RPP IPA KELAS 6 SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Tonjong 02
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 2
Materi Pokok : Hemat Energi
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Praktek
A. Standar Kompetensi :
8. Memahami pentingnya penghematan energi
B. Kompetensi Dasar
8.2 Membuat
suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model
lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah)
C. Indikator
·
Membuat rancangan suatu karya/model/alatyang
menggunakan energy listrik
·
Mengidentifikasi bahan dan
berbagai alatyang sesuai rancangan dengan menggunakan energy listrik
·
Membuat berbagai karya
D.Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta
konsep pembuatan lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o
Siswa dapat Menjelaskan kinerja
dari karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o
Siswa dapat Membuat laporan,
dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan karya lampu lalu lintas, bel listrik,
dan bel pengaman
o
Siswa dapat Mengerjakan uji
kompetensi, dan latihan soal
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa
hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence) , Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)
E.Materi Essensial
Karya yang menggunakan energi listrik.
F.Media Belajar
o
Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD Kelas VI,Pusat Perbukuan,Depdiknas
o
Tiga lampu, tiga tempat lampu,
3 baterai 1.5 V, saklar, kabel, perekat
G.Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
|
|
Apersepsi dan Motivasi :
o
Menyampaikan Tujuan
Pembelajaran**: dan kompetensi yang
diharapkan
|
(5
menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kinerja dari karya model lampu lalu lintas
F Memahami peta konsep pembuatan model lampu lalu lintas
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat model lampu lalu lintas secara berkelompok
F Membuat laporan, dan menjawab pertanyaan
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50
menit)
|
o
Memberikan kesempatan untuk
mengerjakannya di rumah
|
(5
menit)
|
o
Melanjutkan pembuatan model
lampu lalu lintas
|
|
H.Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menentukan karya yang akan dibuat.
o Merancang suatu karya/alat yang menggunakan energi listrik,
misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang,
mobil-mobilan.
o Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai rancangan.
o Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan
kinerja karyanya.
o Menguji hasil rancangan.
o Menyempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang
sesuai tujuan.
|
Tugas Individu
Dan kelompok
|
Uraian Objektif
|
o Tentukan karya yang akan dibuat.
o Rancangkanlah suatu
karya/alat yang menggunakan energi listrik, misalnya alarm, bel listrik,
model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan.
o Jelaskanlah alat dan bahan yang sesuai rancangan.
o Jelaskanlah hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan
kinerja karyanya.
o Mengujikanlah hasil rancangan.
o Sempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai
tujuan.
|
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Tajurhalang, Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
SRI WAHYUNINGSIH, S.Pd. SYAPEI, S.Pd.
NIP :196303201984102001 NIP :198007272014061001
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
33.
34.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Tajurhalang, Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
SRI WAHYUNINGSIH, S.Pd. SYAPEI, S.Pd.
NIP :196303201984102001 NIP :198007272014061001
Comments
Post a Comment