RPP KURTILAS KELAS 4 SD, INDAHNYA KEBERSAMAAN TEMA 1 PEMBELAJARAN KE 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan     :  SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                           :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
                        Sub Tema                  :  Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke       :  2
Alokasiwaktu             : 1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anaksehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia
3.2   Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3   Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

IPS
3.5   Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5   Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.


C.    INDIKATOR

·         Bahasa Indonesia
-          Menggali informasi berdasarkan teks wawancara dengan diskusi
-          Melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar dengan menggunakan daftar pertanyaan
-          Menuliskan laporan tentang hasil wawancara berdasarkan data yang telah dikumpulkan

·         IPS
-          Menceritakan tentang berbagai jenis pekerjaan dan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata) masyarakat sekitar



D.    TUJUAN
·         Setelah berdiskusi, siswa mampu merancang pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk menggali informasi tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan yang berkaitan dengan seni di wilayah setempat.
·         Setelah membaca teks, siswa mampu melakukan wawancara untuk menggali informasi
secara rinci.
·         Setelah melakukan wawancara, siswa mampu menulis laporan tentang hasil wawancara
secara rinci.
·         Berdasarkan data hasil wawancara, siswa mampu menceritakan tentang berbagai jenis
pekerjaan dan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata)
masyarakat sekitar secara rinci.

E.     MATERI
-          Merancang Kalimat Tanya.
-          Teks wawancara.
-          Gambar (benda aslinya) berbagai cenderamata khas daerah.
-          Rancangan daftar pertanyaan.
-          Sopan-santun dan etika ketika melakukan wawancara.

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah


G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Merancang Kalimat Tanya
Sebelumnya siswa telah belajar tentang teks wawancara dan pada pertemuan ini diingatkan kembali ciri-ciri dari teks tersebut karena mereka akan mendesain pertanyaan untuk digunakan saat wawancara.
Guru membawa gambar (apabila memungkinkan membawa benda aslinya) berbagai
cenderamata khas daerah dan melakukan curah pendapat dengan siswa mengenai asal daerah, gambaran dari cenderamata, manfaat cenderamata bagi daerah asal dan pembeli.
Siswa menyiapkan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara sesuai petunjuk yang
terdapat dalam buku siswa. Pertanyaan dibuat dalam bentuk peta pikiran. Pertanyaan
meliputi:
−− produk yang dihasilkan
−− jumlah orang yang bekerja
−− lamanya bekerja
−− biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan cenderamata
−− keuntungan yang dihasilkan
−− alasan pemilihan bentuk
−− cara bekerja pembeli (dari mana, jumlah)
150 menit



Penutup
Siswamelakukanperenungantentangkegiatanpembelajaranhariini. Siswamenuliskanhal-hal yang telahmerekapelajari, kesulitan yang merekaalami, sertahal lain apa yang inginmerekapelajarilebihlanjut. Guru mengajaksiswauntukmendiskusikanperenungandenganmengajaksiswamembacakanjawabanmereka. Siswadiberikankesempatanberbicara/bertanyadanmenambahkaninformasidarisiswalainnya. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.
Tugas: Siswa dan orang tua mendiskusikan satu cenderamata yang mereka miliki.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Peningkatan kualitas pertanyaan dengan cara mengkaji pertanyaan yang jawabannya tidakmemuaskan dan kemudian menambahkan pengantar atau ilustrasi sehingga jawaban
sesuai harapan.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum terampil dalam merancang pertanyaandengan tepat (jenis pertanyaan sangat terbatas). Guru membantu siswa mempraktikkan
pertanyaan yang telah dirancang dan memberikan masukan yang diperlukan. Kegiatan iniberlangsung setelah jam sekolah selama 30 menit atau pada waktu lain yang memungkinkan.
15    enit



H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 danBukuSiswaTema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku tematik kurikulum 2013 Quadra.
·         Buku Pengembangan Diri Anak.

I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian

a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. InstrumenPenilaian
a.      Penilaian Proses
1)   PenilaianKinerja.
2)   PenilaianProduk.
b.      PenilaianHasilBelajar
·       Pilihanganda.
·       Isiansingkat.
·       Esaiatauuraian.



Mengetahui
KepalaSekolah,



Eria Apriyani, S.T.P, M.Pd

Bojonggede, 12 Agustus 2014
Wali Kelas 4B,



Liska Dewi Rahayu








Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD