KUMPULAN RPP : RPP PKN KELAS 6 SD SEMESTER 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu     :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

A.      Standar Kompetensi
3.  Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

B.       Kompetensi Dasar
3.2     Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

C.      Indikator
·      Spiritual : Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain
§  Sikap  : Siswa diharapkan memiliki sifat jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
·      Pengetahuan :
·        Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
·        Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
·        Siswa mampu menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
·        Siswa mampu menjelaskan arti lambang ASEAN.
·        Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
·        Siswa mampu menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
·        Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
·        Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
·        Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
·        Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.

·      Keterampilan : Siswa dapat membuat kliping tentang negara negara ASEAN dengan teman kelompoknya masing-masing.

D.      Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§  Siswa mampu menjelaskan arti lambang ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
§  Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
§  Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§  Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
§  Membuat kliping dengan teman kelompoknya masing-masing.

E.       Karakter siswa yang diharapkan : 
§  Religius,
§  Jujur,

F.       Materi Ajar
§  Sejarah ASEAN
§  Lambang ASEAN
§  Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN
§  Dasar-dasar verja sama untuk mencapai tujuan pokok
§  Struktur sekretariat ASEAN
§  Bidang politik dan keamanan
§  Bidang ekonomi
§  Bidang sosial budaya

G.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

H.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
§  Kegiatan Awal
·        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
·        Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·        Membagikan lembar ujian yang sudah diperiksa dan dinilai.
·        Membahas sekilas soal-soal ujian pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·        Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai kerja sama antarnegara di Asia Tenggara.
·        Guru menunjukkan peta Asia Tenggara dan meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
·        Bersama-sama menyebutkan nama-nama negara ASEAN beserta ibu kotanya.
·        Bersama-sama menyebutkan pemimpin negaranya.
·        Guru menjelaskan sejarah ASEAN.
·        Guru menunjukkan lambang ASEAN dan meminta seluruh siswa untuk mengamatinya.
·        Guru menjelaskan arti lambang ASEAN.
·        Membahas struktur ASEAN.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·        Menggambar peta ASEAN dan lambangnya.
·        Memberikan contoh-contoh kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang seperti bidang, politik dan keamanan, bidang ekonomi dan bidang sosial.
·        Mendiskusikan dampak ASEAN bagi negara-negara anggotanya.
·        Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang berhubungan dengan kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·        Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·        Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·        Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

I.       Sumber/Bahan Belajar
§  Peta ASEAN.
§  Gambar lambang ASEAN.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§  Surat Kabar, dst.

J.      Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Religius : Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain
§ Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan
§ Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
Tugas berkelompok
Tugas individu.
§ Penilaian tulisan.
§ Penilaian lisan
§ Menggambar peta ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri
§ Sebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Sebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Sebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Jelaskan arti lambang ASEAN
§ Sebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Sebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Sebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Sebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya


Format Kriteria Penilaian      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1








·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

·              Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        Bojonggede,      Januari 2017

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Laila Nuri, S.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu     :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

A.      Standar Kompetensi
3.  Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

B.       Kompetensi Dasar
3.2  Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

C.      Indikator
·      Spiritual : Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain
·      Sikap   : Siswa diharapkan memiliki sikap demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
·      Pengetahuan : Siswa mampu menyebutkan hasil peran aktif Indonesia dalam ASEAN.
·      Keterampilan : Siswa dapat mempresentasikan di hadapan teman-temannya tentang hasil peran aktif iIndonesia dalam ASEAN.

D.      Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu menyebutkan hasil peran aktif Indonesia dalam ASEAN.



E.       Materi Ajar
Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara

F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

G.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§  Kegiatan Awal
·        Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
·        Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·        Mengumpulkan tugas kelompok kliping.
·        Tanya jawab mengenai pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·        Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai peran Indonesi adalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
·        Guru menerangkan peran serta Indonesia di ASEAN.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·        Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan mengenai sebuah contoh peran Indonesia dalam lingkungan di negara-negara ASEAN dengan panjang karangan maksimal dua lembar kerta folio.
·        Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kerja sama antarnegara di asia tenggara, kerja sama negara-negar ASEAN dalam berbagai bidang, dan peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·        Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·        Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·        Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan kedua
§  Kegiatan Awal
     Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·        Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
·        Siswa diberikan lembar soal ulangn harian.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·        Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik menyontek.
·        Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telas selesai.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
     Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang mengenal politik luar negeri Indonesia

H.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§  Buku referensi lain.
§  Surat Kabar, dst.

I.       Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Demokratis :  Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
§ Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN.
§ Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
Tugas individu.
Ulangan harian
§ Penilaian tulisan.
§ Pilihan ganda
§ Penilaian
§ lisan atau tertulis (uraian singkat).
§ Membuat karangan mengenai peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
§ KTT ASEAN pertama diadakan di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala    Lumpur
§ Jelaskan tujuan dibentuknya ASEAN






Format Kriteria Penilaian      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

·             Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        Bojonggede,      Januari 2017

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Laila Nuri, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )



Nama Sekolah               :       SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran              :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                               :       VI (Enam)
Semester                         :       2 (Dua)
Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit (1 pertemuan).

A. Standar Kompetensi
4.   Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

B. Kompetensi Dasar
4.1  Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.

C.  Indikator
·      Spiritual : Siswa mampu menjalankan tugas dan kewajibannya yang ia lakukan terhadap Allah SWT.
§  Sikap  : Siswa mampu menyebutkan tujuan politik luar negeri dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa )
·      Pengetahuan : Siswa mampu menyebutkan tujuan politik luar negeri.
·      Keterampilan : Siswa mampu menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.

D.      Tujuan Pembelajaran
§  Dengan tanya jawab siswa mampu menyebutkan arti kebijakan bebas -aktif. (Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa. )
§  Dengan Cooperatif Learning siswa mampu menyebutkan tujuan politik luar negeri. (Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa )
§  Dengan diskusi kelompok siswa mampu menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.

E.       Karakter siswa yang diharapkan : 
§  Cinta Tanah Air,
§  Bertanggung jawab.

F.       Materi Ajar
§  Corak politik luar negeri RI yang bebas dan aktif.
§  Tujuan politik luar negeri.
§  Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri.

G.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

H.      Langkah-langkah Kegiatan.
§  Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai politik luar negeri bebas aktif.
·         Guru menjelaskan alasan mengapa Indonesia mengambil sikap netral.
·         Guru melanjutkan dengan menjelaskan tujuan politik luar negeri.
·         Siswa menyebutkan kepanjangan GBHN.
·         Guru menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Berdiskusi mengenai apa yang dimaksud dengan perang dingin.
·         Guru bertanya mengenai defenisi netral.
·         Berdiskusi mengenai definisi politik.
·         Guru meminta semua siswa untuk mengamati posisi geografis Indonesia yang strategis dalam percaturan politik dunia.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

  1. Sumber/Bahan Belajar
§  Peta dunia.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6,).
§  Buku referensi lain.
§  Surat Kabar.




  1. Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Cinta Tanah Air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
§ Bertanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
§ Menyebutkan arti kebijakan Bebas-aktif.
§ Menyebutkan tujuan politik luar negeri.
§ Menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.
§ Tugas individu
§ Tes Tulis
§ Penilaian lisan.
§ Jawab Singkat
§ Menjelaskan mengapa negara Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
§ Sebutkan arti kebijakan Bebas-aktif. ?
§ Sebutkan tujuan politik luar negeri.?
§ Sebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.?

Format Kriteria Penilaian      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

·             Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                                Bojonggede,      Januari 2017

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Laila Nuri, S.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )



Nama Sekolah               :       SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran              :       Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                               :       VI (Enam)
Semester                         :       2 (Dua)
Alokasi Waktu               :       6 x 35 menit (3 pertemuan).

A. Standar Kompetensi
4.   Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

B. Kompetensi Dasar
4.2  Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional.

C.  Indikator
·      Spiritual : Siswa dapat berperilaku untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
·      Sikap   : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
·      Pengetahuan :
Siswa mampu menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.
Siswa mampu menyebutkan isi Dasasila Bandung.
Siswa mampu menjelaskan tujuan dibentuknya gerakan Non Blok.
Siswa mampu menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.
Siswa mampu menjelaskan tujuan terbentuknya OKI
Siswa mampu menyebutkan tujuan terbentuknya APEC.
Keterampilan : Siswa mampu menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.

D.  Tujuan Pembelajaran
§  Dengan Cooperatif Learning siswa mampu menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.
§  Dengan Tanya Jawab siswa mampu menyebutkan isi Dasasila Bandung.
§  Dengan Tanya Jawab siswa mampu menjelaskan tujuan dibentuknya gerakan Non Blok.
§  Dengan diskusi kelompok siswa mampu menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.
§  Dengan tanya jawab siswa mampu menjelaskan tujuan terbentuknya OKI
§  Dengan Cooperatif Learning siswa mampu menyebutkan tujuan terbentuknya APEC.

E.       Karakter siswa yang diharapkan : 
§  Cinta Tanah Air,
§  Bertanggung jawab.

F.       Materi Ajar
§  Konferensi Asia Afrika.
§  Gerakan Non Blok.
§  OKI.
§  APEC.

G.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

H.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§  Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Dilanjutkan dengan membahas sekilas mengenai pelajaran yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai politik luar negeri bebas aktif.
·         Guru menerangkan Konferensi Asia Afrika.
·         Bersama-sama menyebutkan negara-negara anggota Konferensi Asia Afrika.
·         Guru bertanya mengenai defenisi Non Blok
·         Membahas penyelenggaraan KTT Gerakan Non Blok.
·         Bertanya jawab mengenai tujuan Indonesia bergabung dengan Gerakan Non Blok.
·         Guru menerangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
·         Bertanya jawab mengenai fungsi organisasi PBB.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Berdiskusi mengenai peran serta Indonesia dalam organisasi PBB.
·         Guru menjelaskan tujuan OKI
·         Bertanya jawab tentang fungsi da peran serta Indonesia dalam organisasi APEC.
·         Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
·         Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
·         Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Ketiga
§  Kegiatan Awal
·         Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
·         Siswa diberikan lembar soal ulangan harian
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik menyontek.
·         Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai
·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya.

  1. Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6).
§  Buku referensi lain.
§  Surat Kabar, dst.

  1. Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Cinta Tanah Air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
§ Bertanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
§ Menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.
§ Menyebutkan isi Dasasila Bandung.
§ Menjelaskan tujuan  dibentuknya gerakan Non Blok.
§ Menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.
§ Menjelaskan tujuan terbentuknya OKI.
§ Menyebutkan tujuan terbentuknya APEC.



§ Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
§ Tugas  individu
















§ Ulangan harian.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulisan.














§ Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
§ Menjelas-kan mengapa Indonesia bersikap aktif dalam memilihara perdamaian dunia.
§ Sebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional. ?
§ Sebutkan isi Dasasila Bandung. ?
§ Jelaskan tujuan  dibentuknya gerakan Non Blok. ?
§ Sebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.?
§ Jjelaskan tujuan terbentuknya OKI.?
§ Sebutkan tujuan terbentuknya APEC.?

§ Politik luar negeri Indonesia adalah ...
-    bebas
-    terbuka
-    transparan
-    bebas dan aktif
§ Jelaskan pengertian politik

Format Kriteria Penilaian      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1





·             Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        Bojonggede,      Januari 2017

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Laila Nuri, S.Pd.

                                                                                       






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


                                                           
Nama Sekolah               :       SDIT NAHWA NUR
Mata Pelajaran              :       Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas                               :       VI (Enam)
Semester                         :       2 (Dua)
Alokasi Waktu               :       18 x 35 menit
                                                 Pert. 1 – 5 (5 minggu)

I.       Standar Kompetensi
2.  Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.

II.    Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Menjelaskan tentang benua-benua.

v  Karakter siswa yang diharapkan :
¨      Toleransi, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab

IV. Materi Pokok
§  Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga

V.    Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
·       Kegiatan awal
·         Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·       Kegiatan inti
·     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Pengamatan Peta Asia Tenggara
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
·     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
·         Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara
·         Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
·         Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
·         Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
·         Menunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
·         Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
·         Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
·     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
·         Kesimpuan guru dan siswa
·         Evaluasi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
§  Gambar peta Indonesia
§  Gambar Peta Asia Tenggara

VII.    Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Toleransi: Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
§ Peduli lingkungan : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
§  Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
§ Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
§  Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia
§  Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain
Tertulis
jawab singkat
§  Jelaskan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
§  Bandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara lain

Format Kriteria Penilaian      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        Bojonggede,      Januari 2017

   Guru Kelas VI A                                                                Guru Kelas VI B



Siti Suminar, S.Pd                                                                 Liska Dewi Rahayu, S.Pd

Mengetahui
Kepala Sekolah


Laila Nuri, S.Pd.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SOAL ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD, PARAFRASA PUISI

RPP PKN KELAS 4 SD

LEMBAR KERJA SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 SD