RPP KURTILAS KELAS 4 SD, INDAHNYA KEBERSAMAAN SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN KE 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan     :  SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                           :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
                        Sub Tema                  :  KeberagamanBudayaBangsaku (Sub Tema 2)
Pembelajaranke       :  4
Alokasiwaktu            : 1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia
3.5    Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5    Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

PPKn
3.4    Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3    Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat


C.    INDIKATOR

Bahasa Indonesia
-          Melakukan dugaan tentang arti kosa kata baru yang terdapat dalam teks,
-          Membuat kalimat berdasarkan kosa kata baru yang ditemukan dalam teks situs sejarah Trowulan.
PPKn
-          Menjelaskan makna dan pentingpersatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat,
-          Menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat secara berkelompok.


D.    TUJUAN
-          Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat secara runtut.
-          Secara berkelompok, siswa mampu menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
-          Setelah membaca teks, siswa mampu menduga/memperkirakan arti kosakata baku yang belum mereka ketahui artinya dengan benar.
-          Siswa mampu membuat kalimat berdasarkan kosakata baku yang ditemukan dalam teks situs Trowulan.

E.     MATERI
-          Sapu lidi.
-          Skenario drama tentang ‘Bersatu dalam Keberagaman’.
-          Situs Bersejarah: Trowulan
-          Kosakata teks “Trowulan”.
-          Kamus bahasa Indonesia.

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan            : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah



G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
-          Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10  menit
Inti
-          Siswa membaca teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan dan kesatuan pada buku siswa.
-          Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri atas 6-8 orang.
-          Setiap kelompok diminta membuat skenario drama tentang ‘Bersatu dalam Keberagaman’.
-          Siswa ditugaskan untuk membuat drama sesuai fokus yang telah ditentukan.
-          Siswa berlatih terlebih dahulu dalam kelompok sebelum tampil.
-          Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa Situs Bersejarah
-          Siswa membaca teks dan mengamati gambar tentang situs Trowulan.
-          Siswa menjawab pertanyaan.
Kosakata
-          Siswa mencari kosakata baru sebanyak mungkin dari teks Trowulan dan memprediksi arti kata tersebut.
-          Siswa mencocokkan jawaban dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia.
-          Siswa membuat kalimat berdasarkan kosakata tersebut.
150 menit
Penutup
-          Siswa melakukan perenungan tentangkegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, sertahal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
-          Guru mengajak siswa untuk  mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan  jawaban mereka.
-          Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
-          Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.
-          Tugas: Siswa memberikan contoh tentang sikap persatuan dan kerja sama yang dilakukan dirumah dan mendiskusikan dengan orang tua.
-          Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.

Pengayaan
-          Siswa mencari informasi tentang situs bersejarah lainnya dari berbagai sumber: bukubacaan, internet, atau orang sekitar mereka.
Remedial
-Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang tingkat pemahaman bacaannya rendah(hanya dapat menjawab 50% atau kurang dari pertanyaan yang diberikan). Selain itusiswa perlu melakukan kegiatan untuk memperkaya kosakata. Kegiatan ini berlangsungsetelah jam sekolah selama 30 menit. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.
1) Guru meminta siswa membaca dari bacaan yang sama, kemudian guru memintasiswa membaca 1 kalimat. Guru memberi pertanyaan terkait kalimat tersebut.

2) Hal yang sama dilakukan untuk kalimat selanjutnya.
3) Apabila semua bahan bacaan selesai dibaca, siswa diminta untuk menuliskan bahan bacaan dengan kalimatnya sendiri.

15    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Buku Kurikulum 2013 Quadra.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/gambartentangKeberagamanBudayaBangsaIndonesia.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. InstrumenPenilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.









b.      PenilaianHasilBelajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esaiatauuraian


       




Mengetahui
KepalaSekolah,



Eria Apriyani S.T.P,M.Pd

             Bogor, 14 Agustus 2014

              Guru/Wali Kelas 4B,



               Liska Dewi Rahayu










Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD