RPP KURTILAS KELAS 4 SD, TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN PEMBELAJARAN KE 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan     :  SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                           :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
                        Sub Tema                  :  KeberagamanBudayaBangsaku (Sub Tema 2)
Pembelajaranke        :  3
Alokasiwaktu             : 1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

IPA
3.5    Memahami sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indra pendengaran.
4.4    Menyajikan hasil percobaan atau observasi tentang bunyi.

Matematika
3.5    Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
4.2    Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu.

SBdP
3.2    Mengenal gambar alam benda, dan kolase
4.3     Menggambar model benda kesukaan berdasarkan pengamatan langsung

C.    INDIKATOR

IPA
-          Menulis laporan berdasarkan hasil percobaan dengan melengkapi tabel,
-          Membuat peta pikiran tentang indra Pendengar.

Matematika
-          Merancang pengubinan

SBdP
-          Merancang hasil seni kreatif tentang Pengubinan

D.    TUJUAN
-          Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menuliskan laporan berdasarkan dengan melengkapi tabel secara rinci.
-          Setelah membaca teks dan diskusi kelas, siswa mampu membuat peta pikiran tentang indra pendengar dengan benar.
-          Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu merancang pengubinan dengan teknik yang benar.
-          Berdasarkan instruksi, siswa mampu merancang seni kreatif tentang pengubinan dengan teknik yang benar.

E.     MATERI
-          Pensil warna, penggaris, sendok, mangkuk, kaleng, sapu tangan, kapas.
-           Tempat bunyi berada.
-          Peta pikiran tentang indra pendengar.
-          Gambar ukiran tradisional.
-          Pengubinan.

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan            : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Di Manak ah Bunyi?
Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui tempat bunyi berada sesuai instruksi yang terdapat pada buku siswa.
Peta Pikiran
Siswa bekerja sama dalam kelompoknya untuk membuat peta pikiran tentang indra pendengar dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa selain indra pendengar, Tuhan Yang Maha
Esa juga menganugerahkan kepada kita indra penglihat. Kita dapat melihat keindahan
ciptaan Tuhan dan keindahan hasil karya manusia.
Siswa mengamati gambar ukiran tradisional yang terdapat pada buku siswa.
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa.
Siswa merancang pengubinan sesuai dengan instruksi yang tertera pada buku siswa.
Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa dan mengerjakan tugas sesuai instruksi.
Siswa menulis perenungan pada buku siswa.
Di Manakah Bunyi?

150 menit
Penutup
Siswamelakukanperenungantentangkegiatanpembelajaranhariini. Siswamenuliskanhal-hal yang telahmerekapelajari, kesulitan yang merekaalami, sertahal lain apa yang inginmerekapelajarilebihlanjut. Guru mengajaksiswauntukmendiskusikanperenungandenganmengajaksiswamembacakanjawabanmereka. Siswadiberikankesempatanberbicara/bertanyadanmenambahkaninformasidarisiswalainnya. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai
kebersamaan dalam keberagaman berbangsa.
Tugas: Siswa mengajak orang tua menemukan dan mengamati pengubinan yang ada di sekitar rumah dan mendiskusikannya. Siswa menggambar pengubinan yang ditemukan dan diperlihatkan kepada guru.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Siswa diminta menganyam dengan motif pengubinan.

Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang melakukan dengan tepat 50% dari target yang diberikan ketika membuat peta pikiran. Kegiatan ini berlangsung setelah jam sekolah
selama 30 menit. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1) Siswa diberi peta pikiran kosong dan mengisi topik yang akan dibahas dilingkaran tengah.
2) Siswa mengisi lingkaran berikutnya. Guru mengajukan pertanyaan untukmemancing pengetahuan siswa.
3) Lakukan hal yang sama untuk lingkaran berikutnya.
15     
menit





H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Buku Kurikulum 2013 Quadra.
·         Sumber Motivasi /Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
        Video/slide/gambartentangKeberagamanBudayaBangsaIndonesia.

I.       PENILAIAN
  1. ProsedurPenilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam  kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan  kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.



Mengetahui
KepalaSekolah,



Eria Apriyani S.T.P,M.Pd

             Bogor, 13 Agustus 2014

              Guru/Wali Kelas 4B,



               Liska Dewi Rahayu





Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD