RPP KURTILAS KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE 1

(RPP)
Satuan Pendidikan : SDIT NAHWA NUR
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Makanan Sehat ( Tema 3)
Sub Tema : Pentingnya Makanan Sehat
Bagi Tubuh ( Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca, dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Menganalisis
informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
|
3.4.1 Menjelaskan ciri-ciri bahasa iklan
elektronik.
|
4.4
|
Memeragakan
kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik
dengan bantuan lisan, tulis, dan visual.
|
4.4.1 Mendemonstrasikan iklan
elektronik.
|
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya
pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatanorgan pencernaan
manusia.
|
3.3.1
Menunjukkan macam-macam
gangguan
pada organ pencernaan.
|
4.3
|
Menyajikan
karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
|
4.3.1
Membuat poster tentang macam-
macam
gangguan pada organ pencernaan.
|
C. TUJUAN
- Dengan
mengamati dan mendemonstrasikan
iklan media elektronik, siswa mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan
elektronik.
- Dengan
mencermati teks bacaan dan membuat poster, siswa dapat menjelaskan
macam-macam gangguan pada organ pencernaan.
D. MATERI
- Bacaan tentang media cetak dan media
elektronik.
- Macam-macam gangguan pada organ
pencernaan.
- poster tentang kolera.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
A. Ayo Membaca
Ø
Guru menggunakan percakapan
yang disajikan dalam Buku Siswa halaman 46, sebagai pembuka untuk berdiskusi
tentang iklan pada media baik
media cetak maupun media elektronik.
Ø
Guru
menjelaskan bahwa pada dasarnya tujuan utama iklan adalah agar masyarakat mau
membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk
tersebut maka iklan dibuat semenarik mungkin dan seefektif mungkin. Iklan
memiliki peranan yang sangat penting dalam memasarkan
produk agar dapat dikenal
oleh masyarakat. Namun dalam hal
ini guru juga membimbing siswa agar dalam melakukan kalimat iklan tidak
melakukan kebohongan, apalagi dengan sumpah. Diantara cara untuk meraup
keuntungn dn laris dagangannya, ada beberapa penjual yang membubui promosinya
dengan sumpah. Padahal kita harus hati-hati dari banyak bersumpah karena dalam
hadis dari Abu Qotadah Al Anshoti, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda, “Hati-Hatilah dengan banyak bersumpah dalam menjual dagangan, namun
malah menghapuskan keberkahan.” (H.R Muslim no.1607)
![]()
B.
Ayo Berdiskusi
Ø Siswa berdiskusi dalam kelas dan
mengemukakan contoh-contoh iklan yang pernah mereka lihat dan
mengategorisasikan iklan tersebut ke dalam iklan media cetak atau iklan media
elektronik.
Ø Siswa diminta untuk mendemonstrasikan
iklan yang pernah mereka lihat/dengar, dan meminta siswa lain untuk menjawab
pertanyaan :
·
Saya
pernah/tidak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
·
Jika
saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang saya ingat adalah...
·
Jika
saya mengingat iklan tersebut, maka hal yang paling menarik dari iklan itu
adalah ...
![]() ![]()
C. Ayo Mengamati
Ø Dari jawaban yang dikemukakan, siswa
diminta untuk membuat kesimpulan dari kegiatan yang mereka lakukan. Siswa
diminta untuk memperhatikan poin ke-2 dan 3 tentang hal yang paling mereka
ingat atau hal yang paling menarik dari iklan yang mereka lihat/dengar.
Ø Guru mengaitkan hasil kesimpulan yang
dibuat oleh siswa dengan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam iklan
Ø Kegiatan ini digunakan untuk memberikan
pemahaman kepada siswa tentang KD Bahasa
![]()
Ø Siswa mencermati teks percakapan yang
disajikan dalam Buku Siswa, dimana dalam percakapan tersebut disebutkan salah
satu contoh gangguan pada organ pencernaan manusia.
Ø Guru mengingatkan kembali bahwa pada
kegiatan pembelajaran sebelumnya, siswa dapat menemukan teks informasi
tentang gangguan pada organ pencernaan (maag) dan meminta siswa untuk
mengulasnya kembali.
D. Ayo Berlatih
Ø Siswa dibagi dalam kelompok dan
mendapatkan tugas untuk mencari informasi tentang macam-macam gangguan organpencernaan manusia, informasi yang
perlu dicari mencakup :
·
Keterangan
mengenai setiap gangguan sistem pencernaan
·
Penyebab
gangguan tersebut
·
Gejala
dari gangguan tersebut
·
Cara
mengatasi gangguan tersebut
Ø Siswa mengolah informasi yang didapatkan
dalam bentuk peta pikiran (pola peta pikiran yang disediakan dalam Buku Siswa
dapat digunakan oleh siswa)
Ø Siswa mempresentasikan hasil peta
pikiran yang dibuatnya di depan kelas. Kegiatan ini digunakan untuk
memberikan pemahaman
kepada siswa tentang KD IPA 3.3.
![]() ![]()
E.
Ayo Mencoba
Ø Siswa bersama dalam kelompok
kerjanya memilih salah satu jenis gangguan pada organpencernaan manusia, dan
mendesain sebuah poster untuk menjelaskan gangguan tersebut.
Ø Guru bisa memberikan beberapa
contoh poster yang bisa digunakan oleh siswa sebagaipanduan dalam membuat
poster.
Ø Siswa memperhatikan hal-hal yang
harus ada dalam poster yang mereka desain:
-
Judul
poster
-
Informasi
-
Grafik/Gambar
-
Sumber
-
Refleksi
![]()
Ø Guru menggunakan poster tentang
kolera yang disajikan dalam Buku Siswa sebagai bahan untuk melanjutkan ke
kegiatan berikutnya yang merupakan kegiatan IPA yaitu membuat larutan cairan
oralit. Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengukur pencapaian KD IPA 4.3.
![]() ![]() |
140
|
|
||
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari
ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya..
4. Penugasan dirumah
·
Untuk
mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang
tuanya.
5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa..
|
1
enit
|
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Mengelompokkan
Jenis Iklan
Teknik Penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
Bahasa Indonesia KD 3.4 dan 4.4
WORKSHEET BAHASA
INDONESIA
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat
siswa. Gunakan kertas gambar A4 dan bagilah ke dalam tiga kolom seperti di
bawah ini. Berdiskusilah dengan kelompokmu, tentang iklan-iklan yang pernah
kamu lihat/tonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan
jelaskan mengapa kamu mengelompokkannya dalam media tersebut.

Kegiatan ini digunakan untuk
memberikan/mengukur pemahaman siswa tentang perbedaan iklan media cetak dan
iklan media elektronik. Hasil dari kegiatan ini tidak perlu diambil nilai,
namun perlu diberikan umpan balik sehingga siswa tahu tingkat pemahamannya.
Perhatikan kolom “alasan pemilihan media”, jawaban siswa pada kolom ini
mencerminkan tingkat pemahaman siswa tentang perbedaan iklan media cetak dan
iklan media elektronik, dengan mengetahui perbedaannya maka siswa diharapkan
mampu mengidentifikasikan ciri-ciri iklan dari kedua media tersebut.

FORM PENILAIAN BAHASA INDONESIA
N0
|
Nama Siswa
|
Kejelasan dan Ketepatan (30-40)
|
Uraian alasan (20-30)
|
Pemilihan media(20-30)
|
TOTAL NILAI
|
1
|
Alvan Izzaturrijal
|
|
|
|
|
2
|
Aqilah Ramadhani
|
|
|
|
|
3
|
Ayesha Rashiqa
|
|
|
|
|
4
|
Diva Sena Savira
|
|
|
|
|
5
|
Fadhelia Difa Sabrina Biya
|
|
|
|
|
6
|
Fata fathonie hanief
|
|
|
|
|
7
|
Fathur Rahman Pratama
|
|
|
|
|
8
|
Gaishan Adiwidya
|
|
|
|
|
9
|
Ghifari Ardine nadhif
|
|
|
|
|
10
|
Hafidz Ithnan Al Farizi
|
|
|
|
|
11
|
Hamzah Hafizh
|
|
|
|
|
12
|
Hanin Muslim Iskandar
|
|
|
|
|
13
|
Keisha Putri Ramadhani
|
|
|
|
|
14
|
khairah Alifah Athaillah
|
|
|
|
|
15
|
Khairana Rabbani Habibie
|
|
|
|
|
16
|
Muhamad Syaifulloh
|
|
|
|
|
17
|
Muhammad Afdhal Fairuz
|
|
|
|
|
18
|
Muhammad Ayyash Haqoni
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Izzadin S
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad Kemal Al Giffary
|
|
|
|
|
21
|
Muhammad Luthfi
|
|
|
|
|
22
|
Muhammad Syamil Yusuf
|
|
|
|
|
23
|
Muhammad Wildan Asytar
|
|
|
|
|
24
|
Naurah Khayyirah
|
|
|
|
|
25
|
Nayla Syakirah
|
|
|
|
|
26
|
Rizieq Al Fath
|
|
|
|
|
27
|
Syakira Hanifa
|
|
|
|
|
28
|
Zakiyah Azzahra Zain
|
|
|
|
|
29
|
Zalfa Fairuz Rasyid
|
|
|
|
|
2. Membuat
Peta Pikiran tentang Gangguan Sistem Pencernaan
Teknik
Penilaian: Penugasan
Instrumen:
Rubrik
KD
IPA 3.3 dan 4.3

·
Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diberikan sebagai salah
satu strategi untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang macam-macam
gangguan pada organ pencernaan manusia.
·
Kegiatan ini belum bisa digunakan sebagai kegiatan untuk mengambil
nilai, namun lebih mengarah kepada alternatif kegiatan pembelajaran yang bisa
digunakan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang KD IPA 3.3 khususnya
tentang macam-macam gangguan pada organ pencernaan manusia.
·
Guru memberikan bimbingan dan panduan kepada siswa dalam melengkapi
peta pikiran.
·
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melihat keberhasilan kegiatan
pembelajaran: kelengkapan peta pikiran, ketepatan jawaban, kejelasan uraian.

FORM PENILAIAN IPA
N0
|
Nama Siswa
|
Kelengkapan (30-40)
|
Ketepatan (20-30)
|
Kejelasan(20-30)
|
TOTAL NILAI
|
1
|
Alvan Izzaturrijal
|
|
|
|
|
2
|
Aqilah Ramadhani
|
|
|
|
|
3
|
Ayesha Rashiqa
|
|
|
|
|
4
|
Diva Sena Savira
|
|
|
|
|
5
|
Fadhelia Difa Sabrina Biya
|
|
|
|
|
6
|
Fata fathonie hanief
|
|
|
|
|
7
|
Fathur Rahman Pratama
|
|
|
|
|
8
|
Gaishan Adiwidya
|
|
|
|
|
9
|
Ghifari Ardine nadhif
|
|
|
|
|
10
|
Hafidz Ithnan Al Farizi
|
|
|
|
|
11
|
Hamzah Hafizh
|
|
|
|
|
12
|
Hanin Muslim Iskandar
|
|
|
|
|
13
|
Keisha Putri Ramadhani
|
|
|
|
|
14
|
khairah Alifah Athaillah
|
|
|
|
|
15
|
Khairana Rabbani Habibie
|
|
|
|
|
16
|
Muhamad Syaifulloh
|
|
|
|
|
17
|
Muhammad Afdhal Fairuz
|
|
|
|
|
18
|
Muhammad Ayyash Haqoni
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Izzadin S
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad Kemal Al Giffary
|
|
|
|
|
21
|
Muhammad Luthfi
|
|
|
|
|
22
|
Muhammad Syamil Yusuf
|
|
|
|
|
23
|
Muhammad Wildan Asytar
|
|
|
|
|
24
|
Naurah Khayyirah
|
|
|
|
|
25
|
Nayla Syakirah
|
|
|
|
|
26
|
Rizieq Al Fath
|
|
|
|
|
27
|
Syakira Hanifa
|
|
|
|
|
28
|
Zakiyah Azzahra Zain
|
|
|
|
|
29
|
Zalfa Fairuz Rasyid
|
|
|
|
|
H. SUMBER DAN
MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku
Siswa Tema 3 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Software Pengajaran SD/MI
untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
- Buku teks, contoh-contoh
iklan media elektronik, contoh-contoh poster, majalah, bacaan tentang
macam-macam gangguan pada organ pencernaan.
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
Laila Nuri, S.Pd.
|
Bojonggede, 2018
Guru
Kelas 5
|
Comments
Post a Comment