RPP KURTILAS KELAS 4 SD, INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester :
4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke :
1
Alokasiwaktu :
1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingintahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas danlogisdansistematis,
dalamkarya yang estetisdalamgerakan yang mencerminkananaksehat,
dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Matematika
3.5 Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun
tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.2 Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak
beraturan tertentu.
PJOK
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak
melalui permainan dan atau tradisional.
C.
INDIKATOR
Matematika
·
Membedakan segi banyak dan bukan segi
banyak.
·
Mengidentifikasi sudut-sudut yang ada
dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya.
PKn
·
Menjelaskan
makna bersatu dalam keberagaman
·
Menceritakan
pengalaman bermain dengan tema berbeda-beda.
PJOK
·
Mempraktikkan
permainan tradisional engklek.
D.
TUJUAN
·
Setelah mengamati gambar, membaca teks,
dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
makna
bersatu dalam keberagaman dengan rinci.
·
Dengan diskusi, siswa mampu menceritakan
pengalaman bermain dengan teman yang
berbeda-beda
dengan bahasa yang runtut.
·
Setelah bereksplorasi dengan gambar,
siswa mampu membedakan antarbangun segibanyak berdasarkan
ciri-cirinya dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi,
siswa mampu membedakan pengubinan
dan
bukan pengubinan dengan benar.
·
Setelah mengamati contoh, siswa mampu
merancang pengubinan dengan teknik yang benar.
·
Setelah membaca teks, diskusi, dan
simulasi, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional
engklek dengan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, dan lompat
dengan teknik dan aturan yang benar.
E.
MATERI
·
Pengalaman
Bermain.
·
Bentuk
Geometri.
·
Permainan Engklek.
·
Model engklek
Kreasi Siswa. (Informasi
tentang Fahombo Batu.)
F.
PENDEKATAN & METODE
·
Pendekatan : Scientific
·
Strategi : Cooperative Learning
·
Teknik : Example Non Example
·
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Hafalan
Matrik Perkalian 1-9. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing,
dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Siswa diminta mengamati gambar dan
membaca teks pada buku siswa dan menjawab pertanyaan.
Ketika siswa menjawab pertanyaan,
guru berkeliling untuk memberikan motivasi, membantu siswa yang membutuhkan,
atau memberikan pertanyaan tambahan untuk menggali pemahaman siswa lebih
jauh, yaitu dengan menanyakan pertanyaan berkesinambungan dari pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa.
Siswa diberi kesempatan untuk
berbagi jawaban secara berpasangan.
Guru memberi penguatan tentang
makna Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menyampaikan bahwa meskipun kita
berasal dari suku dan budaya yang berbeda, namun hal tersebut tidak
menghalangi kita untuk bermain, bekerja sama, dan belajar.
Pengalaman Bermain
Siswa menceritakan pengalaman
mereka ketika bermain bersama teman dan menuliskannya pada buku siswa.
Guru memberi penekanan tentang
cara bersikap ketika berinteraksi dan bermain dengan orang yang berbeda-beda.
Kemudian guru membahas beberapa tulisan siswa yang bisa dijadikan sebagai
bahan diskusi.
Bentuk Geometri
Siswa mengamati bentuk geometri
yang terdapat pada buku siswa dan mengerjakan tugas pada buku siswa.
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas 4 siswa. Disarankan setiap kelompok berisikan
siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.
Guru melakukan observasi dan
mencatat hasilnya di lembar pengamatan.
Setiap kelompok dibagikan satu set
bentuk (terdiri atas 10 bentuk yang sama): persegi, segitiga sama sisi, segi
lima, segi enam dan memberi kesempatan kepada mereka untuk membuat bentuk
baru.
Secara klasikal, guru membahas
bentuk-bentuk yang dihasilkan kelompok dan bertanya bentuk mana yang saling
menumpuk, memiliki celah atau sebaliknya.
Siswa diberi kesempatan untuk
berdiskusi dan menebak nama bentuk baru yang dihasilkan.
|
150 menit
|
Penutup
|
Siswamelakukanperenungantentangkegiatanpembelajaranhariini.
Siswamenuliskanhal-hal yang telahmerekapelajari, kesulitan yang merekaalami,
sertahal lain apa yang inginmerekapelajarilebihlanjut. Guru
mengajaksiswauntukmendiskusikanperenungandenganmengajaksiswamembacakanjawabanmereka.
Siswadiberikankesempatanberbicara/bertanyadanmenambahkaninformasidarisiswalainnya.
Guru menyampaikan pesan moral
untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.Tugas:
Bersama orang tua, siswa diminta untuk menggambar pengubinan yang ditemukan
dirumah atau sekitarnya. Produk siswa harus dikumpulkan untuk dipajang.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Salam dan do’a
penutup.
Pengayaan
Siswa membuat pengubinan dengan
menggunakan bentuk geometri yang berbeda di kertas
berpetak (1 cm).
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada
siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahamipengubinan. Kegiatan ini
dapat dilakukan secara kelompok atau secara individu. Guru menyiapkan
bentuk-bentuk geometri dari kertas dan menyiapkan kertas berpetak untuk
latihan.
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Buku Quadra kelas 4 penerbit PT Quadra Inti Solusi
·
Video /slide /gambar
tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
G.
PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilaian Proses
·
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
b.
PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- InstrumenPenilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
KepalaSekolah,
Eria
Apriyani, S.T.P, M.Pd
|
Bojonggede, 11 Agustus 2014
Wali Kelas 4B,
Liska Dewi Rahayu
|
Comments
Post a Comment