RPP KURTILAS KELAS 4 SD, INDAHNYA KEBERSAMAAN TEMA 1 PEMBELAJARAN KE 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SDIT
NAHWA NUR
Kelas / Semester :
4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke :
2
Alokasiwaktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anaksehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
3.2 Menggali
informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta
kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3 Mengolah
dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta
kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPS
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
C.
INDIKATOR
·
Bahasa
Indonesia
-
Menggali informasi berdasarkan teks
wawancara dengan diskusi
-
Melakukan wawancara kepada masyarakat
sekitar dengan menggunakan daftar pertanyaan
-
Menuliskan laporan tentang hasil
wawancara berdasarkan data yang telah dikumpulkan
·
IPS
-
Menceritakan tentang berbagai jenis
pekerjaan dan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni
(cenderamata) masyarakat sekitar
D.
TUJUAN
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
merancang pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk menggali informasi tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan yang berkaitan dengan seni di wilayah setempat.
·
Setelah membaca teks, siswa mampu
melakukan wawancara untuk menggali informasi
secara
rinci.
·
Setelah melakukan wawancara, siswa mampu
menulis laporan tentang hasil wawancara
secara
rinci.
·
Berdasarkan data hasil wawancara, siswa
mampu menceritakan tentang berbagai jenis
pekerjaan
dan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata)
masyarakat
sekitar secara rinci.
E.
MATERI
-
Merancang
Kalimat Tanya.
-
Teks
wawancara.
-
Gambar
(benda aslinya) berbagai cenderamata
khas daerah.
-
Rancangan
daftar pertanyaan.
-
Sopan-santun
dan etika ketika melakukan wawancara.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian
1-9. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompakdanlagu yang
relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Merancang Kalimat
Tanya
Sebelumnya siswa telah belajar
tentang teks wawancara dan pada pertemuan ini diingatkan kembali ciri-ciri
dari teks tersebut karena mereka akan mendesain pertanyaan untuk digunakan
saat wawancara.
Guru membawa gambar (apabila
memungkinkan membawa benda aslinya) berbagai
cenderamata khas daerah dan
melakukan curah pendapat dengan siswa mengenai asal daerah, gambaran dari
cenderamata, manfaat cenderamata bagi daerah asal dan pembeli.
Siswa menyiapkan daftar pertanyaan
untuk melakukan wawancara sesuai petunjuk yang
terdapat dalam buku siswa.
Pertanyaan dibuat dalam bentuk peta pikiran. Pertanyaan
meliputi:
−− produk yang dihasilkan
−− jumlah orang yang bekerja
−− lamanya bekerja
−− biaya yang dibutuhkan untuk
menghasilkan cenderamata
−− keuntungan yang dihasilkan
−− alasan pemilihan bentuk
−− cara bekerja pembeli (dari mana,
jumlah)
|
150 menit
|
|
||
|
||
|
||
Penutup
|
Siswamelakukanperenungantentangkegiatanpembelajaranhariini.
Siswamenuliskanhal-hal yang telahmerekapelajari, kesulitan yang merekaalami, sertahal
lain apa yang inginmerekapelajarilebihlanjut. Guru
mengajaksiswauntukmendiskusikanperenungandenganmengajaksiswamembacakanjawabanmereka.
Siswadiberikankesempatanberbicara/bertanyadanmenambahkaninformasidarisiswalainnya.
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam
keberagaman berbangsa.
Tugas: Siswa dan orang tua
mendiskusikan satu cenderamata yang mereka miliki.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Peningkatan kualitas pertanyaan
dengan cara mengkaji pertanyaan yang jawabannya tidakmemuaskan dan kemudian
menambahkan pengantar atau ilustrasi sehingga jawaban
sesuai harapan.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada
siswa yang belum terampil dalam merancang pertanyaandengan tepat (jenis pertanyaan
sangat terbatas). Guru membantu siswa mempraktikkan
pertanyaan yang telah dirancang
dan memberikan masukan yang diperlukan. Kegiatan iniberlangsung setelah jam
sekolah selama 30 menit atau pada waktu lain yang memungkinkan.
|
15
enit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 danBukuSiswaTema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku tematik kurikulum 2013 Quadra.
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
I.
PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran
sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- InstrumenPenilaian
a.
Penilaian Proses
1)
PenilaianKinerja.
2)
PenilaianProduk.
b.
PenilaianHasilBelajar
·
Pilihanganda.
·
Isiansingkat.
·
Esaiatauuraian.
Mengetahui
KepalaSekolah,
Eria
Apriyani, S.T.P, M.Pd
|
Bojonggede, 12 Agustus 2014
Wali Kelas 4B,
Liska Dewi Rahayu
|
|
|
Comments
Post a Comment