RPP PKN KELAS 4 SD
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit (2 pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan
pemerintah kecamatan.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan
pemerintah kecamatan.
C. Indikator
-
Spiritual : Menumbuhkan keimanan kepada Allah dan taat kepada Rasul dan Pemimpin
-
Sikap : Menumbuhkan jiwa kepemimpinan.
-
Pengetahuan :
·
Siswa dapat menjelaskan
lingkungan desa secara
Tanggung jawab (responsibility )
·
Siswa dapat menyebutkan
perangkat desa.
·
Siswa dapat menyebutkan sumber
keuangan desa
·
.Siswa dapat menjelaskan lingkungan
kelurahan.
·
Siswa dapat menyebutkan
perangkat kelurahan.
·
Siswa dapat menyebutkan sumber
keuangan kelurahan.
·
Siswa dapat menjelaskan
lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya
-
Keterampilan : Siswa dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan.
D. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mentadabburi Q.S. An-Nissa:59 “Wahai orang-orang yang
beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang
kekuasaan) diantara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu,
maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Quran) dan Rasul (Sunahnya), Jika kamu
beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu, lebih utama bagimu
dan lebih baik akibatnya”.
·
Siswa
dapat menjelaskan lingkungan desa secara Tanggung jawab ( responsibility)
·
Melalui presentasi siswa
dapat menyebutkan perangkat desa.
·
Melalui diskusi siswa
dapat menyebutkan sumber keuangan desa.
·
Siswa dapat menjelaskan lingkungan kelurahan.
Siswa dapat menyebutkan perangkat kelurahan.
Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
Siswa dapat menjelaskan lingkungan kecamatan dan
menyebutkan perangkatnya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence) , Tanggung jawab
(responsibility) Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring),
Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)
E. Materi Ajar
Desa.Kelurahan.Kecamatan.
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan tman sebangku.
Penugasan.
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan Kedua
Kegiatan Awal
Apersepsi
:
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi :
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur
sampai anak berangkat ke sekolah.
–
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup.
–
Mengajak siswa untuk
menyebutkan lingkungan pemerintahan dari tingkatan yang paling kecil (desa,
kelurahan, kecamatan, dan seterusnya) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini
dikaitkan dengan sistem pemerintahan (desa, kelurahan, dan kecamatan) yang akan
dibahas.
H.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta untuk menyebutkan tingkatan
pemerintahan yang ada di Indonesia (desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten,
kota, dan provinsi), secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), dan perhatian ( respect ),
F Guru bercerita tentang
bacaan dalam buku.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya; secara
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan memiliki nilai Kewarganegaraan (
citizenship )
F
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Bertanya jawab tentang pemerintahan dari tingkatan
pemerintahan yang paling kecil, misalnya: pemerintahan terendah ada pada desa
atau kelurahan; lalu, beberapa desa atau kelurahan digabungkan ke dalam suatu
kecamatan; lalu, beberapa kecamatan digabungkan ke dalam kota atau kabupaten;
dan seterusnya.
F Menyimak pemahaman pengertian
desa/kelurahan/kecamatan, termasuk perangkat-perangkatnya.
F Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk
menambah wawasan.
F Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui
“Pertanyaan Pemahaman”.
F Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil
pengamatan tentang materi yang dibahas setelah melakukan kunjungan-kunjungan ke
kantor instansi.
F Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang
ada dalam buku kerja/buku paket PKn
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
I.
Sumber/Bahan Belajar
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan QUADRA Karangan Hari Pramono hal 2 - 13
Orang tua.
Teman.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
J.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan lingkungan desa.
§ Menyebutkan perangkat desa.
§ Menyebutkan sumber keuangan desa
§ Menjelaskan lingkungan kelurahan.
§ Menyebutkan perangkat kelurahan.
§ Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
§ Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan
perangkatnya.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan
pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
|
§ Jelaskan tentang pembentukan desa yang kamu ketahui?
§ Sebutkan perangkat pemerintahan desa?
§ Sebutkan perangkat pemerintahan kecamatan
§ Sebutkan 3 tugas camat?
§ Jelaskan perbedaan pemerintahan desa dan kelurahan?
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Comments
Post a Comment