RPP KURTILAS KELAS 4 SD, INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan     :  SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                          :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
                        Sub Tema                  :  Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke       :  1
Alokasiwaktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingintahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan  benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan  pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas danlogisdansistematis, dalamkarya yang estetisdalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

PPKn
3.4   Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3   Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Matematika
3.5   Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.2   Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu.

PJOK
3.2   Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.1   Mempraktikkan kombinasi gerak dasar untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional.


C.    INDIKATOR

Matematika
·         Membedakan segi banyak dan bukan segi banyak.
·         Mengidentifikasi sudut-sudut yang ada dalam bangun datar dan mengukur besar sudutnya.

PKn
·         Menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman
·         Menceritakan pengalaman bermain dengan tema berbeda-beda.

PJOK
·         Mempraktikkan permainan tradisional engklek.

D.    TUJUAN
·         Setelah mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna bersatu dalam keberagaman dengan rinci.
·         Dengan diskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman bermain dengan teman yang berbeda-beda dengan bahasa yang runtut.
·         Setelah bereksplorasi dengan gambar, siswa mampu membedakan antarbangun segibanyak berdasarkan ciri-cirinya dengan benar.
·         Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu membedakan pengubinan dan bukan pengubinan dengan benar.
·         Setelah mengamati contoh, siswa mampu merancang pengubinan dengan teknik yang benar.
·         Setelah membaca teks, diskusi, dan simulasi, siswa mampu mempraktikkan permainan tradisional engklek dengan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, dan lompat dengan teknik dan aturan yang benar.


E.     MATERI
·         Pengalaman Bermain.
·         Bentuk Geometri.
·         Permainan Engklek.
·         Model engklek Kreasi Siswa. (Informasi tentang Fahombo Batu.)

F.      PENDEKATAN & METODE
·         Pendekatan      : Scientific
·         Strategi            : Cooperative Learning
·         Teknik             : Example Non Example
·         Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks pada buku siswa dan menjawab pertanyaan.
Ketika siswa menjawab pertanyaan, guru berkeliling untuk memberikan motivasi, membantu siswa yang membutuhkan, atau memberikan pertanyaan tambahan untuk menggali pemahaman siswa lebih jauh, yaitu dengan menanyakan pertanyaan berkesinambungan dari pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
Siswa diberi kesempatan untuk berbagi jawaban secara berpasangan.
Guru memberi penguatan tentang makna Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menyampaikan bahwa meskipun kita berasal dari suku dan budaya yang berbeda, namun hal tersebut tidak menghalangi kita untuk bermain, bekerja sama, dan belajar.
Pengalaman Bermain
Siswa menceritakan pengalaman mereka ketika bermain bersama teman dan menuliskannya pada buku siswa.
Guru memberi penekanan tentang cara bersikap ketika berinteraksi dan bermain dengan orang yang berbeda-beda. Kemudian guru membahas beberapa tulisan siswa yang bisa dijadikan sebagai bahan diskusi.
Bentuk Geometri
Siswa mengamati bentuk geometri yang terdapat pada buku siswa dan mengerjakan tugas pada buku siswa.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 siswa. Disarankan setiap kelompok berisikan siswa yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.
Guru melakukan observasi dan mencatat hasilnya di lembar pengamatan.
Setiap kelompok dibagikan satu set bentuk (terdiri atas 10 bentuk yang sama): persegi, segitiga sama sisi, segi lima, segi enam dan memberi kesempatan kepada mereka untuk membuat bentuk baru.
Secara klasikal, guru membahas bentuk-bentuk yang dihasilkan kelompok dan bertanya bentuk mana yang saling menumpuk, memiliki celah atau sebaliknya.
Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dan menebak nama bentuk baru yang dihasilkan.

150 menit
Penutup
Siswamelakukanperenungantentangkegiatanpembelajaranhariini. Siswamenuliskanhal-hal yang telahmerekapelajari, kesulitan yang merekaalami, sertahal lain apa yang inginmerekapelajarilebihlanjut. Guru mengajaksiswauntukmendiskusikanperenungandenganmengajaksiswamembacakanjawabanmereka. Siswadiberikankesempatanberbicara/bertanyadanmenambahkaninformasidarisiswalainnya. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.Tugas: Bersama orang tua, siswa diminta untuk menggambar pengubinan yang ditemukan dirumah atau sekitarnya. Produk siswa harus dikumpulkan untuk dipajang.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Siswa membuat pengubinan dengan menggunakan bentuk geometri yang berbeda di kertas
berpetak (1 cm).
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahamipengubinan. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau secara individu. Guru menyiapkan bentuk-bentuk geometri dari kertas dan menyiapkan kertas berpetak untuk latihan.
15 menit


H.       SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Buku Quadra kelas 4 penerbit PT Quadra Inti Solusi
·         Video /slide /gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.


G.    PENILAIAN

  1. ProsedurPenilaian
a.      Penilaian Proses
·         Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. InstrumenPenilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.




Mengetahui
KepalaSekolah,



Eria Apriyani, S.T.P, M.Pd

Bojonggede, 11 Agustus 2014
Wali Kelas 4B,



Liska Dewi Rahayu


Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD