RPP MATEMATIKA KELAS 6 SD SEMESTER 1, RPP JSIT



SDIT Nahwa Nur
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Semester                             :   I (Satu)
Pertemuan Ke-                  :   1-6
Alokasi Waktu                   :   10 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

C.    Indikator
-          Spiritual : Meningkatkan keimanan kepada Allah atas ciptaan-Nya yang ada dilangit dan dibumi.
-          Sikap: timbulnya sikap tekun dan bertanggung jawab.
-          Pengetahuan:
·                 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
·                Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih
·                Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dua bilangan atau lebih
·                Memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung
-          Keterampilan : Berdiskusi tentang operasi hitung campuran, FPB, dan KPK 

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·        Dengan mentadabburi Q.S. Al-Mulk:3, dan Q.S. Alkahfi: 25 siswa dapat mengetahui jumlah penciptahan Allah dan perhitungan waktu.
·        Melakukan pekerjaan hitung campuran
·        Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan


v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respet,)
 Tekun (diligence),  dan 
Tanggung jawab (responsibility)

E. Materi Ajar
·      Operasi Hitung Bilangan  Bulat
·        Sifat-Sifat Operasi Hitung
·        Pengerjaan Hitung Campuran
·        Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK

F. Metode Pembelajaran
games, diskusi, penugasan, ceramah.

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-      Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Guru mengajak peserta didik mentadabburi Q.S. Al Mulk:3.
§  Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat.
·     Elaborasi
§  Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
§  Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.


Pertemuan ke 2
·        Kegiatan Awal
-      Guru melakukan motivasi kepada peserta didik
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.
·     Elaborasi
§  Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
§  Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 3
·        Kegiatan Awal
-      Guru melakukan motivasi kepada peserta didik

·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.
·     Elaborasi
§  Melakukan ceramah guru menjelaskan tentanf operasi hitung campurab tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
§  Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 4
·        Kegiatan Awal
-      Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-      Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Guru bertanya jawab kepada siswa mengenai penggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih
·     Elaborasi
§  Melalui ceramah guru menjelaskan tentang pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih,
§  Melalui pemberian tugas siswa dapat mengerjakan pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
§  Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
§  Merefleksi proses dan hasil belajar.

Pertemuan ke 5
·        Kegiatan Awal
-      Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-      Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Guru bertanya jawab kepada siswa mengenai penggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih
·     Elaborasi
§  Melalui ceramah guru menjelaskan tentang pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih,
§  Melalui pemberian tugas siswa dapat mengerjakan pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
§  Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
§  Merefleksi proses dan hasil belajar.

Pertemuan ke 6
·        Kegiatan Awal
-      Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-      Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Guru bertanya jawab kepada siswa dalam memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung
·     Elaborasi
§  Melalui ceramah guru menjelaskan tentang memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
§  Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
§  Merefleksi proses dan hasil belajar.


H.Alat/Sumber Belajar
·        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .


I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Melakukan pekerjaan hitung campuran

o  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

Tugas Individu

Laporan buku pekerjaan rumah

o  Coba kalian simpulkan definisi bilangan bulat!
o  Tuliskan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat!
o  Tuliskan kegiatan kalian selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif!
o  Carikanlah Faktor Prima Suatu Bilangan
o  4.655 + 3.561 = ....
o  454 x 235 = ...


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.








                                                                                                Bojonggede,    Juli 2016
       
Guru Kelas VI A                                                                               Guru Kelas VI B



Fika Sukawati, S.Pd                                                             Liska Dewi Rahayu, S.Pd




Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.


















SDIT Nahwa Nur
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-3
Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar :
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik

C.    Indikator :
-          Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
-          Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
-          Pengetahuan :  Menguraikan arti bilangan pangkat tiga.
                           Menentukan hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
                           Membedakan bilangan kubik dengan bukan bilangan kubik.
-          Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·      Siswa dapat mentadabburi Q.S. 54:49, “Sungguh, Kami menciptakan sesuatu menurut ukuran”.
·        Melalui ceramah siswa dapat menguraikan arti bilangan pangkat tiga.
·        Melalui diskusi siswa dapat menentukan hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
·        Melaui games siswa dapat membedakan bilangan kubik dengan bukan bilangan kubik.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility )

E.Materi Ajar
·        Arti Akar Pangkat Tiga
·        Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan
·        Membedakan bilangan Kubik dan bukan bilangan kubik.

F.Metode Pembelajaran
ceramah, diskusi, dan games

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
-      Mentadabburi Q.S :54:49
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui Ceramah guru menjelaskan teori bilangan kubik dan memberikan contoh perhitungannya.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§  Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan bilangan kubik.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan 2
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui diskusi siswa dapat menentukan hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§  Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan bilangan kubik.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan 3
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melaui games siswa dapat membedakan bilangan kubik dengan bukan bilangan kubik.

·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§  Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan bilangan kubik.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.


H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6.

I.,Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan

Tes

essay
o  163 = ... x ... x ... = ....
o   ....


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
Bojonggede,    Juli 2016
       
Guru Kelas VI A                                                                                Guru Kelas VI B



Fika Sukawati, S.Pd                                                                         Liska Dewi Rahayu, S.Pd




Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SDIT Nahwa Nur
( RPP )

Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat tiga.

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menentukan luas permukaan bangun datar persegi
·         Menghitung volume bangun ruang kubus
·         Mengerjakan soal cerita yang berhubungan dengan akar dan pangkat             
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·      Siswa dapat mentadabburi Q.S. 54:49, “Sungguh, Kami menciptakan sesuatu menurut ukuran”.
·        Melalui ceramah, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
·        Melalui diskusi, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility )

E.Materi Ajar
·        Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

F.Metode Pembelajaran
percobaan, diskusi, dan latihan




G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari sebelumnya.
-      Siswa mentadabburi Q.S. 54: 49
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui ceramah, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan perhitungan akar pangkat tiga.
§  Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.
§  Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar pangkat tiga.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari sebelumnya.
-      Siswa mentadabburi Q.S. 54: 49
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui diskusi, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan perhitungan akar pangkat tiga.
§  Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.
§  Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar pangkat tiga.

·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .Pusat Perbukuan Depdiknas


I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung operasi pada bilangan berpangkat
Tes

essay
o  163 + 123 = ....
o  283 : 73 = ....
o 
o  dst.


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
















 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.







                                                                                                            Bojonggede,    Juli 2016
       
Guru Kelas VI A                                                                               Guru Kelas VI B



Fika Sukawati, S.Pd                                                                         Liska Dewi Rahayu, S.Pd




Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.



























SDIT Nahwa Nur
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
2.  Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
2.1  Mengenal satuan debit

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menentukan hubungan antar satuan waktu,volume dan debit
·         Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan pengukuran
·         Menghitung volume air yang tertampung dalam waktu tertentu  
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.


D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·        Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62 “Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
·        Melalui ceramah dan observasi siswa mengenal satuan debit dan dapat menentukan hubungan antarsatuan: waktu, volum, kecepatan, dan debit.
·        Melalui ceramah dan penugasan siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan debit.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility )
E.Materi Ajar
Pengukuran, satuan waktu, volume, dan debit.

F.Metode Pembelajaran
Percobaan, observasi, dan latihan

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
      1.Kegiatan Awal
·   Memberikan motivasi.
·   Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
·   Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62 “Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
       2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Melalui ceramah dan observasi siswa mengenal satuan debit dan dapat menentukan hubungan antarsatuan: waktu, volum, kecepatan, dan debit.
·     Elaborasi
§  Melakukan percobaan dan observasi terhadap air keran yang masuk pada tabung ukur, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat mengenal dan menentukan satuan debit
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2
      1.Kegiatan Awal
·   Memberikan motivasi.
·   Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
·   Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62 “Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
       2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Melalui ceramah dan penugasan siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan debit.
·     Elaborasi
§  Siswa mengerjakan soal dan  berdiskusi yang berkaiatan dengan operasi hitung melibatkan tuan debit.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.


H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .

I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung hubungan jam, menit dan detik
Tes

performance, kinerja dan lembar soal
o  Jika volum sebuah tabung 3.850 m3 dapat terisi penuh oleh air selama 70 menit. Berapakah debit airnya?
o  dst.

Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.






Bojonggede,    Juli 2016
       
Guru Kelas VI A                                                                   Guru Kelas VI B



Fika Sukawati, S.Pd                                                             Liska Dewi Rahayu, S.Pd.


Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SDIT Nahwa Nur
( RPP )

Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
2.  Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
2.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menghitung debit air dalam waktu yang ditentukan
·         Mengubah satuan debit
·         Mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan debit
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·         Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun : 18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya”.
·         Melalui ceramah dan diskusi siswa dapat megubah satuan debit, dan menghitung debit air dalam waktu yang ditentukan.
·         Melalui diskusi siswa dapat mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan debit.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Pengukuran

F.Metode Pembelajaran
Diskusi, ceramah dan latihan

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
   1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
3)      Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun : 18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya”.
   2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui ceramah siswa dapat megubah satuan debit, dan menghitung debit air dalam waktu yang ditentukan.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
   3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2
   1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
3)      Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun : 18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya”.

   2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui diskusi siswa dapat mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan debit.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
   3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .

I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung masalah dengan rumus debit

Tes

performance, kinerja dan lembar soal
o  Sebuah tangki yang berbentuk tabung memiliki jari-jari 35 m dan tinggi 10 m. Jika debit air 70 l/jam, berapakah waktu yang diperlukan untuk mengisi setengah tabung tersebut?
dst.
Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.







                                                                                                            Bojonggede,    Juli 2016
       
Guru Kelas VI A                                                                                Guru Kelas VI B



Fika Sukawati, S.Pd                                                              Liska Dewi Rahayu, S.Pd



Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD