RPP IPA KELAS 6 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Tonjong 02
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 2
Materi Pokok               :   Hemat Energi
Waktu                          :   2 x 45 menit
Metode                         :   Praktek

A.    Standar Kompetensi       :
8. Memahami pentingnya penghematan energi

B.     Kompetensi Dasar
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah)

C.  Indikator
·         Membuat rancangan suatu karya/model/alatyang menggunakan energy listrik
·         Mengidentifikasi bahan dan berbagai alatyang sesuai rancangan dengan menggunakan energy listrik
·         Membuat berbagai karya

D.Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep pembuatan lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o   Siswa dapat Menjelaskan kinerja dari karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o   Siswa dapat Membuat laporan, dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan karya lampu lalu lintas, bel listrik, dan bel pengaman
o   Siswa dapat Mengerjakan uji kompetensi,  dan latihan soal

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility) Dan Ketelitian (carefulness)

E.Materi Essensial
Karya yang menggunakan energi listrik.

F.Media Belajar
o   Buku  Ilmu Pengetahuan Alam untuk  SD Kelas VI,Pusat Perbukuan,Depdiknas
o   Tiga lampu, tiga tempat lampu, 3 baterai 1.5 V, saklar, kabel, perekat

G.Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa


  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan kinerja dari karya model lampu lalu lintas
F Memahami peta konsep pembuatan model lampu lalu lintas
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat model lampu lalu lintas secara berkelompok
F Membuat laporan, dan menjawab pertanyaan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesempatan untuk mengerjakannya di rumah

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Melanjutkan pembuatan model lampu lalu lintas


H.Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menentukan karya yang akan dibuat.
o  Merancang suatu karya/alat yang menggunakan energi listrik, misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan.
o  Mengidentifikasi alat dan bahan yang sesuai rancangan.
o  Mengidentifikasi hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan kinerja karyanya.
o  Menguji hasil rancangan.
o  Menyempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai tujuan.

Tugas Individu
Dan kelompok



Uraian Objektif

o  Tentukan karya yang akan dibuat.
o  Rancangkanlah  suatu karya/alat yang menggunakan energi listrik, misalnya alarm, bel listrik, model lampu lalu lintas, kapal terbang, mobil-mobilan.
o  Jelaskanlah alat dan bahan yang sesuai rancangan.
o  Jelaskanlah hubungan antara benda/bahan yang digunakan dengan kinerja karyanya.
o  Mengujikanlah hasil rancangan.
o  Sempurnakan karya yang dibuat untuk menghasilkan karya yang sesuai tujuan.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                                Tajurhalang,    Maret 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas VI


          SRI WAHYUNINGSIH, S.Pd.                                  SYAPEI, S.Pd.
NIP :196303201984102001                                         NIP :198007272014061001





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
31.
32.
33.
34.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                Tajurhalang,    Maret 2015
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas VI


          SRI WAHYUNINGSIH, S.Pd.                                  SYAPEI, S.Pd.
NIP :196303201984102001                                         NIP :198007272014061001


Comments

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD