RPP MATEMATIKA SEMESTER 1 KELAS VI Enam 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Semester                             :   I (Satu)
Pertemuan Ke-                  :   1-6
Alokasi Waktu                   :   10 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

C.    Indikator
-          Spiritual : Meningkatkan keimanan kepada Allah atas ciptaan-Nya yang ada dilangit dan dibumi.
-          Sikap: timbulnya sikap tekun dan bertanggung jawab.
-          Pengetahuan:
·                 Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
·                Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih
·                Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dua bilangan atau lebih
·                Memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung
-          Keterampilan : Berdiskusi tentang operasi hitung campuran, FPB, dan KPK 

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·        Dengan mentadabburi Q.S. Al-Mulk:3, dan Q.S. Alkahfi: 25 siswa dapat mengetahui jumlah penciptahan Allah dan perhitungan waktu.
·        Melakukan pekerjaan hitung campuran
·        Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respet,)
 Tekun (diligence),  dan 
Tanggung jawab (responsibility)

E. Materi Ajar
·      Operasi Hitung Bilangan  Bulat
·        Sifat-Sifat Operasi Hitung
·        Pengerjaan Hitung Campuran
·        Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK

F. Metode Pembelajaran
games, diskusi, penugasan, ceramah.

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-      Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Guru mengajak peserta didik mentadabburi Q.S. Al Mulk:3.
§  Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat.
·     Elaborasi
§  Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
§  Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 2
·        Kegiatan Awal
-      Guru melakukan motivasi kepada peserta didik
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.
·     Elaborasi
§  Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
§  Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 3
·        Kegiatan Awal
-      Guru melakukan motivasi kepada peserta didik
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.
·     Elaborasi
§  Melakukan ceramah guru menjelaskan tentanf operasi hitung campurab tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
§  Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.


Pertemuan ke 4
·        Kegiatan Awal
-      Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-      Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Guru bertanya jawab kepada siswa mengenai penggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih
·     Elaborasi
§  Melalui ceramah guru menjelaskan tentang pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih,
§  Melalui pemberian tugas siswa dapat mengerjakan pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
§  Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
§  Merefleksi proses dan hasil belajar.

Pertemuan ke 5
·        Kegiatan Awal
-      Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-      Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Guru bertanya jawab kepada siswa mengenai penggunakan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih
·     Elaborasi
§  Melalui ceramah guru menjelaskan tentang pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih,
§  Melalui pemberian tugas siswa dapat mengerjakan pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
§  Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
§  Merefleksi proses dan hasil belajar.

Pertemuan ke 6
·        Kegiatan Awal
-      Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-      Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Guru bertanya jawab kepada siswa dalam memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung
·     Elaborasi
§  Melalui ceramah guru menjelaskan tentang memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
§  Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
§  Merefleksi proses dan hasil belajar.

H.Alat/Sumber Belajar
·        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .

I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Melakukan pekerjaan hitung campuran

o  Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

Tugas Individu

Laporan buku pekerjaan rumah

o  Coba kalian simpulkan definisi bilangan bulat!
o  Tuliskan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat!
o  Tuliskan kegiatan kalian selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif!
o  Carikanlah Faktor Prima Suatu Bilangan
o  4.655 + 3.561 = ....
o  454 x 235 = ...


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






                                                                                                            Bojonggede  Juli 2017
        Guru Kelas VI A                                                                                   Guru Kelas VI B


      Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                      Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-3
Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar :
1.2 Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik

C.    Indikator :
-          Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
-          Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
-          Pengetahuan :  Menguraikan arti bilangan pangkat tiga.
                           Menentukan hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
                           Membedakan bilangan kubik dengan bukan bilangan kubik.
-          Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·      Siswa dapat mentadabburi Q.S. 54:49, “Sungguh, Kami menciptakan sesuatu menurut ukuran”.
·        Melalui ceramah siswa dapat menguraikan arti bilangan pangkat tiga.
·        Melalui diskusi siswa dapat menentukan hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
·        Melaui games siswa dapat membedakan bilangan kubik dengan bukan bilangan kubik.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
·        Arti Akar Pangkat Tiga
·        Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan
·        Membedakan bilangan Kubik dan bukan bilangan kubik.

F.Metode Pembelajaran
ceramah, diskusi, dan games

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
-      Mentadabburi Q.S :54:49
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui Ceramah guru menjelaskan teori bilangan kubik dan memberikan contoh perhitungannya.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§  Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan bilangan kubik.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan 2
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui diskusi siswa dapat menentukan hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§  Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan bilangan kubik.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan 3
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melaui games siswa dapat membedakan bilangan kubik dengan bukan bilangan kubik.

·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§  Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan bilangan kubik.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6.

I.,Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan

Tes

essay
o  163 = ... x ... x ... = ....
o   ....


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






                                                                                                            Bojonggede  Juli 2017
       
Guru Kelas VI A                                                                                Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                Fika Sukawati, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
1.  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat tiga.

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menentukan luas permukaan bangun datar persegi
·         Menghitung volume bangun ruang kubus
·         Mengerjakan soal cerita yang berhubungan dengan akar dan pangkat             
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·      Siswa dapat mentadabburi Q.S. 54:49, “Sungguh, Kami menciptakan sesuatu menurut ukuran”.
·        Melalui ceramah, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
·        Melalui diskusi, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence)  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
·        Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat

F.Metode Pembelajaran
percobaan, diskusi, dan latihan

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari sebelumnya.
-      Siswa mentadabburi Q.S. 54: 49
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui ceramah, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan perhitungan akar pangkat tiga.
§  Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.
§  Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar pangkat tiga.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 1
·        Kegiatan Awal
-      Memberikan motivasi.
-      Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari sebelumnya.
-      Siswa mentadabburi Q.S. 54: 49
·        Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui diskusi, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan perhitungan akar pangkat tiga.
§  Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.
§  Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar pangkat tiga.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .Pusat Perbukuan Depdiknas




I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung operasi pada bilangan berpangkat
Tes

essay
o  163 + 123 = ....
o  283 : 73 = ....
o 
o  dst.


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.






                                                                                                                        Bojonggede  Juli 2017
        Guru Kelas VI A                                                                                   Guru Kelas VI B


          Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                  Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
2.  Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
2.1  Mengenal satuan debit

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menentukan hubungan antar satuan waktu,volume dan debit
·         Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan pengukuran
·         Menghitung volume air yang tertampung dalam waktu tertentu  
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·        Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62 “Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
·        Melalui ceramah dan observasi siswa mengenal satuan debit dan dapat menentukan hubungan antarsatuan: waktu, volum, kecepatan, dan debit.
·        Melalui ceramah dan penugasan siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan debit.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respec), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Pengukuran, satuan waktu, volume, dan debit.

F.Metode Pembelajaran
Percobaan, observasi, dan latihan

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
      1.Kegiatan Awal
·   Memberikan motivasi.
·   Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
·   Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62 “Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
       2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Melalui ceramah dan observasi siswa mengenal satuan debit dan dapat menentukan hubungan antarsatuan: waktu, volum, kecepatan, dan debit.
·     Elaborasi
§  Melakukan percobaan dan observasi terhadap air keran yang masuk pada tabung ukur, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat mengenal dan menentukan satuan debit
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2
      1.Kegiatan Awal
·   Memberikan motivasi.
·   Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
·   Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62 “Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
       2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
§  Melalui ceramah dan penugasan siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan debit.
·     Elaborasi
§  Siswa mengerjakan soal dan  berdiskusi yang berkaiatan dengan operasi hitung melibatkan tuan debit.
·     Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .

I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung hubungan jam, menit dan detik
Tes

performance, kinerja dan lembar soal
o  Jika volum sebuah tabung 3.850 m3 dapat terisi penuh oleh air selama 70 menit. Berapakah debit airnya?
o  dst.




Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.
Pengetahuan


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.






                                                                                                          Bojonggede  Juli 2017
       
Guru Kelas VI A                                                                               Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                Fika Sukawati, S.Pd.
Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
2.  Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
2.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menghitung debit air dalam waktu yang ditentukan
·         Mengubah satuan debit
·         Mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan debit
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·         Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun : 18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya”.
·         Melalui ceramah dan diskusi siswa dapat megubah satuan debit, dan menghitung debit air dalam waktu yang ditentukan.
·         Melalui diskusi siswa dapat mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan debit.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect) Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Pengukuran
F.Metode Pembelajaran
Diskusi, ceramah dan latihan

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
   1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
3)      Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun : 18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya”.
   2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui ceramah siswa dapat megubah satuan debit, dan menghitung debit air dalam waktu yang ditentukan.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
   3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2
   1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.
3)      Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun : 18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya”.
   2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Melalui diskusi siswa dapat mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan debit.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
   3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .

I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menghitung masalah dengan rumus debit

Tes

performance, kinerja dan lembar soal
o  Sebuah tangki yang berbentuk tabung memiliki jari-jari 35 m dan tinggi 10 m. Jika debit air 70 l/jam, berapakah waktu yang diperlukan untuk mengisi setengah tabung tersebut?
dst.

Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.







                                                                                                            Bojonggede  Juli 2017
       
Guru Kelas VI A                                                                                Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                 Fika Sukawati, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah



Laila Nuri, S.Pd.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
3.  Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga

B.     Kompetensi Dasar
3.1 Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan  dari dua bangun datar sederhana
.
C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menggunakan rumus untuk menghitung luas berbagai bangun datar
·         Mencari isi persegi yang luasnya sama dengan luas persegi panjang
·         Menghitung luas bangun gabungan 
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
·         Dengan ceramah dan diskusi siswa dapat menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang
·         Dengan kerja kelompok , diskusi dan percoban siswa dapat menerapkan rumus luas bangun datar dalam pemecahan masalah
·         Dengan pembelajaran kontekstual, observasi dan latihan siswa dapat menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
·         Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang
·         Luas Segi Banyak

F.Metode Pembelajaran
percobaan, observasi, diskusi, dan latihan

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
    1.Kegiatan Awal
1)      Guru mengabsen siswa, memberikan motivasi atau morning talk.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Peserta didik dapat Melakukan percobaan dengan menggunakan media persegi dan segi tiga yang dibentuk menjadi persegi panjang.
§  Pengamatan, analisis data, dan diskusi untuk dapat menurunkan rumus luas berbagai bangun datar.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

Pertemuan ke-2
1.Kegiatan Awal
1)      Guru memberikan arahan atau motivasi serta mengabsen siswa.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·            . Dengan ceramah dan diskusi siswa dapat menurunkan rumus luas berbagai bangun          datar dari luas persegi panjang
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke-3
1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi, mengabsen dan menanyakan tugas siswa siapa yang melakaksanakan tugas dengan tanggung jawab pada pertemuan sebelumnya.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Dengan kerja kelompok , diskusi dan percoban siswa dapat menerapkan rumus luas bangun datar dalam pemecahan masalah
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke-4
1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  Dengan pembelajaran kontekstual, observasi dan latihan siswa dapat menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
§  Menyimpulkan materi
§  Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§  Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6
·         Bangun persegi
·         Bangun segitiga

I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang

o  Menghitung luas berbagai bangun datar

Tes

performance, kinerja dan lembar soal
o  carilah luas bangun dibawah
 


14 cm
 



o  dst


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                Bojonggede  Juli 2017
       
    Guru Kelas VI A                                                                                  Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                 Fika Sukawati, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah



    Laila Nuri, S.Pd.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
3.       Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga

B.     Kompetensi Dasar
3.2 Menghitung luas lingkaran

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Mempergunakan rumus untuk mencari luas lingkaran
·         Menentukan panjang jari-jari jika diketahui luas lingkarannya
·         Membandingkan luas dua buah lingkaran
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·         Dengan ceramah dan diskusi siswa dapat mempergunakan rumus untuk mencari luas lingkaran
·         Dengan demonstrasi dan diskusi siswa dapat menentukan panjang jari-jari jika diketahui luas lingkarannya
·         Dengan latihan siswa dapat membandingkan luas dua buah lingkaran

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence)  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Luas dan Volume Lingkaran
F.Metode Pembelajaran
diskusi dan latihan

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
    1.Kegiatan Awal
1)      Guru mengabsen siswa, memberikan motivasi atau morning talk.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·      Peserta didik dapat Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2
    1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dengan ceramah dan diskusi siswa dapat mempergunakan rumus untuk mencari luas lingkaran
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·      Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 3
    1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dengan demonstrasi dan diskusi siswa dapat menentukan panjang jari-jari jika diketahui luas lingkarannya
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 4
    1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dengan latihan siswa dapat membandingkan luas dua buah lingkaran
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 Pusat Perbukuan Depdiknas
·         Berbagai benda yang berbentuk lingkaran





I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang

o  Menghitung luas berbagai bangun datar

Tes

essay dan kinerja
o  Hitunglah luas lingkaran yang memiliki diameter 28 cm!
 





o  Sebuah meja berbentuk lingkaran dengan luas 154 m2. Berapa dm panjang jari-jarinya
o  dst.          


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                                            Bojonggede  Juli 2017
       
Guru Kelas VI A                                                                                Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                       Fika Sukawati, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah



    Laila Nuri, S.Pd.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga

B.     Kompetensi Dasar
3.3 Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menggunakan rumus untuk mencari volume prisma segitiga
·         Menghitung volume tabung
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·         Melalui obeservasi dan diskusi siswa dapat menurunkan rumus volume berbagai bangun ruang dari volume balok yaitu prisma segitiga dan tabung.
·         Melalui ceramah dan percobaan siswa dapat menerapkan rumus volume dalam pemecahan masalah

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect)
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
·         Volume Prisma Segitiga dan Tabung Lingkaran
·         Menerapkan Rumus Volume Tabung Lingkaran

F.Metode Pembelajaran
percobaan, observasi, dan diskusi

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
1)      Guru mengabsen siswa, dan memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat Melakukan percobaan dengan menggunakan media prisma segi tiga dan kubus yang dibentuk menjadi balok.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2
1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai bangun datar.
2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menurunkan rumus volum berbagai bangun ruang.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 3
    1.Kegiatan Awal
1)      Guru mengabsen siswa dan memberikan motivasi.
2)      Apersepsi
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat Menghitung volume prisma segitiga
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengaplikasikan rumus luas, volume, dan keliling bangun dalam pemecahan masalah sehari-hari.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
Pertemuan ke 4
    1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Apersepsi
    2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat Menghitung volume tabung lingkaran
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengaplikasikan rumus luas, volume, dan keliling bangun dalam pemecahan masalah sehari-hari.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
    3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 Pusat Perbukuan Depdiknas
·         segitiga
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menurunkan rumus volume bangun ruang

o  Menghitung volume bangun ruang

Tes

essay dan kinerja
o  Buatlah laporan hasil percobaan serta kesimpulan rumus-rumus volum yang didapatkan!
o  Berapakah volum prisma segi tiga yang memiliki luas alas 28 cm2 dan tinggi 12 cm?
o  Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 28 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah volumnya!
o  dst.


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1







 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                            Bojonggede  Juli 2017
       
    Guru Kelas VI A                                                                                  Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                 Fika Sukawati, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah



    Laila Nuri, S.Pd.


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-3
Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
4.  Mengumpulkan dan mengolah data

B.     Kompetensi Dasar
Mengumpulkan dan membaca data

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Membaca data mengumpulkan, mengurutkan data dan membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang, lingkaran, meliputi nilai data dengan ukuran tertentu, data  terbesar, dan terkecil.
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·         Dengan observasi dan diskusi siswa dapat membaca data mengumpulkan data yang disajikan dalam bentuk tabel, turus dan lain-lain.
·          Dengan observasi dan diskusi siswa dapat membaca data, mengurutkan data dan membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang, lingkaran, meliputi nilai data dengan ukuran tertentu, data  terbesar, dan terkecil.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin (Discipline),Rasa hormat dan perhatian (respect)
 Tekun (diligence)  dan  Tanggung jawab (responsibility)
E.     Materi Ajar
       Pengolahan Data
Mengumpulkan dan membaca data

F.     Metode Pembelajaran
observasi dan diskusi

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
1)      Guru mengabsen siswa dan memberikan motivasi.
2)      Apersepsi
2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat melakukan observasi dengan teman sekelas
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat membaca data yang disajikan dalam berbagai bentuk diagram
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2
1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang, lingkaran, meliputi nilai data dengan ukuran tertentu, data  terbesar, dan terkecil
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
·         Melakukan observasi terhadap perolehan nilai ulangan matematika siswa SDIT Nahwa Nur
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
            3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 3
1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang, lingkaran, meliputi nilai data dengan ukuran tertentu, data  terbesar, dan terkecil
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

H.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 Pusat Perbukuan Depdiknas

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran mata matauang logam
o  Mengumpulkan data nilai
Tugas Individu dan Kelompok


Laporan dan unjuk kerja


o  Kumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran mata matauang logam
o  Kumpulkan data nilai


Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1





§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                                            Bojonggede  Juli 2017       
    Guru Kelas VI A                                                                                  Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                 Fika Sukawati, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah



    Laila Nuri, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-2
Alokasi Waktu                   :   4  x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
4. Mengumpulkan dan mengolah data

B.     Kompetensi Dasar
4.2 Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menentukan frekuensi,modus,median,rata-rata
·         Menyajikan data dalam bentuk tabel
·         Menyajikan data dalam bentuk diagram garis,batang,dan lingkaran
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
-        Melalui survei dan observasi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel
-        Melalui latihan siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran.

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin (Discipline),
Rasa hormat dan perhatian (respect)
 Tekun (diligence)  dan  Tanggung jawab (responsibility)
                                                                                   
E.Materi Ajar
       Pengolahan Data
Mengolah dan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel
Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel

F.Metode Pembelajaran
survei, observasi, dan latihan

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
    1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Membahas tugas rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
   2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat Pengamatan dan  analisis data hasil survei
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 2
    1.Kegiatan Awal
1)      Memberikan motivasi.
2)      Membahas tugas rumah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
   2.Kegiatan Inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat menyajian data dalam bentuk diagram
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 Pusat Peerbukuan Depdiknas
·         Data hasil survei dan observasi

D.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Mengurutkan data dan menyajikan data dalam bentuk table
Tugas Individu

Uraian

Mengurutkanlah data dan menyajikan data dalam bentuk tabel

Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                                            Bojonggede  Juli 2017
       
    Guru Kelas VI A                                                                                  Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                 Fika Sukawati, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah



    Laila Nuri, S.Pd.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/1
Pertemuan Ke-                  :   1-5
Alokasi Waktu                   :   10 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       :          
4.  Mengumpulkan dan mengolah data

B.     Kompetensi Dasar
4.2  Menafsirkan sajian data

C.    Indikator
Spiritual : Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap : tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan : 
·         Menentukan frekuensi ,modus,median,rata-rata
·         Menyajikan data dalam bentuk tabel
·         Menyajikan data dalam bentuk diagram garis,batang,dan lingkaran
Keterampilan : siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.

D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·         Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menentukan frekuensi ,modus,median,rata-rata
·         Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel
·         Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis,batang,dan lingkaran

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect)
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab (responsibility)

E.Materi Ajar
     Pengolahan Data
Menafsirkan sajian data :
·         Menentukan data dengan ukuran tertentu
·         Menentukan data terbesar dan terkecil
·         Menentukan rata-rata
·         Modus

F.Metode Pembelajaran
latihan dan diskusi

G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
       1.   Kegiatan Awal
1)      Guru mengabsen dan memberikan motivasi.
2)      Apersepsi
2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat Menentukan rata-rata hitung dan modus dari suatu data
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi kelompok terhadap data yang dianalisis.
·         Membahas hasil kerja siswa dalam diskusi  kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 2
       1.   Kegiatan Awal
3)      Guru mengabsen dan memberikan motivasi.
4)      Apersepsi
2.Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menentukan frekuensi ,modus,median,rata-rata
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi kelompok terhadap data yang dianalisis.
·         Membahas hasil kerja siswa dalam diskusi  kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.      Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 3
       1.   Kegiatan Awal
- Guru mengabsen dan memberikan motivasi.
- Apersepsi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi kelompok terhadap data yang dianalisis.
·         Membahas hasil kerja siswa dalam diskusi  kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan ke 4
       1.   Kegiatan Awal
- Guru mengabsen dan memberikan motivasi.
- Apersepsi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis,batang,dan lingkaran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Melakukan diskusi kelompok terhadap data yang dianalisis.
·         Membahas hasil kerja siswa dalam diskusi  kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 5
       1.   Kegiatan Awal
- Guru mengabsen dan memberikan motivasi.
- Apersepsi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat Menentukan rata-rata hitung dan modus dari suatu data
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis,batang,dan lingkaran.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Menyimpulkan materi
·         Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
·         Memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·      Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 Pusat Perbukuan Depdiknas

I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil
o  Menghitung nilai rata-rata dan data yang paling banyak keluar
Tugas Individu



essay dan kinerja
Buatkan rata-rata, modus dan median dari data hasil survei dan observasi kalian!
Format Kriteria Penilaian      
§   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


§   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                                            Bojonggede  Juli 2017
    Guru Kelas VI A                                                                                  Guru Kelas VI B



Liska Dewi Rahayu, S.Pd                                                                 Fika Sukawati, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah




    Laila Nuri, S.Pd.

Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD