RPP KURTILAS KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2

(RPP)
Satuan Pendidikan : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Makanan Sehat (Tema 3)
Sub Tema : Pentingnya Makanan Sehat
Bagi Tubuh ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati ,mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menjelaskan
organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan organ pencernaan manusia
|
3.3.1
Menyebutkan Penyebab gangguan
pada organ pencernaan.
|
4.4
|
Menyajikan
karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
|
4.4.1
Mencari informasi penyebab
gangguan pada organ
pencernaan.
|
Muatan : Bahasa Indonesia.
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Menganalisis informasi yang disampaikan
paparan iklan dari media cetak atau elektronik .
|
3.4.1 Menjelaskan Ciri-ciri bahasa iklan.
|
4.4
|
Memeragakan kembali informasi yang
disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan
lisan, tulis, dan visual.
|
4.4.1
Menuliskan ciri-ciri bahsa iklan
media
cetak.
|
Muatan : SBdp
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Memahami pola
lantai dalam kreasi tari daerah.
|
3.3.1
Menyebutkan property yang di
gunakan
dalam menari.
3.3.2 Mencari
informasi properti tari
|
4.3
|
Mempraktikkan pola lantai pada gerak
tari kreasi daerah.
|
4.3.1
Mempraktikkan tari dari salah satu
daerah.
|
C. TUJUAN
- Dengan membaca teks bacaan, siswa mampu
mencari informasi tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan
- Dengan berdiskusi bersama kelompok, siswa
mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan.
- Dengan mencermati teks bacaan, siswa mencari
informasi tentang properti tari.
D. MATERI
- Penyebab gangguan pada
organ pencernaan.
- Ciri-ciri bahsa yang
terdpat dalam i8klan.
- Macam-macam properti
tari.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
A. Ayo Mencoba
Ø
Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan meminta siswa mencermati teks percakapan yang disajikan.
![]()
Ø
Siswa secara bergantian
membaca teks percakapan, guru memberikan penekanan pada topik jajan
sembarangan dan gangguan yang dapat diakibatkan pada organ, pencernaan
manusia, dalam pembelajaran kali ini lebih ditekankan pada gangguan diare. Guru juga memberikan arahan kepada siswa terkait mencitai diri
sendiri.”Janganlah kita menyiksa diri sendiri. Sesungguhnya mencintai diri
sendiri merupakan bagian amanah dari Allah SWT, sang pencipta semua mahkluk.
Mencintai diri sendiri bisa dalam konteks menjaga apa yang kita makan. Dari Abu
Hurirah Radhiyallahu “anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu “alaihi wa
sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa
Jalla daripada mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan.
Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan
mintalah pertolongan kepada Allah.........”
Ø
Guru menstimulus rasa ingin
tahu siswa tentang gangguan diare dengan meminta siswa untuk berdiskusi
dengan teman sebangkunya tentang apa yang menyebabkan gangguan tersebut dan
bagaimana gangguan tersebut terjadi.
Ø
Siswa dapat menuliskan
pendapat/hasil diskusinya di selembar kertas/buku dan kemudian membandingkan
pendapat/hasil diskusi tersebut dengan teks bacaan yang disajikan.
Ø Siswa mencermati teks bacaan yang
disajikan dalam Buku Siswa, guru dapat memberikan panduan tentang hal-hal
penting yang harus diperhatikan dalam teks bacaan:
-
Ciri/tanda
penyakit diare
-
Penyebab
-
Organ
pencernaan yang tergangu ketika diare
Ø Setelah siswa mendapatkan informasi yang
cukup dari teks bacaan, siswa diminta untuk melihat kembali hasil diskusinya
dan membandingkan dengan informasi yang mereka dapatkan dari teks bacaan.
Ø Guru memastikan tidak ada salah konsep
dan persepsi pada pemahaman siswa.
Ø Dalam diskusi kelas, siswa melanjutkan
pembahasan dengan mencari informasi dari teman sekelas dan pengalaman
pribadinya tentang gejala-gejala yang ditimbulkan oleh gangguan diare dan
membuat buku kecil yang berisi penjelasan tentang gangguan diare.
![]() ![]()
B.
Ayo Berdiskusi
Ø Gunakan percakapan yang disajikan pada Buku
Siswa halaman 54 sebagai penyambung kegiatan IPA dengan Bahasa Indonesia.
![]()
Ø Siswa diminta untuk membaca teks
percakapan secara bergantian.
Ø Pada percakapan yang disajikan, ada
pembicaraan tentang iklan obat gangguan pencernaan, gunakan percakapan tersebut
untuk mengingatkan kembali tentang iklan media elektronik.
Ø Siswa menuliskan kalimat-kalimat iklan
yang mereka ingat dari media elektronik yang pernah mereka dengar/lihat.
Ø Dari kalimat-kalimat iklan tersebut,
siswa berdiskusi bersama dengan kelompoknya untuk mengidentifikasikan
ciri-ciri kalimat iklan/bahasa iklan.
Ø Siswa menuliskan ciri-ciri kalimat iklan
yang bisa mereka identifikasikan bersama dengan kelompoknya dan
mempresentasikannya di depan kelas.
Ø Kegiatan ini dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif penilaian terhadap ketercapaian KD Bahasa Indonesia KD
3.4 dan 4.4.
![]()
C. Ayo Berlatih
Ø Gunakan teks yang menyambungkan kegiatan
bahasa Indonesia dengan SBdP yang disajikan pada buku siswa halaman 55.
![]()
Ø Guru dapat menggunakan pembahasan
tentang hal-hal yang digunakan dalam menambah daya tarik iklan media
elektronik termasuk tarian daerah sebagai jembatan untuk meneruskan kegiatan
SBdP tentang properti tari.
Ø Siswa mencermati bacaan yang disajikan
dalam buku siswa tentang properti
tari.
Ø Guru dapat memberikan panduan bagi siswa
ketika mencari informasi dari teks bacaan :
o
Macam-macam
properti tari yang dapat ditemukan dalam teks bacaan.
o
Peranan
properti tari dalam pertunjukan tari.
o
Mengapa
properti tari dibutuhkan dalam sebuah tarian.
Ø Siswa dapat membuat catatan kecil
tentang hal-hal tersebut diatas.
Ø Siswa melengkapi tabel yang disajikan
dalam buku siswa tentang properti tari dan asal daerahnya.
Ø Kegiatan ini dapat digunakan sebagai
kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang berbagai tarian
daerah yang menggunakan properti tari.
![]() |
140 menit
|
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari
ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya..
4. Penugasan dirumah
·
Untuk
mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang
tuanya.
5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa.
|
1
enit
|
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Membuat Buku Kecil tentang Diare
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3
TUGAS IPA

Ø
Kegiatan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk
memberikan pemahaman kepada siswa tentang gangguan pada organ pencernaan
manusia.
Ø
Berikan panduan bagi siswa dalam membuat buku kecil ini, hal–hal yang
harus ada dalam buku kecil siswa adalah:
-
Tanda-tanda/gejala yang ditimbulkan oleh gangguan
diare.
-
Faktor penyebab diare secara umum.
-
Penjelasan mengapa diare bisa menjadi berbahaya
bagi manusia.
Ø
Berikan umpan balik kepada siswa di sepanjang
proses pembuatan buku kecil, sehingga buku kecil yang dihasilkan memenuhi
ketiga hal pokok yang disebutkan di atas.

FORM PENILAIAN IPA
N0
|
Nama Siswa
|
Konten /Isi buku kecil(40-60)
|
penyajian (25-40)
|
Total Nilai
|
1
|
Alvan Izzaturrijal
|
|
|
|
2
|
Aqilah Ramadhani
|
|
|
|
3
|
Ayesha Rashiqa
|
|
|
|
4
|
Diva Sena Savira
|
|
|
|
5
|
Fadhelia Difa Sabrina Biya
|
|
|
|
6
|
Fata fathonie hanief
|
|
|
|
7
|
Fathur Rahman Pratama
|
|
|
|
8
|
Gaishan Adiwidya
|
|
|
|
9
|
Ghifari Ardine nadhif
|
|
|
|
10
|
Hafidz Ithnan Al Farizi
|
|
|
|
11
|
Hamzah Hafizh
|
|
|
|
12
|
Hanin Muslim Iskandar
|
|
|
|
13
|
Keisha Putri Ramadhani
|
|
|
|
14
|
khairah Alifah Athaillah
|
|
|
|
15
|
Khairana Rabbani Habibie
|
|
|
|
16
|
Muhamad Syaifulloh
|
|
|
|
17
|
Muhammad Afdhal Fairuz
|
|
|
|
18
|
Muhammad Ayyash Haqoni
|
|
|
|
19
|
Muhammad Izzadin S
|
|
|
|
20
|
Muhammad Kemal Al Giffary
|
|
|
|
21
|
Muhammad Luthfi
|
|
|
|
22
|
Muhammad Syamil Yusuf
|
|
|
|
23
|
Muhammad Wildan Asytar
|
|
|
|
24
|
Naurah Khayyirah
|
|
|
|
25
|
Nayla Syakirah
|
|
|
|
26
|
Rizieq Al Fath
|
|
|
|
27
|
Syakira Hanifa
|
|
|
|
28
|
Zakiyah Azzahra Zain
|
|
|
|
29
|
Zalfa Fairuz Rasyid
|
|
|
|
2. Menuliskan
Kalimat Iklan dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan
Teknik Penilaian: Penugasan pengamatan
Instrumen: Kunci Jawaban
KD Bahasa
Indonesia 3.4 dan 4.4
TULISKAN
KALIMAT IKLAN DAN CIRI-CIRI BAHASA IKLAN


Kunci Jawaban:
Ø
Untuk kolom kalimat iklan, jawaban akan sangat
tergantung pada iklan yang diamati oleh siswa baik dari televisi, radio atau
internet
Ø
Ciri-ciri bahasa iklan: menarik perhatian,
singkat, jelas, mengajak orang untuk membeli, menggunakan atau melakukan
sesuatu.
3. Melengkapi
Tabel Nama Tarian, Asal Daerah, dan Properti
Teknik Penilaian: Tes tertulis
Instrumen Penilaian: Kunci jawaban
KD SBdP
3.3
TUGAS
SBdP: Membuat Tabel tarian daerah dan propertinya

Kunci Jawaban :

H. SUMBER DAN
MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku
Siswa Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Buku teks, gambar-gambar
gangguan organ pencernaan, bacaan tentang gangguan organ pencernaan,
contoh-contoh iklan baik media cetak maupun elektronik, gambar dan artikel
tentang properti tari
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
Laila Nuri, S.Pd
|
Bojonggede , 2018
Guru
Kelas 5,
|
Comments
Post a Comment