melalui tulisan berbentuk laporan tentang peranan sumber energi matahari dalam kehidupan melalui kegiatan percobaan, pengamatan, analisa data dan menarik kesimpulan
-          Melaporkan hasil pengamatan tentang pengaruh energi matahari bagi kehidupan manusia

Bahasa Indonesia
-          Menyajikan isi teks cerita petualangan tentang si biji jagung

Matematika
-          Menerapkan konsep persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian
-          Menyatakan persamaan antara sepasang kalimat matematika

SBdP
-          Menyanyikan dan membaca not angka lagu menanam jagung disertai gerakan anggota badan sesuai tinggi rendah nada

D.    TUJUAN
-          Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan uji panas matahari, siswa mampu mengidentifikasi pengaruh manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari setelah kegiatan pencatatan data hasil percobaan, analisa dan menarik kesimpulan.
-          Dengan kegiatan berlatih mengerjakan soal-soal, siswa mampu menerapkan konsep persamaan ekspresi sepasang kalimat matematika menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan, dan perkalian dengan benar.
-          Dengan kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menggali informasi tentang manfaat energi matahari.
-          Dengan kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menyajikan dalam bentuk peta pikiran dengan memilih dan memilah kosakata baku.
-          Dengan kegiatan variasi lari dan jalan melalui lintasan lurus, zig-zag, dan berbelok-belok,siswa mampu mempraktikkan kombinasi gerak dasar lari dan jalan dengan teknik yang benar.
-          Dengan kegiatan gerak dan lagu, siswa mampu menyanyikan dan membaca not angka lagu Menanam Jagung dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.

E.     MATERI
-          Kertas Koran, tisu, sapu tangan.
-          Gerak dasar lari dengan beberapa variasi.
-          Energi Panas Matahari
-          Kesimpulan dari hasil pengamatan :
a. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
b. Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
c. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas
matahari.
d. Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak
terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut
lebih lama.
e. Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.



F.     PENDEKATAN & METODE

Pendekatan            : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
menit
Kegiatan
Inti
Gerak Dasar Lari
Mengawali pembelajaran PJOK, siswa diajak untuk berdoa serta mempersiapkan diri dengan melakukan pemanasan.
Siswa diajak melakukan gerak dasar lari dengan beberapa variasi seperti gambardi buku siswa.
a. Gerak lurus
b. Gerak zig-zag
c. Gerak berbelok-belok
Siswa melakukan lomba lari rintangan dengan mempraktikkan gerak dasar lari danvariasinya. Perlengkapan yang dapat digunakan seperti kardus, bilah kayu, dan banbekas.
Siswa mengakhiri kegiatan olahraga dengan saling bersalam-salaman untuk menunjukkan sikap sportif.
Energi Panas Matahari
Komunikasikan siswa bahwa mereka akan melakukan kegiatan untuk membuktikan pengaruh panas matahari dalam kehidupan
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan anggota paling banyak lima orang, setiap kelompok akan melakukan dua jenis percobaan bersama-sama.
Siswa melakukan percobaan sesuai instruksi.
Guru berkeliling memastikan semua siswa memahami instruksi dan melakukan langkahpercobaan dengan benar.
Kegiatan Alternatif ketika tidak ada cahaya matahari.
Jika hari hujan, siswa dapat melakukan kegiatan observasi gambar-gambar tentang manfaat panas matahari bagi kehidupan di bumi.
Siswa menuliskan paling sedikit lima kesimpulan dari hasil pengamatan :
a. Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat kering.
b. Tisu di panas matahari lebih cepat kering.
c. Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas
matahari.
d. Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena tidak
terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut
lebih lama.
e. Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.
Siswa menyajikan/menuliskan kegiatan percobaan mereka dalam bentuk laporan.
Komunikasikan pada siswa tentang cara mengisi laporan,
Siswa membaca teks tentang Ali Si Biji Energi.
Siswa menulis manfaat energi panas matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran.Bahan bacaaan tentang manfaat energi matahari. (terlampir)
Siswa menyelesaikan latihan sepasang kalimat Matematika berdasarkan contoh yang telah diberikan.
Saat siswa mengerjakan, guru berkeliling, memeriksa pekerjaan mereka, pastikan siswa paham dan mengerjakan tugas tepat waktu. Guru memotivasi siswa untuk bersemangat mengerjakan latihan.
Siswa menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan gerak tangan dan badan sesuaidengan tinggi rendah nada notasi yang benar.
Siswa membaca not angka lagu Menanam Jagung.
Siswa menulis manfaat energi panas matahari dan akibatnya apabila energi itu tidak ada.
    150
menit

Kegiatan
Penutup
Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
Hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.
Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa Bersyukur Atas Keberagaman.
Tugas: Siswa bercerita kepada orang tua tentang pengalamannya hari ini, serta mendiskusikan apa saja yang perlu ia tingkatkan dan apa yang perlu ia pertahankan.Siswa juga dapat menuliskan cerita tersebut dan meminta orang tuanya memberi komentar.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.
    15
menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Buku Kurikulum 2013 Quadra.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambartentangMacam-macam Sumber Energi.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.





Mengetahui
Kepala Sekolah,



Eria Apriyani, S.T.P,M.Pd


                                Bogor,

                                Guru/Wali Kelas 4B,



                                 Liska Dewi Rahayu



Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD