RPP KURTILAS KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester          :  5 /1
Tema                           :  Makanan Sehat ( Tema 3)
Sub Tema                    :  Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca, dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.4
Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
3.4.1 Menjelaskan ciri-ciri bahasa iklan
elektronik.
4.4
Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
4.4.1   Mendemonstrasikan iklan
elektronik.

Muatan : IPA
No
Kompetensi
Indikator
3.3
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatanorgan pencernaan manusia.
3.3.1 Menunjukkan macam-macam
gangguan pada organ pencernaan.
4.3 
Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
4.3.1 Membuat poster tentang macam-
macam gangguan pada organ pencernaan.

C.    TUJUAN
  1. Dengan mengamati  dan mendemonstrasikan iklan media elektronik, siswa mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik.
  2. Dengan mencermati teks bacaan dan membuat poster, siswa dapat menjelaskan macam-macam gangguan pada organ pencernaan.

D.    MATERI
  1. Bacaan tentang media cetak dan media elektronik.
  2. Macam-macam gangguan pada organ pencernaan.
  3. poster tentang kolera.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah




F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
  1. Guru menyapa dan mengucapkan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Guru mengajak siswa membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

15 menit
Inti
A.    Ayo Membaca
Ø  Guru menggunakan percakapan yang disajikan dalam Buku Siswa halaman 46, sebagai pembuka untuk berdiskusi tentang iklan pada media baik media cetak maupun media elektronik.
Ø  Guru menjelaskan bahwa pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibuat semenarik mungkin dan seefektif mungkin. Iklan memiliki peranan yang sangat penting dalam memasarkan produk agar dapat dikenal oleh masyarakat. Namun dalam hal ini guru juga membimbing siswa agar dalam melakukan kalimat iklan tidak melakukan kebohongan, apalagi dengan sumpah. Diantara cara untuk meraup keuntungn dn laris dagangannya, ada beberapa penjual yang membubui promosinya dengan sumpah. Padahal kita harus hati-hati dari banyak bersumpah karena dalam hadis dari Abu Qotadah Al Anshoti, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hati-Hatilah dengan banyak bersumpah dalam menjual dagangan, namun malah menghapuskan keberkahan.” (H.R Muslim no.1607)

B.     Ayo Berdiskusi
Ø  Siswa berdiskusi dalam kelas dan mengemukakan contoh-contoh iklan yang pernah mereka lihat dan mengategorisasikan iklan tersebut ke dalam iklan media cetak atau iklan media elektronik.
Ø  Siswa diminta untuk mendemonstrasikan iklan yang pernah mereka lihat/dengar, dan meminta siswa lain untuk menjawab pertanyaan :
·         Saya pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
·         Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang saya ingat adalah...
·         Jika saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari iklan itu adalah ...

C.    Ayo Mengamati
Ø  Dari jawaban yang dikemukakan, siswa diminta untuk membuat kesimpulan dari kegiatan yang mereka lakukan. Siswa diminta untuk memperhatikan poin ke-2 dan 3 tentang hal yang paling mereka ingat atau hal yang paling menarik dari iklan yang mereka lihat/dengar.
Ø  Guru mengaitkan hasil kesimpulan yang dibuat oleh siswa dengan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam iklan
Ø  Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD Bahasa
Ø  Siswa mencermati teks percakapan yang disajikan dalam Buku Siswa, dimana dalam percakapan tersebut disebutkan salah satu contoh gangguan pada organ pencernaan manusia.
Ø  Guru mengingatkan kembali bahwa pada kegiatan pembelajaran sebelumnya, siswa dapat menemukan teks informasi tentang gangguan pada organ pencernaan (maag) dan meminta siswa untuk mengulasnya kembali.

D.    Ayo Berlatih
Ø  Siswa dibagi dalam kelompok dan mendapatkan tugas untuk mencari informasi tentang macam-macam gangguan  organpencernaan manusia, informasi yang perlu dicari mencakup :
·         Keterangan mengenai setiap gangguan sistem pencernaan
·         Penyebab gangguan tersebut
·         Gejala dari gangguan tersebut
·         Cara mengatasi gangguan tersebut
Ø  Siswa mengolah informasi yang didapatkan dalam bentuk peta pikiran (pola peta pikiran yang disediakan dalam Buku Siswa dapat digunakan oleh siswa)
Ø  Siswa mempresentasikan hasil peta pikiran yang dibuatnya di depan kelas. Kegiatan ini digunakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang KD IPA 3.3.


E.     Ayo Mencoba
Ø  Siswa bersama dalam kelompok kerjanya memilih salah satu jenis gangguan pada organpencernaan manusia, dan mendesain sebuah poster untuk menjelaskan gangguan tersebut.
Ø  Guru bisa memberikan beberapa contoh poster yang bisa digunakan oleh siswa sebagaipanduan dalam membuat poster.
Ø  Siswa memperhatikan hal-hal yang harus ada dalam poster yang mereka desain:
-        Judul poster
-        Informasi
-        Grafik/Gambar
-        Sumber
-        Refleksi
Ø  Guru menggunakan poster tentang kolera yang disajikan dalam Buku Siswa sebagai bahan untuk melanjutkan ke kegiatan berikutnya yang merupakan kegiatan IPA yaitu membuat larutan cairan oralit. Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengukur pencapaian KD IPA 4.3.
140

Penutup
1.      Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.      Penugasan dirumah
·         Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
5.      Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6.      Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa..
1        enit

G.    PENILAIAN
                     Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.      Mengelompokkan Jenis Iklan
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4

WORKSHEET BAHASA INDONESIA
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Gunakan kertas gambar A4 dan bagilah ke dalam tiga kolom seperti di bawah ini. Berdiskusilah dengan kelompokmu, tentang iklan-iklan yang pernah kamu lihat/tonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan jelaskan mengapa kamu mengelompokkannya dalam media tersebut.

Kegiatan ini digunakan untuk memberikan/mengukur pemahaman siswa tentang perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik. Hasil dari kegiatan ini tidak perlu diambil nilai, namun perlu diberikan umpan balik sehingga siswa tahu tingkat pemahamannya. Perhatikan kolom “alasan pemilihan media”, jawaban siswa pada kolom ini mencerminkan tingkat pemahaman siswa tentang perbedaan iklan media cetak dan iklan media elektronik, dengan mengetahui perbedaannya maka siswa diharapkan mampu mengidentifikasikan ciri-ciri iklan dari kedua media tersebut.

FORM PENILAIAN BAHASA INDONESIA
N0
Nama Siswa
Kejelasan dan Ketepatan (30-40)
Uraian alasan (20-30)
Pemilihan media(20-30)
TOTAL NILAI
1
Alvan Izzaturrijal




2
Aqilah Ramadhani




3
Ayesha Rashiqa




4
Diva Sena Savira




5
Fadhelia Difa Sabrina Biya




6
Fata fathonie hanief




7
Fathur Rahman Pratama




8
Gaishan Adiwidya




9
Ghifari Ardine nadhif




10
Hafidz Ithnan Al Farizi




11
Hamzah Hafizh




12
Hanin Muslim Iskandar




13
Keisha Putri Ramadhani




14
khairah Alifah Athaillah




15
Khairana Rabbani Habibie




16
Muhamad Syaifulloh




17
Muhammad Afdhal Fairuz




18
Muhammad Ayyash Haqoni




19
Muhammad Izzadin S




20
Muhammad Kemal Al Giffary




21
Muhammad Luthfi




22
Muhammad Syamil Yusuf




23
Muhammad Wildan Asytar




24
Naurah Khayyirah




25
Nayla Syakirah




26
Rizieq Al Fath




27
Syakira Hanifa




28
Zakiyah Azzahra Zain




29
Zalfa Fairuz Rasyid






2.      Membuat Peta Pikiran tentang Gangguan Sistem Pencernaan
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen: Rubrik
KD IPA 3.3 dan 4.3
·         Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diberikan sebagai salah satu strategi untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang macam-macam gangguan pada organ pencernaan manusia.
·         Kegiatan ini belum bisa digunakan sebagai kegiatan untuk mengambil nilai, namun lebih mengarah kepada alternatif kegiatan pembelajaran yang bisa digunakan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang KD IPA 3.3 khususnya tentang macam-macam gangguan pada organ pencernaan manusia.
·         Guru memberikan bimbingan dan panduan kepada siswa dalam melengkapi peta pikiran.
·         Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melihat keberhasilan kegiatan pembelajaran: kelengkapan peta pikiran, ketepatan jawaban, kejelasan uraian.

FORM PENILAIAN IPA
N0
Nama Siswa
Kelengkapan (30-40)
Ketepatan (20-30)
Kejelasan(20-30)
TOTAL NILAI
1
Alvan Izzaturrijal




2
Aqilah Ramadhani




3
Ayesha Rashiqa




4
Diva Sena Savira




5
Fadhelia Difa Sabrina Biya




6
Fata fathonie hanief




7
Fathur Rahman Pratama




8
Gaishan Adiwidya




9
Ghifari Ardine nadhif




10
Hafidz Ithnan Al Farizi




11
Hamzah Hafizh




12
Hanin Muslim Iskandar




13
Keisha Putri Ramadhani




14
khairah Alifah Athaillah




15
Khairana Rabbani Habibie




16
Muhamad Syaifulloh




17
Muhammad Afdhal Fairuz




18
Muhammad Ayyash Haqoni




19
Muhammad Izzadin S




20
Muhammad Kemal Al Giffary




21
Muhammad Luthfi




22
Muhammad Syamil Yusuf




23
Muhammad Wildan Asytar




24
Naurah Khayyirah




25
Nayla Syakirah




26
Rizieq Al Fath




27
Syakira Hanifa




28
Zakiyah Azzahra Zain




29
Zalfa Fairuz Rasyid






H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
  3. Buku teks, contoh-contoh iklan media elektronik, contoh-contoh poster, majalah, bacaan tentang macam-macam gangguan pada organ pencernaan.


Refleksi Guru










Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,




Laila Nuri, S.Pd.

Bojonggede,                      2018
Guru Kelas 5







Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD