PROTA IPS KELAS VI




SDIT Nahwa Nur                                                 
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN : 2016 -2017

Nama Sekolah                       :  SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                      :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas                                       :  VI
Semester                                 :  1

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua
1.1  Mendeskripsikan perkembangan sistem Administrasi wilayah Indonesia
77
§  Menjelaskan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§  Menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
§  Membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga
18 JP

1.2  membandingkan ke nampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
77
§  Menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
§  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
18 JP

1.3  Mengodentifikasi kan benua-beua
77
§  Menunjukkan benua-benua
§  Membedakan benua- benua
15 JP
JUMLAH

77

51 JP

                                                                                                           Bojonggede,        Juli 2016

Guru Mapel Matematika 6A                                                           Guru Mapel Matematika 6B



Siti Suminar, S.Pd                                                                            Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Nahwa Nur



Laila Nuri, S.Pd





PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas IV  (6) Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)


SDIT Nahwa Nur                                                 
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN : 2016 -2017

Nama Sekolah                       :  SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                      :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas                                       :  VI
Semester                                 :  2
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
2.  Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
2.1  Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
77
§  Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia
§  Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain
12 JP

2.2  Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
77
§  Menjelaskan carca-cara menghadapi bencana alam
§  Tanya Jawanb jenis-jenis bencana alam
6 JP
JUMLAH

77

18 JP
                                                                                                           Bojonggede,        Juli 2016

Guru Mapel Matematika 6A                                                           Guru Mapel Matematika 6B



Siti Suminar, S.Pd                                                                            Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Nahwa Nur



Laila Nuri, S.Pd.
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
SDIT Nahwa Nur                                                 
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN : 2016 -2017

Nama Sekolah                       :  SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                      :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas                                       :  VI
Semester                                 :  2

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
3. Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global
3.1. Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia
77
§  Menjelaskan Peranan Indonesia pada era globalisasi
§  Menjelaskan contoh perubaan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi (misalnya : gaya, hidup, makanan, paaian, komunikasi, perjalanan, nilai-nilai, dan trandisi)
15 JP

3.2.Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesiasebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
77
§  Menemutunjukkan barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia
§  Menjelaskan betuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-barang antara Indonesia dan luar negeri
§  Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara Indonesia dan Luar negeri
12 JP
JUMLAH

77

27 JP
                                                                                            Bojonggede,        Juli 2016

Guru Mapel Matematika 6A                                                           Guru Mapel Matematika 6B



Siti Suminar, S.Pd                                                                            Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Nahwa Nur



Laila Nuri, S.Pd.







Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD