RPP MATEMATIKA SEMESTER 1 2017 RPP JSIT

( RPP )
Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (Satu)
Pertemuan Ke- : 1-6
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung
bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat
operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK
C.
Indikator
-
Spiritual : Meningkatkan
keimanan kepada Allah atas ciptaan-Nya yang ada dilangit dan dibumi.
-
Sikap: timbulnya
sikap tekun dan bertanggung jawab.
-
Pengetahuan:
·
Melakukan operasi hitung campuran
bilangan bulat
·
Menggunakan faktorisasi prima
untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih
·
Menggunakan faktorisasi prima
untuk menentukan KPK dua bilangan atau lebih
·
Memecahkan soal cerita yang
berkaitan dengan sifat-sifat operasi hitung
-
Keterampilan
: Berdiskusi tentang operasi hitung campuran, FPB, dan KPK
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Dengan mentadabburi Q.S. Al-Mulk:3, dan Q.S.
Alkahfi: 25 siswa dapat mengetahui jumlah penciptahan Allah dan perhitungan
waktu.
·
Melakukan pekerjaan hitung campuran
·
Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respet,)
Tekun (diligence), dan
Tanggung jawab (responsibility)
E. Materi Ajar
·
Operasi Hitung Bilangan Bulat
·
Sifat-Sifat Operasi Hitung
·
Pengerjaan Hitung Campuran
·
Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK
F. Metode Pembelajaran
games, diskusi,
penugasan, ceramah.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·
Kegiatan Awal
-
Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60
dengan cara zig zag.
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
§ Guru mengajak peserta didik mentadabburi Q.S. Al
Mulk:3.
§ Melakukan permainan (games) mengenai bilangan
bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan
positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan
bulat.
· Elaborasi
§ Melakukan percobaan dan observasi dengan
menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat
menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
· Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses
dan hasil belajar.
§ Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 2
·
Kegiatan Awal
-
Guru melakukan motivasi kepada peserta didik
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
§ Memberikan contoh besaran sehari-hari yang
menggunakan bilangan positif dan negatif.
· Elaborasi
§ Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah
dikemukakan oleh siswa.
· Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang
proses dan hasil belajar.
§ Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 3
·
Kegiatan Awal
-
Guru melakukan motivasi kepada peserta didik
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
§ Memberikan contoh besaran sehari-hari yang
menggunakan bilangan positif dan negatif.
· Elaborasi
§ Melakukan ceramah guru menjelaskan tentanf operasi
hitung campurab tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
· Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang
proses dan hasil belajar.
§ Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.
Pertemuan ke 4
·
Kegiatan Awal
-
Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-
Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
§ Guru bertanya jawab kepada siswa mengenai penggunakan faktorisasi prima untuk
menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih
· Elaborasi
§ Melalui ceramah guru menjelaskan tentang pengunaan
faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih,
§ Melalui pemberian tugas siswa dapat mengerjakan
pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dari dua bilangan atau lebih.
· Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
§ Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan
keterampilan siswa.
§ Merefleksi proses dan hasil belajar.
Pertemuan ke 5
·
Kegiatan Awal
-
Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-
Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
§ Guru bertanya jawab kepada siswa mengenai penggunakan faktorisasi prima untuk
menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih
· Elaborasi
§ Melalui ceramah guru menjelaskan tentang pengunaan
faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih,
§ Melalui pemberian tugas siswa dapat mengerjakan
pengunaan faktorisasi prima untuk menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih.
· Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
§ Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan
keterampilan siswa.
§ Merefleksi proses dan hasil belajar.
Pertemuan ke 6
·
Kegiatan Awal
-
Guru memberikan motivasi dan mentadabburi ayat Al Quran Al-mulk:3.
-
Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
§ Guru bertanya jawab kepada siswa dalam memecahkan soal cerita yang berkaitan
dengan sifat-sifat operasi hitung
· Elaborasi
§ Melalui ceramah guru menjelaskan tentang memecahkan soal cerita yang berkaitan
dengan sifat-sifat operasi hitung
· Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
§ Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan
keterampilan siswa.
§ Merefleksi proses dan hasil belajar.
H.Alat/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6 .
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Melakukan pekerjaan hitung campuran
o Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan
|
Tugas Individu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
o Coba kalian simpulkan definisi bilangan bulat!
o Tuliskan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan
bulat!
o Tuliskan
kegiatan kalian selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif!
o Carikanlah Faktor Prima Suatu Bilangan
o 4.655 + 3.561 = ....
o 454 x 235 = ...
|
Format Kriteria Penilaian
§ Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
Bojonggede, Juli 2017
Guru Kelas VI A Guru
Kelas VI B
Liska
Dewi Rahayu, S.Pd Fika
Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila Nuri, S.Pd.

( RPP )
Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam
pemecahan masalah.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.2 Menentukan akar pangkat
tiga suatu bilangan kubik
C.
Indikator :
-
Spiritual : Membuhkan
rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
-
Sikap : tumbuhnya
sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
-
Pengetahuan : Menguraikan arti bilangan
pangkat tiga.
Menentukan hasil akar pangkat
tiga suatu bilangan kubik.
Membedakan bilangan kubik
dengan bukan bilangan kubik.
-
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Siswa dapat
mentadabburi Q.S. 54:49, “Sungguh, Kami menciptakan sesuatu menurut ukuran”.
·
Melalui ceramah siswa dapat menguraikan arti
bilangan pangkat tiga.
·
Melalui diskusi siswa dapat menentukan hasil
akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
·
Melaui games siswa dapat membedakan bilangan
kubik dengan bukan bilangan kubik.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
·
Arti Akar Pangkat Tiga
·
Mencari hasil pangkat tiga suatu bilangan
·
Membedakan bilangan Kubik dan bukan bilangan
kubik.
F.Metode Pembelajaran
ceramah, diskusi, dan games
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·
Kegiatan Awal
-
Memberikan motivasi.
-
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi
sebelumnya.
-
Mentadabburi Q.S :54:49
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Melalui Ceramah guru menjelaskan teori bilangan
kubik dan memberikan contoh perhitungannya.
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang
bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§ Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan
bilangan kubik.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
Pertemuan 2
·
Kegiatan Awal
-
Memberikan motivasi.
-
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi
sebelumnya.
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Melalui diskusi siswa dapat menentukan hasil akar
pangkat tiga suatu bilangan kubik.
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang
bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§ Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan
bilangan kubik.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
Pertemuan 3
·
Kegiatan Awal
-
Memberikan motivasi.
-
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi
sebelumnya.
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Melaui games siswa dapat membedakan bilangan kubik
dengan bukan bilangan kubik.
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Secara berpasangan siswa membuat satu soal tentang
bilangan kubik dan mengerjakannya di depan kelas.
§ Menyelesaikan soal-soal yang berubungan dengan
bilangan kubik.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6.
I.,Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menghitung hasil pangkat tiga dan akar pangkar tiga suatu bilangan
|
Tes
|
essay
|
o 163 = ... x ... x ... = ....
o
![]() |
Format Kriteria Penilaian
§
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
§
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
Bojonggede, Juli 2017
Guru
Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska
Dewi Rahayu, S.Pd Fika
Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-2
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung
bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B.
Kompetensi
Dasar
1.3
Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar
dan pangkat tiga.
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Menentukan luas permukaan bangun
datar persegi
·
Menghitung volume bangun ruang
kubus
·
Mengerjakan soal cerita yang
berhubungan dengan akar dan pangkat
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Siswa dapat
mentadabburi Q.S. 54:49, “Sungguh, Kami menciptakan sesuatu menurut ukuran”.
·
Melalui ceramah, siswa dapat melakukan
operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat tiga
·
Melalui diskusi, siswa dapat melakukan
operasi hitung yang melibatkan bilangan akar pangkat tiga
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),Rasa
hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) dan
Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
·
Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung
termasuk penggunaan akar dan pangkat
F.Metode Pembelajaran
percobaan, diskusi, dan
latihan
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
·
Kegiatan Awal
-
Memberikan motivasi.
-
Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari
sebelumnya.
-
Siswa mentadabburi Q.S. 54: 49
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Melalui
ceramah, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan
berpangkat tiga
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan
perhitungan akar pangkat tiga.
§ Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian
ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.
§ Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar
pangkat tiga.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 1
·
Kegiatan Awal
-
Memberikan motivasi.
-
Menjelaskan kembali akar pangkat dua yang telah dipelajari
sebelumnya.
-
Siswa mentadabburi Q.S. 54: 49
·
Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Melalui
diskusi, siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan
akar pangkat tiga
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Melakukan percobaan terhadap angka-angka dengan
perhitungan akar pangkat tiga.
§ Membuat contoh soal akar pangkat tiga kemudian
ditukar dengan temannya dan dibahas di depan kelas.
§ Melakukan kuis beradu cepat mengerjakan soal akar
pangkat tiga.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6 .Pusat Perbukuan Depdiknas
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menghitung operasi pada bilangan berpangkat
|
Tes
|
essay
|
o 163 + 123 = ....
o 283 : 73 = ....
o
![]()
o dst.
|
Format Kriteria Penilaian
§
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
|
|
|
|
|
|
|
Bojonggede, Juli 2017
Guru Kelas VI A Guru
Kelas VI B
Liska Dewi Rahayu, S.Pd Fika
Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila Nuri, S.Pd.

( RPP )
Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-2
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
2. Menggunakan pengukuran volume
per waktu dalam pemecahan masalah.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Mengenal satuan debit
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Menentukan hubungan antar satuan
waktu,volume dan debit
·
Melakukan operasi hitung yang
melibatkan satuan pengukuran
·
Menghitung volume air yang tertampung dalam waktu tertentu
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62
“Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang
ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
·
Melalui ceramah dan observasi siswa mengenal satuan
debit dan dapat menentukan hubungan antarsatuan: waktu, volum, kecepatan, dan
debit.
·
Melalui ceramah dan penugasan siswa dapat melakukan
operasi hitung yang melibatkan satuan debit.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
), Rasa hormat dan perhatian (respec), Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Pengukuran,
satuan waktu, volume, dan debit.
F.Metode Pembelajaran
Percobaan, observasi, dan
latihan
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
·
Memberikan motivasi.
·
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi
sebelumnya.
·
Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62
“Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang
ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
§ Melalui ceramah dan observasi siswa mengenal satuan debit dan
dapat menentukan hubungan antarsatuan: waktu, volum,
kecepatan, dan debit.
· Elaborasi
§ Melakukan percobaan dan observasi terhadap air
keran yang masuk pada tabung ukur, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk
dapat mengenal dan menentukan satuan debit
§ Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal
· Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 2
1.Kegiatan Awal
·
Memberikan motivasi.
·
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi
sebelumnya.
·
Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Furqon:62
“Dan Dia (pula) yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang
ingin mengambil pelajaran atau yang ingin bersyukur”.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
§ Melalui ceramah dan penugasan siswa dapat melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan debit.
· Elaborasi
§ Siswa mengerjakan soal dan berdiskusi yang berkaiatan dengan operasi
hitung melibatkan tuan debit.
· Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6 .
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menghitung hubungan jam, menit dan detik
|
Tes
|
performance, kinerja dan lembar soal
|
o Jika volum sebuah tabung 3.850 m3 dapat terisi penuh oleh air
selama 70 menit. Berapakah debit airnya?
o dst.
|
Format Kriteria
Penilaian
§ Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
§ Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
|
|
|
|
|
|
|
Bojonggede, Juli 2017
Guru
Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska
Dewi Rahayu, S.Pd Fika
Sukawati, S.Pd.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-2
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
2. Menggunakan pengukuran volume
per waktu dalam pemecahan masalah.
B.
Kompetensi
Dasar
2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
satuan debit
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Menghitung debit air dalam waktu
yang ditentukan
·
Mengubah satuan debit
·
Mengerjakan soal cerita yang
berkaitan dengan debit
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Siswa dapat
mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun : 18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut
suatu ukuran, lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami
benar-benar berkuasa menghilangkannya”.
·
Melalui
ceramah dan diskusi siswa dapat megubah satuan debit, dan menghitung debit air
dalam waktu yang ditentukan.
·
Melalui
diskusi siswa dapat mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan debit.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect) Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Pengukuran
F.Metode Pembelajaran
Diskusi,
ceramah dan latihan
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi
sebelumnya.
3)
Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun :
18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan
air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa
menghilangkannya”.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Melalui ceramah siswa
dapat megubah satuan debit, dan menghitung debit air dalam waktu yang
ditentukan.
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 2
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi
sebelumnya.
3)
Siswa dapat mentadabburi Q.S. Al-Mu’minun :
18 “Dan Kami turunan air dari langit menurut suatu ukuran, lalu Kami jadikan
air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa
menghilangkannya”.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Melalui diskusi siswa
dapat mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan debit.
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6 .
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menghitung masalah dengan rumus debit
|
Tes
|
performance, kinerja dan lembar soal
|
o Sebuah tangki yang berbentuk tabung memiliki jari-jari 35 m dan
tinggi 10 m. Jika debit air 70 l/jam, berapakah waktu yang diperlukan untuk
mengisi setengah tabung tersebut?
dst.
|
Format Kriteria
Penilaian
§ Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
|
|
|
|
|
|
|
Bojonggede, Juli 2017
Guru
Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska
Dewi Rahayu, S.Pd Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila Nuri, S.Pd.

( RPP )
Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
3. Menghitung luas segi banyak
sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
B.
Kompetensi
Dasar
3.1
Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
.
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Menggunakan rumus untuk
menghitung luas berbagai bangun datar
·
Mencari isi persegi yang luasnya
sama dengan luas persegi panjang
·
Menghitung luas bangun
gabungan
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
·
Dengan ceramah
dan diskusi siswa dapat menurunkan
rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi panjang
·
Dengan kerja kelompok , diskusi dan percoban siswa
dapat menerapkan rumus luas bangun datar dalam pemecahan masalah
·
Dengan pembelajaran kontekstual, observasi
dan latihan siswa dapat menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan
dari dua bangun datar sederhana.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
·
Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari
luas persegi panjang
·
Luas Segi Banyak
F.Metode Pembelajaran
percobaan, observasi, diskusi,
dan latihan
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
1)
Guru mengabsen siswa, memberikan motivasi atau morning talk.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Peserta didik dapat Melakukan percobaan dengan
menggunakan media persegi dan segi tiga yang dibentuk menjadi persegi panjang.
§ Pengamatan, analisis data, dan diskusi untuk dapat
menurunkan rumus luas berbagai bangun datar.
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-2
1.Kegiatan Awal
1)
Guru memberikan arahan atau motivasi serta mengabsen siswa.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
. Dengan ceramah dan diskusi siswa dapat menurunkan rumus luas
berbagai bangun datar dari luas
persegi panjang
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke-3
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi, mengabsen dan menanyakan tugas siswa siapa yang
melakaksanakan tugas dengan tanggung jawab pada pertemuan sebelumnya.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Dengan kerja kelompok , diskusi dan percoban siswa
dapat menerapkan rumus luas bangun datar dalam
pemecahan masalah
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke-4
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Dengan pembelajaran kontekstual, observasi dan
latihan siswa dapat menghitung luas segi banyak yang
merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana.
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ Menyimpulkan materi
§ Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
§ Memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6
·
Bangun persegi
·
Bangun segitiga
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|||||
o Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi
panjang
o Menghitung luas berbagai bangun datar
|
Tes
|
performance, kinerja dan lembar soal
|
o carilah luas
bangun dibawah
o dst
|
Format Kriteria Penilaian
§
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
§
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2017
Guru Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska Dewi Rahayu, S.Pd Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila
Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma
segitiga
B.
Kompetensi
Dasar
3.2 Menghitung luas lingkaran
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Mempergunakan rumus untuk mencari
luas lingkaran
·
Menentukan panjang jari-jari jika
diketahui luas lingkarannya
·
Membandingkan luas dua buah
lingkaran
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Dengan ceramah dan diskusi siswa dapat mempergunakan rumus untuk mencari luas lingkaran
·
Dengan demonstrasi dan diskusi siswa dapat menentukan panjang jari-jari jika diketahui luas lingkarannya
·
Dengan latihan siswa dapat membandingkan luas dua buah lingkaran
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) dan
Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Luas dan Volume Lingkaran
F.Metode Pembelajaran
diskusi dan latihan
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
1)
Guru mengabsen siswa, memberikan motivasi atau morning talk.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Peserta didik dapat Menghitung luas segi banyak
sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan
rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 2
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dengan ceramah dan diskusi siswa
dapat mempergunakan rumus untuk mencari luas lingkaran
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas
soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dengan demonstrasi dan diskusi
siswa dapat menentukan panjang jari-jari jika diketahui luas
lingkarannya
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 4
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dengan latihan siswa dapat membandingkan luas dua buah lingkaran
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6 Pusat Perbukuan Depdiknas
·
Berbagai benda yang berbentuk lingkaran
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|||
o Menurunkan rumus luas berbagai bangun datar dari luas persegi
panjang
o Menghitung luas berbagai bangun datar
|
Tes
|
essay dan kinerja
|
o Hitunglah luas lingkaran yang memiliki diameter 28 cm!
o Sebuah meja berbentuk lingkaran dengan luas 154 m2. Berapa dm
panjang jari-jarinya
o dst.
|
Format Kriteria Penilaian
§
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
§
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2017
Guru Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska
Dewi Rahayu, S.Pd Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila
Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume
prisma segitiga
B.
Kompetensi
Dasar
3.3 Menghitung volume prisma
segitiga dan tabung lingkaran
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Menggunakan rumus untuk mencari
volume prisma segitiga
·
Menghitung volume tabung
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Melalui obeservasi dan diskusi siswa dapat menurunkan rumus
volume berbagai bangun ruang dari volume balok yaitu prisma segitiga dan
tabung.
·
Melalui ceramah dan percobaan siswa dapat menerapkan rumus
volume dalam pemecahan masalah
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect)
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
·
Volume Prisma Segitiga dan Tabung Lingkaran
·
Menerapkan Rumus Volume Tabung Lingkaran
F.Metode Pembelajaran
percobaan, observasi, dan
diskusi
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
1)
Guru mengabsen siswa, dan memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat Melakukan percobaan dengan menggunakan media prisma segi tiga dan kubus
yang dibentuk menjadi balok.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 2
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang luas berbagai
bangun datar.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Pengamatan, analisis
data dan diskusi untuk dapat menurunkan rumus volum berbagai bangun ruang.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3
1.Kegiatan Awal
1)
Guru mengabsen siswa dan memberikan motivasi.
2)
Apersepsi
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat Menghitung volume prisma segitiga
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat
mengaplikasikan rumus luas, volume, dan keliling bangun dalam pemecahan masalah
sehari-hari.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
Pertemuan ke 4
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Apersepsi
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat Menghitung volume tabung lingkaran
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat
mengaplikasikan rumus luas, volume, dan keliling bangun dalam pemecahan masalah
sehari-hari.
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6 Pusat Perbukuan Depdiknas
·
segitiga
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menurunkan rumus volume bangun ruang
o Menghitung volume bangun ruang
|
Tes
|
essay dan kinerja
|
o Buatlah laporan hasil percobaan serta kesimpulan rumus-rumus volum
yang didapatkan!
o Berapakah volum prisma segi tiga yang memiliki luas alas 28 cm2
dan tinggi 12 cm?
o Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 28 cm dan tinggi 10 cm.
Hitunglah volumnya!
o dst.
|
Format Kriteria Penilaian
§
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
§
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2017
Guru Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska Dewi Rahayu, S.Pd
Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila
Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
4. Mengumpulkan dan mengolah data
B.
Kompetensi
Dasar
Mengumpulkan dan membaca data
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Membaca data mengumpulkan, mengurutkan data
dan membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang, lingkaran, meliputi
nilai data dengan ukuran tertentu, data
terbesar, dan terkecil.
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Dengan observasi dan diskusi siswa dapat membaca data mengumpulkan
data yang disajikan dalam bentuk tabel, turus dan lain-lain.
·
Dengan
observasi dan diskusi siswa dapat membaca data, mengurutkan data dan membaca
data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang, lingkaran, meliputi
nilai data dengan ukuran tertentu, data
terbesar, dan terkecil.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline),Rasa hormat
dan perhatian (respect)
Tekun (diligence) dan
Tanggung jawab (responsibility)
E.
Materi
Ajar
Pengolahan Data
Mengumpulkan
dan membaca data
F.
Metode
Pembelajaran
observasi dan diskusi
G.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
1)
Guru mengabsen siswa dan memberikan motivasi.
2)
Apersepsi
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat melakukan observasi dengan teman sekelas
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Pengamatan, analisis
data dan diskusi untuk dapat membaca data yang disajikan dalam berbagai bentuk
diagram
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 2
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang,
lingkaran, meliputi nilai data dengan ukuran tertentu, data terbesar, dan terkecil
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
·
Melakukan
observasi terhadap perolehan nilai ulangan matematika siswa SDIT Nahwa Nur
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Melakukan tanya jawab tentang materi sebelumnya.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram garis, batang,
lingkaran, meliputi nilai data dengan ukuran tertentu, data terbesar, dan terkecil
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
H.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6 Pusat Perbukuan Depdiknas
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran
mata matauang logam
o Mengumpulkan data nilai
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk
kerja
|
o Kumpulkan data banyak siswa, pelemparan dadu dan pelem[paran mata
matauang logam
o Kumpulkan data nilai
|
Format Kriteria Penilaian
§
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
§
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2017
Guru Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska Dewi Rahayu, S.Pd Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila
Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-2
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit
A.
Standar
Kompetensi :
4. Mengumpulkan dan mengolah data
B.
Kompetensi
Dasar
4.2 Mengolah dan menyajikan
data dalam bentuk tabel
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Menentukan
frekuensi,modus,median,rata-rata
·
Menyajikan data dalam bentuk
tabel
·
Menyajikan data dalam bentuk
diagram garis,batang,dan lingkaran
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
-
Melalui survei dan observasi siswa
dapat menyajikan data dalam bentuk tabel
-
Melalui latihan siswa dapat menyajikan
data dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline),
Rasa hormat dan perhatian (respect)
Tekun (diligence) dan
Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Pengolahan Data
Mengolah dan Menyajikan
Data dalam Bentuk Tabel
Menyajikan Data dalam
Bentuk Tabel
F.Metode Pembelajaran
survei, observasi, dan latihan
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Membahas tugas rumah yang diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat Pengamatan dan analisis data hasil
survei
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 2
1.Kegiatan Awal
1)
Memberikan motivasi.
2)
Membahas tugas rumah yang diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
2.Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat menyajian data dalam bentuk diagram
· Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
· Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
6 Pusat Peerbukuan Depdiknas
·
Data hasil survei dan observasi
D.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengurutkan data dan
menyajikan data dalam bentuk table
|
Tugas Individu
|
Uraian
|
Mengurutkanlah data
dan menyajikan data dalam bentuk tabel
|
Format Kriteria Penilaian
§
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
§
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2017
Guru Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska Dewi Rahayu, S.Pd Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila
Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
4. Mengumpulkan dan mengolah data
B.
Kompetensi
Dasar
4.2 Menafsirkan sajian data
C.
Indikator
Spiritual
: Membuhkan rasa tunduk kepada Allah atas Mu’jizat yang ada di Al-Quran.
Sikap
: tumbuhnya sikap tanggung jawab, rela berkorban, sayang kepada teman.
Pengetahuan
:
·
Menentukan frekuensi
,modus,median,rata-rata
·
Menyajikan data dalam bentuk
tabel
·
Menyajikan data dalam bentuk
diagram garis,batang,dan lingkaran
Keterampilan
: siswa dapat berkomunikasi dengan baik terhadap teman dan guru.
D.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menentukan frekuensi ,modus,median,rata-rata
·
Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel
·
Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis,batang,dan lingkaran
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect)
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab (responsibility)
E.Materi Ajar
Pengolahan Data
Menafsirkan
sajian data :
·
Menentukan data dengan ukuran tertentu
·
Menentukan data terbesar dan terkecil
·
Menentukan rata-rata
·
Modus
F.Metode Pembelajaran
latihan dan diskusi
G.Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.
Kegiatan Awal
1)
Guru mengabsen dan memberikan motivasi.
2)
Apersepsi
2.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat Menentukan rata-rata hitung dan modus dari suatu data
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi kelompok terhadap data yang dianalisis.
·
Membahas
hasil kerja siswa dalam diskusi kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 2
1.
Kegiatan Awal
3)
Guru mengabsen dan memberikan motivasi.
4)
Apersepsi
2.Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Dengan latihan dan diskusi siswa
dapat menentukan frekuensi ,modus,median,rata-rata
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi kelompok terhadap data yang dianalisis.
·
Membahas
hasil kerja siswa dalam diskusi kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3
1.
Kegiatan Awal
- Guru
mengabsen dan memberikan motivasi.
- Apersepsi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi kelompok terhadap data yang dianalisis.
·
Membahas
hasil kerja siswa dalam diskusi kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 4
1.
Kegiatan Awal
- Guru
mengabsen dan memberikan motivasi.
- Apersepsi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis,batang,dan lingkaran
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Melakukan
diskusi kelompok terhadap data yang dianalisis.
·
Membahas
hasil kerja siswa dalam diskusi kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi kegiatan
pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 5
1.
Kegiatan Awal
- Guru
mengabsen dan memberikan motivasi.
- Apersepsi
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Peserta didik
dapat Menentukan rata-rata hitung dan modus dari suatu data
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Dengan latihan dan diskusi siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis,batang,dan lingkaran.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Menyimpulkan
materi
·
Mengevaluasi
kegiatan pembelajaran
·
Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
H.Alat/Bahan/Sumber Belajar
· Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 Pusat Perbukuan Depdiknas
I.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menentukan data dengan ukuran tertentu, terbesar dan terkecil
o Menghitung nilai rata-rata dan data yang paling banyak keluar
|
Tugas Individu
|
essay dan kinerja
|
Buatkan
rata-rata, modus dan median dari data hasil survei dan observasi kalian!
|
Format Kriteria Penilaian
§
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
§
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Bojonggede, Juli 2017
Guru Kelas VI A Guru Kelas VI B
Liska Dewi Rahayu, S.Pd Fika Sukawati, S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah
Laila
Nuri, S.Pd.
Comments
Post a Comment