RPP KURTILAS KELAS 4 SD, SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN KE 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Selalu
Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema
: Macam-macam
Sumber Energi (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang
diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
SBdP
3.5 Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.4 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk
melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang
pemeliharaan panca indra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern
dan tradisional secara mandiridalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
C. INDIKATOR
IPA
-
Menjelaskan melalui tulisan laporan
tentang pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam kehidupan
SBdP
-
Mendesain kincir air dan kincir angin
sederhana menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan meningkatkan
keterampilan menggunting, melipat dan menempel berdasarkan Instruksi tertulis secara mandiri.
Bahasa Indonesia
-
Menyajikan laporan hasil percobaan dan
pengamatan tentang sumber energi angin dan air serta pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari
-
Mempraktikkan teks instruksi tentang
pembuatan kincir angin
D. TUJUAN
1. Dengan
percobaan dan pengamatan, siswa mampu membandingkan melalui tulisan tentang
manfaat energi angin dan energi air serta pemanfaatan kincir air dan kincir
angin dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan data hasil percobaan.
2. Setelah
percobaan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu menyajikan laporan
hasil percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakan kosa
kata baku dengan benar.
3. Dengan
kegiatan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu meningkatkan
4. keterampilan
menggunting, melipat, dan menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri.
E.
MATERI
-
Kertas berbentuk persegi /origami
(kertas warna, majalah/koran bekas), gelas plastic bekas, sumpit atau lidi, lem
kertas, jarum/paku payung, gunting.
-
Energi Angin dan Energi Air.
-
Perkiraan
tentang kincir angin:
a. Apa
yang membuat kincir berputar? (ditiup angin)
b. Sumber
energi apa yang bisa menggerakkan kincir itu? (angin)
c. Bentuk
energi apa yang timbul saat kincir berputar? (gerakan)
d. Apa
manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari? (untuk bermain, sebagai
benda perantara yangmerubah sumber energi angin menjadi bentukenergi gerak pada
baling-baling, dan mengakibatkanpompa bergerakmemompa air)
-
Artikel
tentang energi air dan pompa air tenaga angin.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan
Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa.Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Di awal pembelajaran, siswa diajak
mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkanlampu
tersebut lewat saklar yang ada.
Guru mengajukan pertanyaan,
(tuliskan jawaban siswa di papan tulis).
Guru mengajukan pertanyaan
terbuka: “Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah
manfaatnya?”
Siswa melakukan pengamatan pada
benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan
perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
Siswa menarik kesimpulan tentang
kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah
satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
Guru mengkonfirmasikan kesimpulan
dengan teori yang ada.
Pada Kesimpulan yang diharapkan:
-
Benda-benda
elektronik memiliki kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
-
Benda-benda
elektronik dapat menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
-
Arus
listrik merupakan salah satu bentuk energi karena menyebabkan
benda-bendaelektronik bekerja/berfungsi.
-
Arus
listrik bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan manusia.
Pemakaian energi listrik di
rumah-rumah dihitung berdasarkan banyaknya daya yang dipakai
dalam selang waktu tertentu, yang
pada umumnya dihitung tiap bulan melalui rekening listrik
yang dikeluarkan PLN. Dalam hal
ini PLN menggunakan ukuran kilo watt jam atau disingkat KWH.
Besarnya : 1 KWH = 1000 watt jam.
Pemakaian energi listrik ini dihitung berdasarkan pemakaian daya, misalnya
lampu, televisi, radio, mesin cuci dan sebagainya dalam selang waktu satu
bulan.
Andaikan kita menggunakan daya
tiap hari untuk lampu setara 50 watt, televisi, 150 watt,mesin cuci 300 watt,
maka dalam satu hari kita menggunakan daya tiap hari 500 watt, dalam30 hari
kita menggunakan energi listrik sebanyak 500 watt x 30 hari = 15000 watthari
= 15KWH. Apabila tarif energi listrik pemakaian tiap KWH Rp2000,-Jumlah dana
yang dibayarkan adalah 15 x Rp2000,- = Rp30.000,-
Sebelum mengenal sepasang ekspresi
kalimat Matematika, Siswa bereksplorasi untukmengetahui cara menghitung
operasi campuran dan mengerjakan soal latihan denganmemperhatikan sifat
operasi hitung bilangan, yaitu:
−− Operasi penjumlahan dan perkalian, lakukan operasi
perkalian terlebih dahulu.
−− Operasi pengurangan dan perkalian,
lakukan operasi perkalian terlebih dahulu.
Guru membawa beberapa contoh
buklet, informasikan bahwa teks tersebut bernama“buklet/pamflet” tunjukkan
pada siswa dan minta siswa untuk mengamati buklet tersebut.
Siswa berkreasi membuat buklet
yang berisi informasi tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui.
Siswa bisa menggunakan data hasil
pengamatan pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi membuat buklet
mereka.
Siswa
menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
|
150menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa menuliskan refleksi dari
kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang
paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
Hal baik apa yang dapat kamu
terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu
menerapkannya.
Guru menyampaikan pesan moral
untuk Selalu Berhemat Energi.
Tugas: Siswa diberi tugas mencari
kegunaan benda-benda elektronik yang ada di rumah.Menuliskan sumber energi
dan perubahan energi yang terjadi saat benda bekerja.
Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Buklet yang dihasilkan siswa dapat
dikomunikasikan kepada kakak atau adik kelassaat istirahat. Siswa harus
menerangkan isi buklet tersebut.
Remedial
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Buku Kurikulum 2013 Quadra
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambartentangMacam-macam
Sumber Energi.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Eria Apriyani
S.T.P,M.Pd
|
Bogor,
Guru/Wali Kelas
4B,
Liska Dewi
Rahayu
|
|
|
Comments
Post a Comment