RPP KURTILAS KELAS 4 SD, INDAHNYA KEBERSAMAAN SUB TEMA 2 PEMBELAJARAN KE 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : KeberagamanBudayaBangsaku
(Sub Tema 2)
Pembelajaranke : 4
Alokasiwaktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
C.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
-
Melakukan dugaan tentang arti kosa kata
baru yang terdapat dalam teks,
-
Membuat kalimat berdasarkan kosa kata baru
yang ditemukan dalam teks situs sejarah Trowulan.
PPKn
-
Menjelaskan makna dan pentingpersatuan
dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat,
-
Menampilkan drama tentang makna dan
pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat secara
berkelompok.
D.
TUJUAN
-
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan makna dan pentingnya persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan
masyarakat secara runtut.
-
Secara berkelompok, siswa mampu
menampilkan drama tentang makna dan pentingnya persatuan
dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
-
Setelah membaca teks, siswa mampu
menduga/memperkirakan arti kosakata baku
yang
belum mereka ketahui artinya dengan benar.
-
Siswa mampu membuat kalimat berdasarkan
kosakata baku yang ditemukan dalam
teks
situs Trowulan.
E.
MATERI
-
Sapu lidi.
-
Skenario
drama tentang ‘Bersatu dalam Keberagaman’.
-
Situs Bersejarah: Trowulan
-
Kosakata teks “Trowulan”.
-
Kamus
bahasa Indonesia.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing,
dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
-
Siswa
membaca teks dan melakukan simulasi tentang makna persatuan dan kesatuan pada
buku siswa.
-
Siswa
bekerja dalam kelompok yang terdiri atas 6-8 orang.
-
Setiap
kelompok diminta membuat skenario drama tentang ‘Bersatu dalam Keberagaman’.
-
Siswa
ditugaskan untuk membuat drama sesuai fokus yang telah ditentukan.
-
Siswa
berlatih terlebih dahulu dalam kelompok sebelum tampil.
-
Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa Situs Bersejarah
-
Siswa
membaca teks dan mengamati gambar tentang situs Trowulan.
-
Siswa
menjawab pertanyaan.
Kosakata
-
Siswa
mencari kosakata baru sebanyak mungkin dari teks Trowulan dan memprediksi
arti kata tersebut.
-
Siswa
mencocokkan jawaban dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia.
-
Siswa
membuat kalimat berdasarkan kosakata tersebut.
|
150 menit
|
Penutup
|
-
Siswa melakukan perenungan
tentangkegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka
pelajari, kesulitan yang mereka alami, sertahal lain apa yang ingin mereka pelajari
lebih lanjut.
-
Guru mengajak siswa
untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak
siswa membacakan jawaban mereka.
-
Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
-
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam
keberagaman berbangsa.
-
Tugas:
Siswa memberikan contoh tentang sikap persatuan dan kerja sama yang dilakukan
dirumah dan mendiskusikan dengan orang tua.
-
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Salam dan do’a
penutup.
Pengayaan
-
Siswa
mencari informasi tentang situs bersejarah lainnya dari berbagai sumber:
bukubacaan, internet, atau orang sekitar mereka.
Remedial
-Kegiatan remedial diberikan kepada
siswa yang tingkat pemahaman bacaannya rendah(hanya dapat menjawab 50% atau
kurang dari pertanyaan yang diberikan). Selain itusiswa perlu melakukan
kegiatan untuk memperkaya kosakata. Kegiatan ini berlangsungsetelah jam
sekolah selama 30 menit. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.
1) Guru meminta siswa membaca dari
bacaan yang sama, kemudian guru memintasiswa membaca 1 kalimat. Guru memberi
pertanyaan terkait kalimat tersebut.
2) Hal yang sama dilakukan untuk
kalimat selanjutnya.
3) Apabila semua bahan bacaan
selesai dibaca, siswa diminta untuk menuliskan bahan bacaan dengan kalimatnya
sendiri.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Buku Kurikulum 2013 Quadra.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/gambartentangKeberagamanBudayaBangsaIndonesia.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- InstrumenPenilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
PenilaianHasilBelajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esaiatauuraian
Mengetahui
KepalaSekolah,
Eria
Apriyani S.T.P,M.Pd
|
Bogor, 14 Agustus 2014
Guru/Wali Kelas 4B,
Liska Dewi Rahayu
|
Comments
Post a Comment