RPP KURTILAS KELAS 4 SD, TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN PEMBELAJARAN KE 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester :
4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : KeberagamanBudayaBangsaku
(Sub Tema 2)
Pembelajaranke : 3
Alokasiwaktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.5 Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan
dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4 Menyajikan hasil percobaan atau observasi
tentang bunyi.
Matematika
3.5 Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun
tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.2 Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak
beraturan tertentu.
SBdP
3.2 Mengenal
gambar alam benda, dan kolase
4.3 Menggambar model benda kesukaan berdasarkan
pengamatan langsung
C.
INDIKATOR
IPA
-
Menulis laporan berdasarkan hasil percobaan
dengan melengkapi tabel,
-
Membuat peta pikiran tentang indra
Pendengar.
Matematika
-
Merancang pengubinan
SBdP
-
Merancang hasil seni kreatif tentang
Pengubinan
D.
TUJUAN
-
Setelah melakukan percobaan, siswa mampu
menuliskan laporan berdasarkan dengan melengkapi tabel secara rinci.
-
Setelah membaca teks dan diskusi kelas,
siswa mampu membuat peta pikiran tentang
indra
pendengar dengan benar.
-
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi,
siswa mampu merancang pengubinan
dengan
teknik yang benar.
-
Berdasarkan instruksi, siswa mampu
merancang seni kreatif tentang pengubinan dengan teknik
yang benar.
E.
MATERI
-
Pensil warna, penggaris, sendok,
mangkuk, kaleng, sapu tangan, kapas.
-
Tempat
bunyi berada.
-
Peta
pikiran tentang indra pendengar.
-
Gambar
ukiran tradisional.
-
Pengubinan.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompakdanlagu yang
relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Di Manak ah Bunyi?
Siswa
melakukan percobaan untuk mengetahui tempat bunyi berada sesuai instruksi
yang terdapat pada buku siswa.
Peta
Pikiran
Siswa
bekerja sama dalam kelompoknya untuk membuat peta pikiran tentang indra
pendengar dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
Guru
menyampaikan kepada siswa bahwa selain indra pendengar, Tuhan Yang Maha
Esa juga
menganugerahkan kepada kita indra penglihat. Kita dapat melihat keindahan
ciptaan
Tuhan dan keindahan hasil karya manusia.
Siswa
mengamati gambar ukiran tradisional yang terdapat pada buku siswa.
Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
Siswa
merancang pengubinan sesuai dengan instruksi yang tertera pada buku siswa.
Siswa
mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa dan mengerjakan tugas sesuai
instruksi.
Siswa
menulis perenungan pada buku siswa.
Di Manakah
Bunyi?
|
150 menit
|
Penutup
|
Siswamelakukanperenungantentangkegiatanpembelajaranhariini.
Siswamenuliskanhal-hal yang telahmerekapelajari, kesulitan yang merekaalami,
sertahal lain apa yang inginmerekapelajarilebihlanjut. Guru
mengajaksiswauntukmendiskusikanperenungandenganmengajaksiswamembacakanjawabanmereka.
Siswadiberikankesempatanberbicara/bertanyadanmenambahkaninformasidarisiswalainnya.
Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai
kebersamaan
dalam keberagaman berbangsa.
Tugas:
Siswa mengajak orang tua menemukan dan mengamati pengubinan yang ada di
sekitar rumah dan mendiskusikannya. Siswa menggambar pengubinan yang
ditemukan dan diperlihatkan kepada guru.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa
diminta menganyam dengan motif pengubinan.
Remedial
Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang melakukan dengan tepat 50% dari target
yang diberikan ketika membuat peta pikiran. Kegiatan ini berlangsung setelah
jam sekolah
selama 30
menit. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1) Siswa
diberi peta pikiran kosong dan mengisi topik yang akan dibahas dilingkaran
tengah.
2) Siswa
mengisi lingkaran berikutnya. Guru mengajukan pertanyaan untukmemancing
pengetahuan siswa.
3) Lakukan
hal yang sama untuk lingkaran berikutnya.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Buku Kurikulum 2013 Quadra.
·
Sumber Motivasi /Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/gambartentangKeberagamanBudayaBangsaIndonesia.
I.
PENILAIAN
- ProsedurPenilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
KepalaSekolah,
Eria
Apriyani S.T.P,M.Pd
|
Bogor, 13 Agustus 2014
Guru/Wali Kelas 4B,
Liska Dewi Rahayu
|
Comments
Post a Comment