RPP KURTILAS KELAS 4 SD, SELALU BERHEMAT ENERGI SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN KE 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Selalu
Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema
: Macam-macam
Sumber Energi (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui
pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
teknologi yang digunakan di kehidupan seharihari serta kemudahan yang diperoleh
oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
Matematika
3.1 Menunjukkan pemahaman persamaan antara
sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri,
menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan
persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2
Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat
teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C. INDIKATOR
IPA
-
Melaporkan hasil pengamatan tentang
manfaat benda- benda elektronik
-
Melaporkan hasil pengamatan tentang
manfaat sumber energi
listrik bagi kehidupan manusia
Matematika
-
Mengaplikasikan pemahaman persamaan
ekspresi matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan
perkalian
Bahasa Indonesia
-
Menyajikan laporan hasil pengamatan
tentang pemanfaatan bentuk energi listrik menggunakan bahasa Indonesia
-
Menerangkan secara lisan dan tulisan
tentang manfaat dan cara pemakaian benda-benda elektronik
secara mandiri menggunakan bahasa Indonesia
D. TUJUAN
-
Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan
hasil pengamatan tentang manfaat benda-benda elektronik.
-
Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan
hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
-
Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan
soal-soal latihan hitung campur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan
ekspresi kalimat matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan
perkalian secara benar.
-
Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu
menyajikan teks laporan hasil pengamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat
benda-benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.
-
Setelah kegiatan pengamatan terhadap
benda-benda elektronik , siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks
arahan/petunjuk tentang cara pengunaan bendabenda elektronik dengan benar dalam
bentuk buklet.
E.
MATERI
-
Kertas ukuran HVS/A3, pinsil warna,
spidol warna untuk buklet.
Jika
di sekolah tidak cukup terdapat benda-benda elektronik, guru bisa menyiapkan: lampu,
kipas angin, radio, telepon genggam, dll.
-
Energi Listrik.
-
Peranan
arus listrik dalam kehidupan sehari-hari.
-
Kegunaan
dan perubahan bentuk energi.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, DiskusidanCeramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing,
dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompakdanlagu yang relevan.Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Di awal pembelajaran, siswa diajak
mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan
danmemadamkan lampu tersebut lewat saklar yang ada.
Guru mengajukan pertanyaan,
(tuliskan jawaban siswa di papan tulis)
Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
“Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah
manfaatnya?”
Siswa melakukan pengamatan pada
benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan
perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
Siswa menarik kesimpulan tentang
kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah
satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
Guru mengkonfirmasikan kesimpulan
dengan teori yang ada.
Pada Kesimpulan yang diharapkan:
-
Benda-benda
elektronik memiliki kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
-
Benda-benda
elektronik dapat menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
-
Arus
listrik merupakan salah satu bentuk energi karena menyebabkan benda-bendaelektronik
bekerja/berfungsi.
-
Arus
listrik bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan
manusia.
Pemakaian energi listrik di
rumah-rumah dihitung berdasarkan banyaknya daya yang dipakai
dalam selang waktu tertentu, yang
pada umumnya dihitung tiap bulan melalui rekening listrik
yang dikeluarkan PLN. Dalam hal
ini PLN menggunakan ukuran kilo watt jam atau disingkat KWH.
Besarnya : 1 KWH = 1000 watt jam.
Pemakaian energi listrik ini dihitung berdasarkan pemakaian daya, misalnya
lampu, televisi, radio, mesin cuci dan sebagainya dalam selang waktu satu
bulan.
Andaikan kita menggunakan daya
tiap hari untuk lampu setara 50 watt, televisi, 150 watt,
mesin cuci 300 watt, maka dalam
satu hari kita menggunakan daya tiap hari 500 watt, dalam
30 hari kita menggunakan energi
listrik sebanyak 500 watt x 30 hari = 15000 watthari = 15
KWH. Apabila tarif energi listrik
pemakaian tiap KWH Rp2000,-
Jumlah dana yang dibayarkan adalah
15 x Rp2000,- = Rp30.000,-
Sebelum mengenal sepasang ekspresi
kalimat Matematika, Siswa bereksplorasi untuk
mengetahui cara menghitung operasi
campuran dan mengerjakan soal latihan dengan
memperhatikan sifat operasi hitung
bilangan, yaitu:
−− Operasi penjumlahan dan perkalian, lakukan operasi
perkalian terlebih dahulu.
−− Operasi pengurangan dan perkalian,
lakukan operasi perkalian terlebih dahulu
Guru membawa beberapa contoh
buklet, informasikan bahwa teks tersebut bernama
“buklet/pamflet” tunjukkan pada siswa dan minta
siswa untuk mengamati buklet tersebut.
Siswa berkreasi membuat buklet
yang berisi informasi tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui.
Siswa bisa menggunakan data hasil
pengamatan pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi membuat buklet
mereka.
Siswa
menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa menuliskan refleksi dari
kegiatan :Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?Kegiatan apa yang
paling kalian sukai? Mengapa?Kesulitan apa yang kalian temuai?
Hal baik apa yang dapat kamu
terapkan dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu
menerapkannya.Guru menyampaikan pesan moral untuk Selalu Berhemat Energi.
Tugas: Siswa diberi tugas mencari
kegunaan benda-benda elektronik yang ada di rumah.Menuliskan sumber energi
dan perubahan energi yang terjadi saat benda bekerja.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Salam dan do’a
penutup.
Pengayaan
Buklet yang dihasilkan siswa dapat
dikomunikasikan kepada kakak atau adik kelassaat istirahat. Siswa harus
menerangkan isi buklet tersebut.
Remedial
Berikan soal-soal tambahan pada
siswa yang belum mahir melakukan hitung campur,yaitu siswa yang hanya
mengerjakan 50% benar dari semua soal.Bagi siswa yang perlu meningkatkan
pemahaman tentang energi dapat diberikan teks tambahan mengenai berbagai
macam energi.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Buku Kurikulum 2013 Quadra
·
SumberMotivasi/InspirasiHidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambartentangMacam-macam
Sumber Energi.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
KepalaSekolah,
Eria Apriyani
S.T.P,M.Pd
|
Bogor,
Guru/WaliKelas 4B,
Liska Dewi Rahayu
|
|
|
Comments
Post a Comment