RPP KURTILAS KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester          :  5 /1
Tema                           :  Makanan Sehat (Tema 3)
Sub Tema                    :  Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke          :  2                                                                                                      
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati ,mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : IPA
No
Kompetensi
Indikator
3.3
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
3.3.1 Menyebutkan Penyebab gangguan
pada organ pencernaan.


4.4
Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
4.4.1   Mencari informasi penyebab
gangguan pada organ pencernaan.

Muatan : Bahasa Indonesia.
No
Kompetensi
Indikator
3.4

Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik .
3.4.1 Menjelaskan Ciri-ciri bahasa iklan.
4.4
Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
4.4.1 Menuliskan ciri-ciri bahsa iklan
media cetak.

Muatan : SBdp
No
Kompetensi
Indikator
3.3


Memahami pola lantai dalam kreasi tari daerah.

3.3.1 Menyebutkan property yang di
gunakan dalam menari.
3.3.2 Mencari informasi properti tari
4.3
Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah.
4.3.1 Mempraktikkan tari dari salah satu
daerah.

C.    TUJUAN
  1. Dengan membaca teks bacaan, siswa mampu mencari informasi tentang penyebab gangguan pada organ pencernaan
  2. Dengan berdiskusi bersama kelompok, siswa mengidentifikasi ciri-ciri bahasa iklan.
  3. Dengan mencermati teks bacaan, siswa mencari informasi tentang properti tari.

D.    MATERI
  1. Penyebab gangguan pada organ pencernaan.
  2. Ciri-ciri bahsa yang terdpat dalam i8klan.
  3. Macam-macam properti tari.


E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

15 menit
Inti
A.    Ayo Mencoba
Ø  Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan meminta siswa mencermati teks percakapan yang disajikan.
Ø  Siswa secara bergantian membaca teks percakapan, guru memberikan penekanan pada topik jajan sembarangan dan gangguan yang dapat diakibatkan pada organ, pencernaan manusia, dalam pembelajaran kali ini lebih ditekankan pada gangguan diare. Guru juga memberikan arahan kepada siswa terkait mencitai diri sendiri.”Janganlah kita menyiksa diri sendiri. Sesungguhnya mencintai diri sendiri merupakan bagian amanah dari Allah SWT, sang pencipta semua mahkluk. Mencintai diri sendiri bisa dalam konteks menjaga apa yang kita makan. Dari Abu Hurirah Radhiyallahu “anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu “alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripada mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah.........”
Ø  Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang gangguan diare dengan meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang apa yang menyebabkan gangguan tersebut dan bagaimana gangguan tersebut terjadi.
Ø  Siswa dapat menuliskan pendapat/hasil diskusinya di selembar kertas/buku dan kemudian membandingkan pendapat/hasil diskusi tersebut dengan teks bacaan yang disajikan.
Ø  Siswa mencermati teks bacaan yang disajikan dalam Buku Siswa, guru dapat memberikan panduan tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam teks bacaan:
-        Ciri/tanda penyakit diare
-        Penyebab
-        Organ pencernaan yang tergangu ketika diare
Ø  Setelah siswa mendapatkan informasi yang cukup dari teks bacaan, siswa diminta untuk melihat kembali hasil diskusinya dan membandingkan dengan informasi yang mereka dapatkan dari teks bacaan.
Ø  Guru memastikan tidak ada salah konsep dan persepsi pada pemahaman siswa.
Ø  Dalam diskusi kelas, siswa melanjutkan pembahasan dengan mencari informasi dari teman sekelas dan pengalaman pribadinya tentang gejala-gejala yang ditimbulkan oleh gangguan diare dan membuat buku kecil yang berisi penjelasan tentang gangguan diare.
B.     Ayo Berdiskusi
Ø  Gunakan percakapan yang disajikan pada Buku Siswa halaman 54 sebagai penyambung kegiatan IPA dengan Bahasa Indonesia.
Ø  Siswa diminta untuk membaca teks percakapan secara bergantian.
Ø  Pada percakapan yang disajikan, ada pembicaraan tentang iklan obat gangguan pencernaan, gunakan percakapan tersebut untuk mengingatkan kembali tentang iklan media elektronik.
Ø  Siswa menuliskan kalimat-kalimat iklan yang mereka ingat dari media elektronik yang pernah mereka dengar/lihat.
Ø  Dari kalimat-kalimat iklan tersebut, siswa berdiskusi bersama dengan kelompoknya untuk mengidentifikasikan ciri-ciri kalimat iklan/bahasa iklan.
Ø  Siswa menuliskan ciri-ciri kalimat iklan yang bisa mereka identifikasikan bersama dengan kelompoknya dan mempresentasikannya di depan kelas.
Ø  Kegiatan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif penilaian terhadap ketercapaian KD Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4.

C.    Ayo Berlatih
Ø  Gunakan teks yang menyambungkan kegiatan bahasa Indonesia dengan SBdP yang disajikan pada buku siswa halaman 55.
Ø  Guru dapat menggunakan pembahasan tentang hal-hal yang digunakan dalam menambah daya tarik iklan media elektronik termasuk tarian daerah sebagai jembatan untuk meneruskan kegiatan SBdP tentang properti tari.
Ø  Siswa mencermati bacaan yang disajikan dalam buku siswa tentang  properti tari.
Ø  Guru dapat memberikan panduan bagi siswa ketika mencari informasi dari teks bacaan :
o   Macam-macam properti tari yang dapat ditemukan dalam teks bacaan.
o   Peranan properti tari dalam pertunjukan tari.
o   Mengapa properti tari dibutuhkan dalam sebuah tarian.
Ø  Siswa dapat membuat catatan kecil tentang hal-hal tersebut diatas.
Ø  Siswa melengkapi tabel yang disajikan dalam buku siswa tentang properti tari dan asal daerahnya.
Ø  Kegiatan ini dapat digunakan sebagai kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang berbagai tarian daerah yang menggunakan properti tari.
140 menit









Penutup
1.      Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.      Penugasan dirumah
·         Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
5.      Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6.      Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
1        enit

G.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.      Membuat Buku Kecil tentang Diare
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen: Rubrik
KD  IPA 3.3 dan 4.3
TUGAS IPA
Ø  Kegiatan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang gangguan pada organ pencernaan manusia.
Ø  Berikan panduan bagi siswa dalam membuat buku kecil ini, hal–hal yang harus ada dalam buku kecil siswa adalah:
-     Tanda-tanda/gejala yang ditimbulkan oleh gangguan diare.
-     Faktor penyebab diare secara umum.
-     Penjelasan mengapa diare bisa menjadi berbahaya bagi manusia.
Ø  Berikan umpan balik kepada siswa di sepanjang proses pembuatan buku kecil, sehingga buku kecil yang dihasilkan memenuhi ketiga hal pokok yang disebutkan di atas.
FORM PENILAIAN IPA
N0
Nama Siswa
Konten /Isi buku kecil(40-60)
penyajian (25-40)
Total Nilai
1
Alvan Izzaturrijal



2
Aqilah Ramadhani



3
Ayesha Rashiqa



4
Diva Sena Savira



5
Fadhelia Difa Sabrina Biya



6
Fata fathonie hanief



7
Fathur Rahman Pratama



8
Gaishan Adiwidya



9
Ghifari Ardine nadhif



10
Hafidz Ithnan Al Farizi



11
Hamzah Hafizh



12
Hanin Muslim Iskandar



13
Keisha Putri Ramadhani



14
khairah Alifah Athaillah



15
Khairana Rabbani Habibie



16
Muhamad Syaifulloh



17
Muhammad Afdhal Fairuz



18
Muhammad Ayyash Haqoni



19
Muhammad Izzadin S



20
Muhammad Kemal Al Giffary



21
Muhammad Luthfi



22
Muhammad Syamil Yusuf



23
Muhammad Wildan Asytar



24
Naurah Khayyirah



25
Nayla Syakirah



26
Rizieq Al Fath



27
Syakira Hanifa



28
Zakiyah Azzahra Zain



29
Zalfa Fairuz Rasyid




2.      Menuliskan Kalimat Iklan dan Ciri-Ciri Bahasa Iklan
Teknik Penilaian: Penugasan pengamatan
Instrumen: Kunci Jawaban
KD  Bahasa Indonesia 3.4 dan 4.4





TULISKAN KALIMAT IKLAN DAN CIRI-CIRI BAHASA IKLAN

Kunci Jawaban:
Ø  Untuk kolom kalimat iklan, jawaban akan sangat tergantung pada iklan yang diamati oleh siswa baik dari televisi, radio atau internet
Ø  Ciri-ciri bahasa iklan: menarik perhatian, singkat, jelas, mengajak orang untuk membeli, menggunakan atau melakukan sesuatu.

3.      Melengkapi Tabel Nama Tarian, Asal Daerah, dan Properti
Teknik Penilaian: Tes tertulis
Instrumen Penilaian: Kunci jawaban
KD  SBdP 3.3

TUGAS SBdP: Membuat Tabel tarian daerah dan propertinya

Kunci Jawaban :

H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Buku teks, gambar-gambar gangguan organ pencernaan, bacaan tentang gangguan organ pencernaan, contoh-contoh iklan baik media cetak maupun elektronik, gambar dan artikel tentang properti tari

Mengetahui
Kepala Sekolah,




Laila Nuri, S.Pd
Bojonggede ,          2018
Guru Kelas 5,






Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD